Harga Serta Perbedaan Kompresor Freezer Kulkas 1 & 2 Pintu

3 min read

Home Tronik — Di zaman modern seperti sekarang, kulkas menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang wajib untuk dimiliki. Namun sayangnya, lemari pendingin ini juga bisa mengalami berbagai masalah dalam penggunaannya. Seperti pada bagian kompresor freezer hingga oli kompresornya. Berikut harga kompresor kulkas dan cara penggantiannya pada kulkas 1 pintu dan 2 pintu.

Mengenal Apa Itu Kompresor Kulkas

harga-kompresor-kulkas

Kompresor merupakan komponen utama dari sistem heat exchange pada kulkas. Cara kerjanya yaitu dengan mengambil panas yang ada di dalam kulkas, yang mana kemudian kulkas akan mengeluarkan panas dengan mentransfer cairan dan gas melalui kumparan. Proses ini membuat kulkas bisa mendinginkan makanan maupun minuman. Berikut beberapa jenis kompresor kulkas.

  1. Kompresor Piston

Komproses piston disebut sebut sebagai jenis kompresor dengan kualitas terbaik bila dibandingkan dengan jenis lainnya. Biasanya jenis satu ini banyak digunakan baik pada kulkas satu pintu maupun kulkas dua pintu. Yang mana kompresor piston memiliki tiga hingga lima buah pipa, dengan masing masing pipa yang mempunyai fungsi berbeda.

Pipa tiga buah biasanya mempunyai karakter seperti satu pipa tekan atau discharge, satu pipa hisap atau suction, dan satu pipa untuk pengisian freon. Sementara papa pipa lima buah meliputi satu pipa tekan, satu pipa hisap, satu pipa pengisian, dua pipa untuk mendinginkan oli kompresor, dan satu lagi pipa yang berada i bawah kompresor.

  1. Kompresor Rotary

Untuk kompresor rotary biasanya secara umum digunakan untuk kulkas 2 pintu. Mengenali kualitasnya sendiri terbilang masih cukup rendah. Sebab kompresor rotary memiliki ruang dudukan yang berbentuk tabung dan terbilang sempit. Inilah yang membuat harga kompresor kulkas 2 pintu satu ini cukup terjangkau.

Ketahui : Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 

Tanda Kerusakan pada Kompresor

  1. Terdengar Bunyi Dengungan pada Kompresor

Jika kompresor kulkas mengeluarkan suara dengungan sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Sebab suara dengung ini terjadi karena tegangan listrik terlalu rendah atau karena tegangan tidak stabil. Meski kulkas akan tetap menyala, namun lama kelamaan ampere kompresor akan naik kemudian disusul dengan matinya mesin kompresor tersebut.

  1. Ampere Kompresor Melebihi Batas Normal

Apabila ampere kompresor berada pada angka yang melebihi batas normal, maka ini bisa mengindikasikan bahwa kompresor kulkas sudah mulai rusak. Untuk memastikan hal ini, anda bisa mengecek tekanan freon. Karena tekanan freon dapat berpengaruh pada meningkatnya ampere tersebut pada beberapa kasus.

  1. Terdengar Suara Berisik dari Kompresor

Tidak hanya dengungan, sebaiknya harga kompresor kulkas terbaru segera anda cari apabila mendengar suara berisik dan keras dari arah kompresor. Karena ini bisa menandakan bahwa bagian tersebut sudah mulai rusak. Dan jika dibiarkan maka kompresor akan mengalami mati total. Untuk beberapa kasus, anda mungkin masih bisa memperbaikinya dengan menghubungi reparasi.

  1. Kulkas Tidak Mendinginkan Maksimal

Meski masalah kulkas yang tidak dapat mendinginkan secara maksimal bisa terjadi karena berbagai faktor, namun salah satunya juga berkaitan dengan kerusakan pada komponen termasuk pula bagian kompresor. Pendinginan yang tidak maksimal ini bisa membuat bahan makanan yang anda simpan menjadi tidak awet, dan tagihan listrik terus membengkak karena kompresor terus menyala.

Kompresor Kulkas Panas

Kompresor kulkas panas disebabkan oleh kompresor kulkas yang bekerja terlalu keras dan terlalu lama dari biasanya. Hal ini juga akan mengakibatkan tersmostat rusak. Apabila tersmostat rusak, akan menyebabkan kompresor menjadi lebih panas. Anda harus menghubungi teknisi untuk mengganti termostat kulkas.  Tidak disarankan mengganti suku cadang sendiri. Jadi sebaiknya menggunakan jasa yang sudah terlatih.

Baca Juga : Cara Pasang Kabel Kompresor Kulkas 

Harga dari Kompresor Kulkas 1 dan 2 pintu

Harga kompresor freezer ini tergantung pada merek dan tipe. Pun dengan jenis kulkas yang anda miliki apakah 1 pintu atau 2 pintu. Perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu bisa dilihat pada besar kecilnya ukuran. Karena seperti yang diketahui bahwa kulkas 2 pintu mempunyai dimensi yang lebih besar, sehingga kompresornya juga jauh lebih besar.

