Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 1 & 2 Pintu? Bagaimana Cara Pasang Freon Kulkas?

1 min read

berapa psi tekanan kompresor kulkas

Berapa PSI tekanan kompresor kulkas merupakan hal yang penting untuk diketahui. Begitu pula dengan berapa PSI tekanan kulkas 2 pintu, sebab keduanya akan membuat penggunaan dan perawatan kulkas berjalan dengan baik. Anda yang masih awam dengan istilah tersebut, bisa melanjutkan dengan membaca ulasan berikut ini.

berapa psi tekanan kompresor kulkas

Berapa Tekanan PSI pada Kompresor Kulkas?

Tekanan pada kompresor kulkas berbeda-beda, tergantung dengan jenis kulkas yang digunakan. Misalnya untuk mengetahui berapa tekanan PSI pada kompresor kulkas 1 pintu, besarannya berbeda dengan kulkas 2 pintu. Tiap brand juga memiliki tekanan yang sedikit berbeda, sesuai dengan spek kulkas tersebut.

Biasanya tekanan PSI pada kompresor tidak lebih dari 10 psi, jumlah ini bisa lebih dan berkurang sesuai dengan jenis kulkas yang Anda gunakan untuk mengetahui berapa PSI tekanan kulkas 2 pintu atau berapa PSI kompresornya, tanyakan pada gerai penjualan atau baca di buku panduan kulkas yang Anda miliki.

Baca Juga :

Cara Memasang Freon di Kulkas

Freon pada kulkas membuat kulkas menjadi dingin, freon sendiri merupakan zat pendingin. Banyak yang penasaran berapa PSI tekanan freon kulkas 1 pintu, jawabannya bisa Anda lihat di spek dan jenis kulkas yang Anda gunakan. Umumnya jumlah PSI kulkas satu pintu, baik untuk freon atau kompresor, lebih sedikit dibandingkan kulkas 2 pintu.

Kadang freon yang dimiliki oleh kulkas bermasalah, sehingga harus diisi ulang. Mengetahui berapa PSI tekanan kompresor kulkas juga akan membantu Anda melakukan isi ulang freon. Sebab freon dan kompresor bekerja sama untuk membuat kulkas bekerja. Berikut adalah panduan cara melakukannya.

judul gambar
  1. Siapkan peralatan yang digunakan

Sebelum memasang freon, siapkan barang yang digunakan. Barang tersebut diantaranya freon kulkas yang sudah dibeli berdasarkan tipenya. Berapa PSI tekanan freon kulkas 1 pintu harus sesuai dengan kulkas yang digunakan.

Selain freon, beberapa peralatan lain yang sering digunakan adalah tang, mesin vakum, filter, pentil karet, las tabung, dan berbagai peralatan tambahan yang menyesuaikan. Jika belum berpengalaman dalam pemasangan freon dan tidak tahu berapa PSI tekanan kulkas 2 pintu, ada baiknya menggunakan jasa pengisian freon saja.

Ketahui:

  1. Proses pemasangan

Terkait dengan proses pemasangan, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  • Lepaskan karet yang ada pada pentil dan las yang ada di kompresor kulkas.
  • Tuangkan methyl ke tutup botol mineral atau wadah yang lain.
  • Hidupkan kompresor, kemudian cek apakah aliran freon sudah berjalan dengan baik.
  • Lakukan las ke bagian filter pipa kondensor.
  • Las bagian kedua ke pipa kapiler ke filter.
  • Mengetahui berapa PSI tekanan freon kulkas 1 pintu akan memudahkan pemasangan karena Anda tahu ukuran yang akan digunakan. Pasangkan selang manifold ke bagian pentil freon.
  • Lakukan proses pengisian sampai selesai. Dalam proses ini kompresor harus dalam keadaan menyala.
  • Jika tekanan sudah tinggi, sekitar 30 psi, buka katup freon selama beberapa detik.
  • Setelahnya tutup tabung, biarkan freon keluar dari pipa kapiler yang ada di dalam kulkas.
  • Buka keran pada tabung manifold perlahan, usahakan tidak melewati angka 10.
  • Jika sudah mendekat angka 10, hawa hangat akan menyebar ke bagian bawah. Ini tanda pengisian freon sudah selesai.

Baca Juga :

Ternyata mengetahui berapa PSI tekanan freon kulkas 1 pintu memberikan banyak manfaat pada penggunaan dan perawatan kulkas. Semoga informasi yang telah dijelaskan diatas akan membantu Anda, terutama yang masih awam soal freon, tekanan kulkas dan kompresornya.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.