Penyebab & Cara Mengisi Oli Kompresor Angin Kulkas Yang Naik Keluar

1 min read

penyebab oli kompresor kulkas naik

Kompresor keluar oli menjadi permasalahan bagi sebagian besar pengguna kulkas. Kulkas yang bertujuan untuk mendinginkan persediaan makanan dan minuman Anda agar lebih tahan lama dan akan menjadi kurang maksimal pendinginannya jika kompresor keluar oli.

Penyebab oli kompresor kulkas naik cukup beragam sehingga penanganannya pun juga beragam bergantung pada kondisinya sehingga Anda wajib mengetahui dan mengidentifikasinya.  Ini juga bisa disebabkan karena beberapa penyebab oli kompresor angin naik. Jika tidak segera di atasi maka akan timbul berbagai kerusakan. Agar tidak terjadi kerusakan maka Anda harus memperhatikan mengenai cara isi kompresor kulkas yang  benar.

Penyebab Oli Kompresor Kulkas Naik

Penyebab Oli Kompresor Kulkas Naik

Kompresor keluar oli dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti yang terangkum dibawah ini:

1.Kebocoran Pada Bagian Evaporator

Penyebab oli kompresor angin naik yang sering terjadi adalah adanya kebocoran pada evaporator. Evaporator berperan sebagai penyerap panas dari benda-benda yang ada di dalam kulkas. Sedangkan kompresor sendiri merupakan salah satu komponen penting pada kulkas yang berperan sebagai pemompa bahan pendingin (gas refrigerant) ke seluruh bagian kulkas. Salah satu indikasi bahwa evaporator kulkas Anda bocor adalah suhu kulkas Anda menjadi kurang dingin. Hal tersebut dapat terjadi karena ketika kulkas dinyalakan terus menerus dalam kondisi evaporator bocor, bahan pendingin kulkas akan semakin habis. Hal ini memicu oli kompresor untuk naik ke evaporator. Oleh karenanya.

Baca Dulu : Harga Kompresor Kulkas

2. Kebocoran Pada Bagian Pipa

Penyebab oli kompresor kulkas naik selanjutnya adalah terdapat kebocoran pada pipa-pipa. Oli pada kompresor dapat naik menuju jalur pipa sehingga terbentuk endapan pada pipa tersebut. Hal ini juga berlaku pada kasus kebocoran pada evaporator. Hal ini berakibat juga pada terganggunya sirkulasi bahan pendingin kulkas sehingga suhu dingin kulkas menjadi tidak maksimal.

3. Ketidakcocokan Oli Pada Bagian Kompresor

Penyebab oli kompresor kulkas naik lainnya adalah kesalahan dalam menggunakan oli sehingga oli tersebut tidak cocok dengan kompresor yang digunakan. Hal ini dapat memicu naiknya oli yang dapat mengontaminasi jalan atau saluran pipa dalam sirkulasi bahan pendingin kulkas. Selain tidak dinginnya kulkas, indikasi lain yang dapat Anda kenali ketika oli kompresor naik yaitu tingkat kebisingan suara kulkas menjadi tinggi.

judul gambar

Ketahui:

Kompresor Keluar Oli, Bagaimanakah Penanganan yang Tepat?

Kompresor Kulkas

Kompresor keluar oli dengan sendirinya bisa diatasi dengan beberapa cara seperti berikut ini, yaitu:

  1. Matikan kulkas terlebih dahulu.
  2. Agar lebih aman, kosongkan terlebih dahulu benda-benda yang tersimpan di dalam kulkas dan pindahkan ke tempat lain.
  3. Cek apakah ada kebocoran atau tidak pada evaporator atau pipa-pipa lainnya.
  4. Keluarkan seluruh oli yang yang naik ke evaporator atau pipa.
  5. Masukkan kembali bahan pendingin kulkas melalui kompresor. Selanjutnya masukkan kembali oli.

Penyebab oli kompresor kulkas naik yang disebabkan oleh tersumbatnya  pipa saluran  dapat diatasi dengan pembersihan pipa tersebut. Anda dapat membersihkan pipa-pipa saluran dengan cairan khusus pembersih kulkas seperti metil atau towzone. Jika Anda kurang memiliki kemampuan sebagai teknisi, Anda dapat menggunakan jasa tukang servis alat elektronik kenalan Anda dan tentunya terpercaya.

Baca Juga :

Penyebab oli kompresor kulkas naik ternyata memang sangat beragam. Hal lain yang perlu Anda ingat adalah ketika Anda telah menangkap indikasi kulkas Anda terjadi kerusakan, jangan paksakan kulkas untuk menyala. Segera lakukan pengecekan oleh tukang servis alat elektronik. Hal ini bertujuan untuk mencegah bertambahnya kerusakan di bagian lainnya.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.