Apa Penyebab Body Samping Kulkas Sering Nyetrum? Ini Cara Mengatasinya!

3 min read

Hometronik.web.id — Pernahkah anda merasakan ada aliran listrik yang mengalir atau nyetrum ketika menyentuh body bagian samping kulkas, pintu, atau bahkan pada bagian thermostatnya ? Hal ini memang cukup sering terjadi, baik pada kulkas Sharp maupun merek lainnya. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebab kulkas nyetrum ini dan bagaimana cara mengatasinya ? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Apa penyebab kulkas nyetrum pada bagian body?

penyebab kulkas nyetrum

Pemilik lemari pendingin pasti bingung ketika tidak sengaja merasakan ada aliran listrik ketika memegang body kulkas. Dan mulai muncul pertanyaan, apa penyebab body kulkas nyetrum seperti itu ? Mungkin orang dewasa masih bisa tahan jika kesetrum sedikit, tapi tentu akan berbahaya untuk anak anak. Oleh karena itu, kenali faktor yang menyebabkan kulkas nyetrum berikut ini.

  1. Kabel Instalasi

Salah satu penyebab kulkas sering nyetrum adalah terjadinya masalah pada kabel instalasi lemari pendingin tersebut. Ini biasanya terjadi ketika kabel instalasi sudah mulai mengelupas, atau ketika sambungan kabelnya tidak terisolasi. Yang mana kemudian kabel ini menempel pada body kulkas, sehingga dapat menghantarkan listrik ke badan lemari pendingin.

Cari Tahu: Cara mengatur Suhu Freezer Aqua

Jika sudah begitu, wajar jika anda menyentuh body kulkas maka akan terasa aliran listrik yang nyetrum. Selain kabel instalasi yang terkelupas atau sudah tidak terisolasi, kabel instalasi yang terkena air juga bisa menjadi penyebab dari nyetrumnya body kulkas. Biasanya kondisi ini terjadi saat air tersebut sampai menempel pada besi body kulkas.

  1. Kompresor

Penyebab kulkas nyetrum pada body juga bisa terjadi karena terjadinya masalah pada bagian kompresor. Dimana kompresor ini memang merupakan salah satu bagian utama dan vital bagi lemari pendingin. Tentu terjadinya masalah pada kompresor akan langsung berdampak signifikan pada kondisi kulkas.

penyebab kulkas nyetrum pada body
Penyebab kulkas nyetrum pada body dan cara memperbaiki kompresor kulkas konslet

Untuk masalah kulkas yang nyetrum, biasanya pada bagian isolasi kawat gulungan kompresor ini sudah mengelupas. Dan ternyata gulungan kawat gulungan tersebut menempel pada bagian body kompresor. Perlu diketahui bahwa body kompresor langsung terhubung dengan instalasi kondensor dan evaporator.

Kedua instalasi baik kondensor dan evaporator tersebut merupakan media pendinginan pada kulkas. Jadi, apabila kondisi seperti ini terjadi maka aliran listrik bisa langsung terasa pada body kulkas ketika anda menyentuhnya. Oleh karena itu, bagian body atau thermostat kulkas nyetrum sebaiknya langsung mengecek keadaan kompresor.

Cari Tahu: Cara Mengatur Suhu Kulkas LG 2 Pintu

Karena terjadinya kompresor shot ini juga bisa disebabkan lantaran listrik rumah yang tidak stabil atau acap kali mengalami pemadaman. Jika terus terjadi berulang dan cukup sering, maka hal ini dapat mempengaruhi performa kompresor. Sehingga kompresor akan lebih pendek dan menjadi lebih cepat rusak.

judul gambar
  1. Kabel Heater Frame

Kabel heater frame yang rusak atau terbakar juga bisa menjadi penyebab kulkas nyetrum. Karena komponen ini berada pada pintu kulkas, dan langsung menyentuh bagian besi body. Namun untuk lemari pendingin yang memiliki ukuran skala pada umumnya, masalah pada kabel heater frame sangat jarang terjadi.

Pasalnya heater framer sendiri lazimnya lebih banyak diaplikasikan untuk lemari pendingin dalam skala menengah atau bahkan besar, yang biasa digunakan di restoran dan tempat penyimpanan produksi. Untuk kegiatan sehari hari, heater framer biasa digunakan pada upright freezer, cold storage, under counter chiller, dan masih banyak lagi.

Baca Dulu: Tombol Pengatur Suhu Kulkas Sharp 2 Pintu

Cara Mengatasi Kulkas Sering Nyetrum

Ketika menemukan kondisi kulkas yang sering nyetrum, dan sudah menemukan penyebab kulkas Sharp nyetrum atau kulkas lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, maka alangkah lebih baik jika anda segera mengambil tindakan penanganan. Untuk mengatasi masalah ini, adapun cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Ganti Kabel

Jika menemukan penyebab kulkas nyetrum adalah terjadinya masalah pada kabel instalasi, seperti kabel yang terkelupas atau sambungan kabel bagian isolasi lepas. Maka yang perlu anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti kabel dengan yang baru. Pastikan anda sudah mencabut aliran listrik dari kulkas terlebih dahulu, sebelum mengecek dan menggantinya.

Baca Juga: Pengatur Suhu Kulkas Polytron 2 Pintu

  1. Ganti Kompresor

Cara memperbaiki kompresor kulkas konslet atau sudah short body yang paling baik adalah dengan mengganti kompresor tersebut. Pasalnya isolasi pada bagian kawat kompresor sudah mengelupas, tentu lebih baik jika diganti agar tidak menemukan kembali masalah body samping kulkas nyetrum seperti yang anda rasakan saat ini.

  1. Pasang Grounding pada Kulkas

Grounding merupakan langkah menghantarkan arus listrik langsung ke tanah apabila terdapat kebocoran arus pendek. Umumnya, stop kontak yang ada di rumah rumah warga sudah dipasang grounding untuk mengantisipasi hal yang dapat terjadi. Anda pun bisa memasang grounding pada kulkas guna mengatasi penyebab kulkas nyetrum.

Baca: Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung Digital Inverter

Cara memasang grounding pada kulkas ini yaitu pertama kupas kulit kabel terlebih dahulu hingga terlihat bagian kawat tembaga di dalamnya. Berikutnya pasang kabel dengan sekrup yang ada pada rangka body kulkas. Lakukan hal ini dengan cara melonggarkan baut menggunakan obeng.

Namun penting untuk diperhatikan bahwa jangan sampai bagian tersebut terlepas ketika anda melonggarkan baut. Selanjutnya lilitkan tembaga tabel ke arah bagian leher baut dan kencangkan. Urutkan kabel ini sesuai dengan jalur dari kabel kulkas, sampai mendekati bagian steker kulkas. Lalu ikat kabel grounding yang telah diurut dengan isolasi tadi dengan kabel kulkas.

Ketahui: Cara mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

Apabila kabel grounding ini sudah terhubung dengan rangka body kulkas, maka hubungkan kembali kabel tersebut pada salah satu plta ada di kedua sisi stop kontak di rumah anda. Plat ini akan terlihat dari bagian luar stop kontak. Coba sentuh kembali body kulkas dan rasakan apakah nyetrum atau tidak, jika sudah tidak nyetrum berarti pemasangan grounding sudah sukses dilakukan.

Baca Dulu: Harga Kompresor Kulkas

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kulkas nyetrum ketika disentuh. Cara mengatasinya bisa dibilang susah susah gampang, karena berurusan dengan kabel kabel yang ada pada kulkas. Jika ingin lebih praktis, maka anda bisa memanggil jasa reparasi untuk mendapatkan penanganan terbaik tanpa harus repot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.