Cara Membaca Kode & Mengetahui Ukuran Kompresor Kulkas

2 min read

cara membaca kode kompresor kulkas

Cara membaca kode kompresor kulkas ternyata penting, tujuanya supaya Anda tidak salah beli kulkas. Tentunya, Anda tidak ingin membeli kulkas tidak sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tabel ukuran kompresor kulkas, cara mengetahui ukuran kompresor kulkas sesuai kebutuhan dan cara mengetahui ukuran kompresor kulkas 1 pintu. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas Dengan Tabel Ukuran Kompresor Kulkas

Cara mengetahui ukuran kompresor kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda dapat ditentukan dengan tiga cara. Tentunya ketiga cara tersebut menunjukkan ukuran kompresor pada kulkas yang akan Anda beli. Adapun cara yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Melihat Bentuk Fisik Kulkas

Cara mengetahui ukuran kompresor kulkas dapat dilihat dari bentuk desain kulkas. Nah, untuk memudahkan perhitungan, Anda dapat menggunakan rumus : Tinggi Kulkas x Panjang Kulkas (ukurlah dari depan ke samping) x Lebar Kulkas (ukurlah dari depan ke belakang).

2. Cek Arah Pintu Kulkas

 Tabel ukuran kompresor kulkas juga dapat dilihat dari arah bukaan pintu pada kulkas. Umumnya, di Indonesia pintu kulkas dibuka ke arah kanan. Pastikan, ketika membuka kulkas ke arah kanan, pintu dapat dibuka ke arah kanan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi kompresor bagus.

3. Periksa Jumlah Pintu pada Kulkas

Cara mengetahui ukuran kompresor kulkas juga dapat dilihat dari jumlah pintu pada kulkas. Umumnya, di Indonesia ukuran kompresor kulkas 1 pintu diproduksi mulai dari 1/8, 1/6, 1/5 sampai dengan ¼ PK. Adapun ukuran daya untuk jenis kompresor kulkas tersebut adalah sebagai berikut.

  • 1/8 PK memiliki daya 0,42 Ampere.
  • 1/6 PK memiliki daya 0,56 Ampere.
  • ¼ PK memiliki daya 0,84 Ampere.

Cara membaca kode kompresor kulkas dapat Anda pelajari dari tabel berikut ini. Namun, perlu diketahui kode kompresor di setiap kulkas berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari jenis dan merek kulkas yang Anda beli. Jadi, tabel berikut sifatnya hanya membantu Anda dalam memahami kode yang tertulis pada kompresor kulkas.

Tabel Ukuran Kompresor Kulkas berikut ini berlaku secara internasional. Tentunya, kode kompresor setiap negara berbeda-beda tergantung dari jenis dan merek kulkasnya. Yuk, simak tabel ukuran kompresor berikut ini.

Kode Kompresor Kulkas

Keterangan

AE A 4 430  Y – 1 AE : Kelas kompresor, contoh lain: AZ, AZA, AW, WJ

judul gambar

A  : Model kulkas atau terbitan kulkas, contoh : kode A : untuk pertama kali rilis atau terbit, kode B : untuk terbitan kulkas kedua dari suatu produksi.

4 : applicant, berarti: low back pressure with high starting torque, yang dimaksud kulkas memiliki tekanan rendah dengan torsi awal tinggi.

430 : kode yang menunjukkan daya kulkas. Untuk kulkas produksi Indonesia dilihat dari 2 digit terakhir, contoh: 30 menunjukkan kulkas tersebut memiliki daya 1/8 PK.

Y : pendingin (refrigrant), umumnya memiliki kode sebagai berikut:

1)    A, V : R12

2)    E : R22

3)    J : R502

4)    Y : R134a

5)    Z : R404A/R507

6)    G : R22/R407C

7)    M : R600a

 

1 : kode daya listrik yang digunakan, seperti :

1)    Tanpa kode kompresor terakhir, artinya: 220 – 240 V/50Hz.

2)    1 : 115 V/60 HZ

3)    2 : 208 – 230 V/60 HZ.

4)    3 : 100 V/50 – 60 HZ.

5)    4 : 110 V/60 HZ.

 

Baca Juga :

Cara Mengetahui Ukuran Kompresor Kulkas Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Cara Mengetahui Ukuran Kompresor Kulkas

Cara mengetahui ukuran kompresor kulkas perlu Anda ketahui karena ini sangat berpengaruh di dalam mengetahui berapa besar ampere yang terdapat di dalamnya. Selain itu, ini juga digunakan untuk mengetahui seberapa besar tegangan listrik yang dibutuhkan pada sebuah kulkas. Tentu saja ini tidak akan menyebabkan daya listrik sering turun.

Baca Juga :

Cara membaca kode kompresor kulkas tersebut merupakan cara memahami kode kompresor yang berlaku secara internasional. Namun, pada intinya baik kulkas produksi Indonesia mapun negara lain adalah sama. Semoga Anda memahami tabel ukuran kompresor kulkas dengan bijak.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.