Gimana Cara Pakai Tombol Pengatur Suhu Kulkas Polytron 2 Pintu?

2 min read

Hometronik.web.id − Gimana cara mengatur suhu kulkas Polytron? Bagaimana penggunaan tombol pengaturan suhu kulkas Polytron Belleza 2 pintu? Keunggulan dari Kulkas Polytron ini apa saja?

Keberadaan lemari pendingin dalam kehidupan sehari hari memang begitu membantu. Namun, tidak jarang barang elektronik satu ini juga mengalami masalah seperti kulkas tidak lagi dingin. Jika sudah begini, maka pengatur suhu kulkas Polytron 2 pintu yang anda miliki harus diperiksa. Bagaimana cara mengecek dan menggunakannya ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Gimana Cara Pakai Tombol Pengatur Suhu Kulkas Polytron 2 Pintu?

pengatur-suhu-kulkas-polytron-2-pintu

Namanya saja kulkas dua pintu, tentu terdapat dua pintu ruangan pada lemari pendingin ini. Yang mana masing masing pintunya memiliki tombol pengaturan suhunya masing masing, satu pada ruang atas dan satu lagi tombol pada ruang bagian bawah. Gimana cara mengatur suhu kulkas Polytron ini ?

  1. Tombol Pengatur Suhu Bagian Atas

Tombol pengatur suhu yang ada pada ruangan bagian atas umumnya tidak terasa berat dan begitu ringan ketika digunakan. Dimana tombol tersebut hanya terhubung pada sebuah damper, yang berfungsi untuk membuka serta menutup saluran udara. Sebab pada kulkas dua pintu, pendinginan yang terjadi dilakukan secara tidak langsung.

Tombol yang ada di bagian atas nantinya dapat mengatur banyak sedikitnya udara, untuk disirkulasikan ke arah ruang kulkas bagian bawah. Caranya yaitu dengan mengatur lebar sempitnya damper. Hal ini membuat udara di ruang bagian bawah tidak begitu dingin, sehingga tidak sampai membuat makanan atau minuman yang disimpan menjadi beku seperti pada ruang atas.

  1. Tombol Pengatur Suhu Bagian Bawah

Di bagian bawah juga terdapat tombol pengatur suhu kulkas Polytron 2 pintu. Tombol inilah yang secara langsung terhubung dengan thermostat. Jadi, berhenti atau tidaknya semua proses pendinginan akan dipengaruhi oleh suhu di ruang kulkas bagian bawah ini. Selama setting suhu pada ruang bagian bawah belum tercapai, maka kompresor bisa terus hidup melakukan pendinginan.

Proses tersebut terus terjadi meski pada ruangan bagian atas atau freezer, sudah membekukan semua yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, masing masing pengaturan suhu kulkas polytron belleza 2 pintu ini perlu diperhatikan dengan baik agar mencapai suhu yang tepat. Karena keduanya bekerja secara berkesinambungan.

Ciri Thermostat Rusak

Thermostat memiliki fungsi sebagai saklar ON/OFF atau tombol otomatis arus listrik ke mesin kompresor, berdasarkan suhu yang diinginkan pengguna. Cara kerjanya yaitu dengan memanfaatkan sensor yang ada di dalamnya, dengan gas yang dapat berubah ketika didinginkan. Ketika thermostat rusak, maka suhu kulkas juga tidak bisa diatur sesuai dengan keinginan.

  1. Thermostat Berkarat

Dari segi fisik, bisa dilihat apabila thermostat mengalami masalah atau kerusakan. Hal ini ditandai dengan bentuk fisiknya yang mulai berkarat atau korosif. Hal ini cukup sering terjadi pada pengatur suhu kulkas Polytron 2 pintu, karena pengguna mematikan kulkas ketika suhu ruang masih dalam kondisi dingin. Alhasil terjadi kelembapan cukup lama yang membuatnya korosif.

  1. Lemari Es Tidak Dingin

Selain dilihat dari segi fisiknya, pengaturan suhu kulkas Polytron 2 pintu yang tidak membuat lemari es menjadi dingin juga bisa mengindikasikan terjadinya kerusakan pada thermostat. Thermostat dinyatakan rusak jika pengaturan on, namun suhu masih normal atau tidak dingin serta tidak menyambung pada kedua pin soket yang ada.

  1. Lemari Es Terlalu Dingin

Bukan hanya kulkas yang tidak dingin, lemari es yang terlampau dingin juga bisa menjadi tanda bahwa thermostat mengalami masalah. Thermostat ini terus terhubung dan tidak mau memotong arus ketika suhu sudah tercapai sesuai setelan yang diatur. Untuk mengetahui hal ini, anda bisa melihat bagaimana terjadinya penumpukan tidak wajar pada bunga es di freezer.

Apabila menemukan tanda tanda bahwa thermostat rusak, maka sebaiknya segera diganti agar tidak merusak berbagai komponen lainnya di dalam kulkas. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan kembali di benak pengguna, seperti berapa harga pengatur suhu kulkas ini ? Atau pengatur suhu kulkas berapa ?

Anda tidak perlu khawatir, sebab harganya terbilang cukup terjangkau. Terlebih jika mengingat bagaimana dampak yang akan dihasilkan apabila pengatur suhu kulkas polytron 2 pintu tersebut tidak kunjung diganti. Harganya yang terjangkau ini bahkan turut menjawab pula pertanyaan mengenai apa keunggulan kulkas Polytron.

Baca juga: Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung Digital Inverter

Semua hal yang telah dijelaskan di atas sebenarnya sudah cukup lengkap dijelaskan pada buku panduan lemari es tersebut. Namun kebanyakan orang sedikit malas untuk membacanya. Jika setelah membaca buku panduan masih belum membuat anda bingung, maka jalan satu satunya adalah memanggil jasa ahli untuk penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *