Penyebab Kulkas Aqua D190 dan D270 Tidak Dingin

2 min read

Hometronik — Dibanderol dengan harga yang terbilang cukup terjangkau, membuat kulkas Aqua menjadi pilihan bagi banyak orang. Produk produk dari Aqua seperti AQR D190 dan AQR D270 pun juga memiliki spesifikasi yang oke. Namun dalam penggunaannya, terkadang ditemukan kulkas Aqua D190 tidak dingin atau kulkas Aqua 2 pintu D270 pada bagian bawahnya tidak dingin.

Penyebab Kulkas Aqua AQR D270 dan D190 Tidak Dingin

kulkas aqua d190 tidak dingin

Sebelum berusaha mengatasi kulkas Aqua yang terasa tidak dingin, tentunya anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor yang menyebabkan kulkas Aqua AQR D270 tidak dingin tersebut. Mengetahui penyebabnya akan membuat anda dapat menerapkan cara penanganan paling tepat. Berikut beberapa faktor yang membuat kulkas tidak dingin.

  1. Stop Kontak

Mungkin masalah satu ini terbilang sangat sepele, bahkan sedikit lucu untuk sebagian orang. Namun faktanya, cara menggunakan kulkas baru merk Aqua terkadang lupa untuk memasang stop kontak terlebih dahulu. Tapi pengguna keburu panik karena kulkas yang baru dibeli tidak bisa bekerja untuk mendinginkan bahan.

Cari Tahu: Cara Mengatur Suhu Kulkas LG 2 Pintu

Bahkan beberapa pengguna terkadang juga sering kali tidak menyadari apabila stop kontak yang digunakan ternyata tidak berfungsi. Dimana stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik ini otomatis membuat kulkas juga menjadi tidak dingin, lantaran energi listrik yang kurang menyuplai untuk lemari pendingin bekerja.

  1. Freon Habis

Salah satu yang menyebabkan kulkas Aqua D190 tidak dingin adalah freon yang sudah habis. Pasalnya lemari pendingin membutuhkan freon ini agar kompresor dapat mengkonversinya menjadi suhu dingin. Jadi, ada baiknya anda mengecek ketersediaan dari freon ini secara berkala. Karena tanpa adanya freon, maka suhu dingin di dalam kulkas juga tidak akan tercipta.

Baca Juga: Tombol Pengatur Suhu Kulkas Sharp 2 Pintu

judul gambar

Pengecekan freon sendiri dianjurkan 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali, tergantung dari kapasitas kulkas yang anda miliki. Misalnya kulkas Aqua D270 spesifikasi dengan dua pintu yang tentunya memiliki ukuran cukup besar, maka lazimnya membutuhkan freon yang lebih banyak. Sehingga harus lebih sering dilakukan pengecekan, dan segera panggil teknisi ketika freon habis.

  1. Menyimpan Makanan Panas

Cara mengatur suhu kulkas Aqua AQR D190 mungkin sudah benar dilakukan, atau anda bahkan sudah berusaha mengaturnya pada suhu maksimal, namun suhu kulkas tidak kunjung dingin ? Coba periksa bagaimana biasanya anda menyimpan makanan di kulkas. Apakah sebelumnya sering menyimpan makanan panas di dalam kulkas atau tidak.

Karena faktanya, menyimpan makanan panas bisa membuat kulkas Aqua D190 tidak dingin. Sebab hal ini membuat pengaturan suhu kulkas Aqua 1 pintu menjadi panas dan mengakibatkan saluran udara dingin mengalami kerusakan. Jadi, Jika ingin menyimpan makanan sebaiknya tunggu makanan tersebut agak dingin terlebih dahulu baru memasukkannya ke dalam kulkas.

Baca Dulu: Harga Kompresor Kulkas

Mengatasi Kulkas Aqua yang Tidak Dingin

Untuk mengatasi kulkas Aqua 2 pintu bagian bawah tidak dingin maupun kulkas 1 pintu yang tidak dingin, maka anda perlu menghindari beberapa faktor penyebabnya seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu lakukan defrost bunga es agar lubang angin di dalam kulkas tidak tertutup es.

Jadi kekurangan kulkas Aqua Japan yang tidak dingin ini sebenarnya tergantung pada pemakaian dan perawatan penggunanya sendiri. Atau jika menemukan kondisi kulkas Aqua D270 tidak dingin, maka segera hubungi jasa reparasi untuk mengatasinya agar mendapat penanganan yang tepat. Pertanyaan terkait kulkas merk Aqua bagus tidak ingin sejatinya tergantung pada masing masing pengguna.

Related Posts:

Semua barang elektronik sendiri pada hakikatnya akan cepat rusak bila tidak digunakan dengan baik dan tanpa perawatan. Pun dengan lemari pendingin, yang harus dibersihkan dan dilakukan pengecekan secara berkala. Merk Aqua sendiri terbilang cukup berkualitas apabila anda menggunakannya dengan benar. Terlebih merk satu ini ditawarkan dengan harga cukup terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.