Ciri & Cara Memperbaiki Freezer Kulkas Bocor

3 min read

Apa ciri ciri freezer kulkas bocor? Bagaimana cara memperbaiki freezer kulkas bocor? Apakah bahaya jika freezer kulkas bocor? Temukan jawabannya di sini, di Hometronik!

freezer kulkas bocor

Kulkas yang terasa tidak dingin menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi pada perangkat elektronik tersebut. Kondisi ini mungkin bisa terjadi karena evaporator atau biasa juga disebut dengan freezer, mengalami kebocoran. Lantas bagaimana cara mengatasi freezer kulkas bocor ini ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Ciri Ciri Freezer Kulkas Bocor

Sebelum memperbaiki freezer kulkas yang bocor, tentu akan lebih baik apabila anda mengetahui ciri ciri dari kondisi tersebut. Pasalnya tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang tidak mengetahui kondisi tersebut, dan terus membiarkannya. Di lain sisi, kulkas yang tidak dingin juga bisa terjadi karena kerusakan lainnya alih alih bocor pada evaporator.

Maka dari itu, anda sebaiknya memahami ciri ciri freezer kulkas yang bocor agar dapat mengidentifikasi dengan pasti kerusakan pada kulkas. Sehingga penanganan atas masalah pada kulkas bisa dilakukan dengan tepat. Adapun ciri ciri dari freezer kulkas yang bocor adalah sebagai berikut.

  1. Freezer Tidak Membeku

Freezer yang tidak terasa dingin sudah pasti menjadi salah satu pertanda bahwa evaporator mengalami kebocoran. Ciri ini bisa dilihat dengan cukup mudah, misalkan anda sudah meletakkan makanan atau minuman ke dalam freezer. Namun bahan tersebut tidak kunjung membeku meskipun sudah diletakkan dalam waktu yang cukup lama. Ini bisa terjadi apabila freezer mengalami bocor.

Ketahui: Tekanan Freon Kulkas Freezer

  1. Tagihan Listrik yang Meningkat

Cara mengatasi freezer kulkas bocor sebaiknya sudah mulai anda cari ketika kondisi freezer yang tidak membeku, diikuti dengan tagihan listrik yang meningkat. Biasanya tagihan listrik yang meningkat ini terjadi secara tidak wajar. Pasalnya dinamo akan terus berputar dan membuat energi listrik lebih banyak terpakai, ketika evaporator bocor.

cara memperbaiki freezer kulkas bocor

Untuk memastikannya lebih lanjut, anda bisa mencoba untuk tidak menyalakan kulkas selama beberapa waktu. Kemudian cek apakah dalam waktu tersebut tagihan listrik anda berkurang jauh atau tidak. Jika iya, berarti benar adanya bahwa lonjakan listrik terjadi karena dinamo kulkas terus berputar lantaran evaporator yang bocor.

  1. Kulkas Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas

Ciri lainnya yang menjadi indikasi bahwa freezer kulkas mengalami kebocoran yaitu kompresor kulkas terasa panas, sedangkan suhu di dalam kulkas justru tidak terasa dingin. Karena pada keadaan normal, kompresor akan bekerja apabila thermostat mendeteksi peningkatan suhu yang terjadi di dalam kulkas.

Ketika suhu sudah kembali dingin, maka thermostat pun akan memutus listrik yang menuju kompresor. Alhasil kompresor akan berhenti beroperasi dan tidak menjadi panas atau overload. Sebaliknya, freezer yang bocor membuatnya suhu di dalam kulkas menjadi tidak dingin. Dan mempengaruhi kerja kompresor yang terus terjadi dalam waktu lama dan membuatnya panas.

judul gambar

Baca Dulu: Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua

Cara Memperbaiki Freezer Kulkas yang Bocor

  1. Mengganti Evaporator

Cara memperbaiki freezer kulkas bocor yang paling cepat dan dijamin berhasil adalah dengan mengganti evaporator. Dengan komponen yang baru, sudah tentu kulkas anda akan kembali dingin seperti sebelumnya atau bahkan performanya seperti kulkas baru. Keputusan mengganti evaporator sendiri bisa anda lakukan apabila kebocoran yang terjadi lebih dari 5 milimeter.

Khususnya untuk evaporator yang sudah lebih dari satu bulan mengalami kebocoran. Maka sebaiknya memang langsung diganti saja, tanpa perlu repot menambalnya. Karena bahaya freezer kulkas bocor bisa juga mempengaruhi kesehatan apabila dibiarkan terlalu lama. Entah karena mengonsumsi makanan atau minuman yang disimpan di dalam kulkas, atau karena paparan gas freon yang keluar.

Baca dulu: 

  1. Menambal Evaporator

Untuk lubang yang tidak terlalu besar pada evaporator dan mengakibatkan kebocoran, anda bisa memilih untuk menambalnya agar tidak perlu membeli komponen baru. Cara menambal freezer kulkas bocor ini bisa dilakukan menggunakan lem hijau atau pakan kawat las aluminium.

ciri ciri freezer kulkas bocor

Lem freezer kulkas bocor bentuknya mirip seperti kapur tulis, dan memang secara khusus dapat digunakan untuk menambal freezer yang bocor. Penggunaan lem hijau atau lem freezer ini memang yang paling disarankan. Sebab jika menggunakan las aluminium, caranya mungkin lebih rumit karena membutuhkan ketelitian yang ekstra.

  1. Mengganti Filter Kapiler dan Oli Kompresor

Ketika oli kompresor bercampur dengan air, anda bisa memperbaiki freezer kulkas yang bocor dengan cara satu ini. Untuk penggantian filter kapilernya sendiri dapat dilakukan apabila kebocoran pipa terjadi pada saat melakukan pengisian ulang gas freon kulkas. Anda juga bisa melakukan penyegelan terhadap pipa pengisian, mengingat bahwa gas freon punya tekanan yang sangat kecil.

  1. Service Kulkas

Untuk orang awam atau anda merasa benar benar tidak tahu arah mengenai komponen komponen di dalam kulkas, sebaiknya hubungi langsung jasa service kulkas. Ketika menemukan ada masalah pada kulkas seperti ciri ciri di atas, anda bisa langsung menghubungi tukang service.

Bahkan tukang service bisa mencari tahu masalah sebenarnya yang terjadi pada lemari pendingin anda, karena bisa jadi sumber masalahnya ternyata hal lain bukannya freezer kulkas yang bocor. Dalam hal ini, biaya service freezer kulkas bocor bisa sangat bervariasi, tergantung jasa yang anda gunakan.

Selain itu, jika ditemukan berbagai permasalah lainnya pun akan ada biaya tambahan yang perlu anda bayarkan. Mulai dari biaya kunjungan dan pengecekan, biaya jasa service dan penggantian sparepart, ganti filter, pentil, isi freon, flushing, sampai las per titik. Selain itu, biaya service umumnya belum termasuk dengan biaya komponen apabila ada yang perlu diganti.

Baca Dulu:

Perbaikan lemari pendingin mungkin sedikit rumit, sehingga akan lebih cepat jika menggunakan jasa service kulkas. Namun kerusakan yang cukup parah mungkin membuat anda harus menyiapkan biaya besar. Oleh sebab itu, penting bagi pemilik untuk melakukan perawatan kulkas secara berkala sebagai bentuk pencegahan supaya masalah seperti ini tidak terjadi lagi.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.