Berikut beberapa daftar harga kompresor kulkas bekas LG 2 pintu.

  1. Kompresor kulkas LG TCA32194301 seharga Rp. 3.338.000
  2. Kompresor kulkas LG TCA34649901 seharga Rp. 3.302.000
  3. Kompresor kulkas LG TCA36411701 seharga Rp. 2.652.000
  4. Kompresor kulkas LG M57lbeg seharga Rp. 2.600.000

Sementara harga dari kompresor kulkas 1 pintu yang berkualitas bagus bisa dilihat pada daftar berikut.

judul gambar
  1. Kompresor kulkas 1 pintu 1 ph ntk seharga Rp. 600.000
  2. Kompresor kulkas kulkas Sharp 1-8 Rp. 575.000
  3. Kompresor kulkas 1 pintu 1/8 TK 25G seharga Rp. 400.000
  4. Kompresor kulkas 1 pintu 1/8 pk seharga Rp. 290.000

Harga Kompresor Kulkas Sharp 2 Pintu

  1. Kompresor kulkas 2 pintu Sharp GMCC 1/6 PK SE45E1J seharga Rp. 795.000
  2. Kompresor kulkas 2 pintu Sharp Sha 2 seharga Rp.600.000
  3. Kompresor kulkas 2 pintu Sharp GMCC 1/4 PK seharga Rp.930.000
  4. Kompresor kulkas 2 pintu Sharp 1/6 QD52HF52HL seharga Rp.550.000

Harga yang disebutkan tersebut bisa berubah kapan saja. Selain itu, setiap toko atau penjual yang menyediakan kompresor kulkas baik 1 pintu maupun 2 pintu juga akan memasang harga yang berbeda. Bahkan anda juga bisa mencari di berbagai e-commerce untuk melihat kisaran harga yang dipasang para penjual. Carilah harga terbaik dengan kualitas yang mumpuni.

Cara Mengganti Oli Kompresor Kulkas

Setelah anda mengetahui ciri kerusakan pada kompresor, serta harga kompresor kulkas 1 pintu maupun 2 pintu. Tentu anda juga sebaiknya mengetahui cara mengganti oli kompresor kulkas tersebut. Biasanya penggantian oli dilakukan apabila masalah kompresor terletak pada kebocoran sistem. Penggantian ini akan membuat kompresor mungkin dapat digunakan kembali.

Harga oli kompresor kulkas sendiri paling tidak masih cukup terjangkau, kisaran puluhan ribu rupiah. Cara menggantinya pertama tama dengan melepaskan pipa tekan dan pipa hisap menggunakan alat las. Lepaskan baut penyangga kaki kompresor, dan buang oli lama dengan cara memiringkan kompresor ke samping hingga oli habis tak bersisa.

Siapkan oli baru di gelas ukur, lalu hidupkan kompresor dan tuang oli pada wadah gelas ukur tersebut melalui saluran hisap. Jika sudah selesai, pasang kembali kompresor dengan cara mengelas pipa pipa yang sebelumnya dilepas. Cek kembali kebocoran pada sistem setelah pengelasan selesai. Apabila sambungannya sudah baik, maka proses pemvakuman sekaligus pengisian freon bisa dilakukan.

Baca Dulu:

Berapa Ukuran Kompresor Kulkas 2 Pintu?

Untuk kulkas 2 pintu, jenis kompresor yang digunakan yaitu kompresor jenis rotary. Bentuknya mirip tabung dengan ukuran yang minimalis atau kecil. Kompresor jenis ini memiliki dudukan, berbeda dengan kompresor piston, atau kompresor yang digunakan kulkas 1 pintu.

Skema Kompresor Kulkas

Berikut skema dari kulkas dan juga skema dari kompresor kulkas :

Skema Kompresor Kulkas
Skema Kompresor Kulkas

Skema kompresor kulkas

Kenapa Kulkas Polytron Berisik?

Ada pertanyaan kenapa kulkas merk Polytron berisik ? Sebenarnya tidak cuma kulkas merk  Polytron saja yang berisik. Semua kulkas merk apapun bisa berisik.  Hal ini karena kompresornya yang telah rusak. Biasanya karena usia kulkas. Segera hubungi jasa reparasi, biar di periksa apakah harus mengganti kompresor atau tidak.

Kesimpulan :

Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak

  1. Terdengar suara berdengung
  2. Kulkas mengeluarkan suara berisik.
  3. Kulkas tidak dingin
  4. Daya arus listrik kompresor meningkat
  5. Kompresor mati

Baca Juga :

Kompresor kulkas memang menjadi salah satu komponen penting, yang begitu berpengaruh terhadap kinerja dari lemari pendingin. Oleh karena itu, jika bagian ini bermasalah maka anda sebaiknya mengatasinya segera mungkin. Jika masalahnya pada kebocoran, maka lakukan penggantian oli. Dan jika kompresor tetap tidak bisa hidup, maka penggantian komponen ini harus dilakukan.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.