Cara Mengatur Tombol Min atau Max Pengatur Suhu Kulkas Sharp 2 Pintu

2 min read

Bagaimana mengatur suhu kulkas min atau max dengan tombol pengatur suhu kulkas Sharp 2 pintu yang benar? Berikut ini pengaturan suhu kulkas Sharp yang benar!


Harga Kulkas — Akhir akhir ini makanan yang anda simpan di dalam kulkas menjadi cepat rusak serta tidak lagi layak untuk dikonsumsi ? Jika iya, besar kemungkinan hal ini terjadi akibat pengaturan suhu kulkas baik min atau max-nya yang bermasalah. Jika anda memiliki kulkas Sharp 2 pintu, Berikut cara setting tombol pengatur suhu kulkas Sharp 2 pintu yang benar dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Kesalahan yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Tidak Dingin

tombol pengatur suhu kulkas sharp 2 pintu

Sebenarnya, penyebab kulkas menjadi tidak dingin bisa karena berbagai faktor, bukan hanya cara setting suhu yang tidak tepat. Berbagai kesalahan ini penting untuk diperhatikan oleh pengguna, agar dapat mencegah kulkas menjadi tidak dingin. Berikut lima kesalahan umum yang sering terjadi.

  1. Tidak Menutup Pintu Rapat

Tidak sama seperti pintu lemari biasa, pintu lemari pendingin mempunyai lapisan karet yang menempel. Lapisan karet ini akan membantu mencegah udara di dalam kulkas keluar, sehingga suhu di dalam tetap dingin. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa anda telah menutup pintu kulkas dengan rapat dan jangan terlalu sering membuka dan menutupnya.

  1. Mengatur Suhu Terlalu Rendah

Setting tombol pengatur suhu kulkas Sharp 2 pintu yang terlalu rendah juga sudah pasti membuatnya menjadi tidak dingin. Akibatnya hal ini membuat kulkas menjadi bekerja ekstra dengan menyerap listrik lebih banyak, agar dapat mendinginkan semua yang disimpan di dalam. Akan tetapi suhu yang rendah ini akan sulit untuk membuat bahan makanan tetap awet.

  1. Mengisi Kulkas Terlalu Penuh

Mengisi kulkas terlalu penuh adalah suatu kesalahan yang paling sering terjadi. Meski anda mungkin senang dengan kondisi mempunyai persediaan makanan berlimpah, namun hal ini bisa membuat kulkas tidak bisa bekerja secara efektif. Karena ruang sirkulasi udaranya terbatas, alhasil malah membuat makanan menjadi cepat busuk.

  1. Menyimpan Makanan Terlalu Panas

Pengaturan suhu kulkas yang benar memang sudah dilakukan, namun hal ini tidak akan memberi banyak pengaruh apabila anda justru menyimpan makanan terlalu panas di dalam lemari es. Jika ingin menyimpan makanan panas, sebaiknya tunggu dingin terlebih dahulu. Atau bagi ke beberapa wadah kecil agar sirkulasi udara lebih banyak, sehingga suhu kulkas tetap ideal.

Mengatur Suhu Kulkas Sharp 2 Pintu

Mengatur suhu menggunakan tombol pengatur suhu kulkas sharp 2 pintu, tidak jauh berbeda dengan tombol pengatur suhu kulkas samsung 2 pintu. Kebanyakan kulkas 2 pintu memang memiliki cara pengaturan suhu yang tidak terlalu jauh berbeda antara satu sama lain. Ketika pertama kali menyalakan kulkas, sebaiknya jangan langsung mengisinya dengan bahan makanan.

Tunggu selama dua hingga 3 jam setelah kulkas dinyalakan, agar pendinginannya rata dari freezer sampai ruang pendingin. Untuk mengatur suhu kulkas min atau max pada freezer, dapat dilakukan dengan menggeser ke kiri atau ke kanan. Dalam hal ini, sebaiknya setting di tengah (medium) atau ke arah kiri (minimum).

Jangan mengatur suhu pada freezer dengan posisi max dalam waktu lama. Karena ini digunakan ketika pengguna ingin membekukan makanan di freezer dengan cepat. Apabila sudah mendapatkan kebekuan tertentu, maka setting harus segera dikembalikan pada posisi medium atau minimum.

Sedangkan cara mengatur suhu kulkas Sharp Plasmacluster berada pada bagian bawah, dengan bentuk yang bisa diputar ke minimum, medium, maupun maksimum. Thermostat atau tombol pengatur suhu kulkas sharp 2 pintu ini berfungsi mendeteksi suhu di ruang pendinginan. Apabila suhu rendah sudah tercapai sesuai keinginan, maka kompresor akan berhenti bekerja.

Baca juga: 

Untuk suhu kulkas yang paling baik sendiri sebaiknya antara 1,5 hingga 3 derajat celcius. Dimana suhu ini tidak terlalu dingin untuk dapat membuat makanan menjadi beku, namun tidak juga terlalu hangat sehingga membuat makanan cepat membusuk. Sementara untuk bagian freezer disetting max untuk sementara saja, ketika anda ingin membekukan bahan dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *