Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung Digital Inverter 2 Pintu Agar Dingin

2 min read

cara mengatur suhu kulkas samsung digital inverter

Kulkas Samsung – Saat ini, masyarakat dapat menemukan berbagai macam tipe kulkas dengan mudah, baik itu kulkas 1 pintu maupun 2 pintu. Salah satunya seperti kulkas Samsung digital inverter yang banyak dipilih. Dalam penggunaannya, ternyata banyak orang yang belum mengetahui cara mengatur suhu kulkas Samsung digital inverter ini agar dingin. Berikut cara reset dan menggunakan tombolnya.

Penyebab Kulkas Samsung Digital Inverter Tidak Dingin

cara mengatur suhu kulkas samsung digital inverter

Ketika anda mencari bagaimana cara yang benar dalam mengatur suhu, biasanya lemari pendingin di rumah sedang mengalami masalah atau dalam hal ini kulkas terasa tidak dingin. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab kulkas Samsung digital inverter tidak dingin. Berikut beberapa alasannya.

  1. Freon Bocor atau Habis

Freon merupakan senyawa yang berbentuk gas atau cairan dengan kandungan bromin, klorin, atau hidrogen di dalam kulkas yang berfungsi sebagai bahan pendingin. Jika freon bocor atau sudah habis, maka bisa dipastikan bahwa lemari es anda tidak akan lagi terasa dingin atau dapat mendinginkan.

Untuk mengecek apakah freon habis atau tidak, anda dapat menyentuh pada bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill. Pada bagian ini seharusnya terasa panas ketika disentuh, sebab freon mengeluarkan panas di sana. Apabila pada bagian ini tidak terasa panas, maka kemungkinan freon sudah habis sehingga anda perlu mengisinya kembali.

  1. Menyimpan Makanan Panas di Kulkas

Cara mengatur suhu kulkas Samsung digital inverter memang bisa dilakukan untuk mendinginkan makanan atau minuman. Namun sebaiknya anda tidak langsung menyimpan makanan panas ke dalam kulkas. Sebab suhu panas yang berasal dari makanan ini bisa lebih dominan dibandingkan suhu dingin kulkas, sehingga dapat berpengaruh terhadap kinerja lemari pendingin.

  1. Ada Bunga Es Tebal

Bunga es menjadi hal wajar di dalam lemari pendingin. Namun bunga es ini tidak boleh dibiarkan terus menumpuk tanpa dibersihkan. Sebab jika sudah benar benar terlalu tebal, maka dapat menutupi bagian lubang angin. Dimana lubang angin tersebut memiliki fungsi untuk mendinginkan udara di dalam kulkas.

Ketika lubang angin tertutup, tentu makanan atau apapun yang anda simpan di dalam kulkas tidak dapat didinginkan dengan maksimal. Maka dari itu, anda perlu sesekali mengecek apakah sudah ada bunga es di dalam kulkas atau belum. Untuk mencairkan bunga es ini, anda bisa memanfaatkan kipas angin yang dinyalakan di depan kulkas ketika pintu dibuka.

  1. Terlampau Sering Membuka Kulkas

Membuka dan menutup kulkas pasti akan terjadi saat melakukan cara mengatur suhu kulkas Samsung digital inverter, atau ketika anda ingin memasukkan dan mengeluarkan makanan atau benda lainnya dari lemari pendingin. Namun tahukah anda bahwa berkali kali melakukan tindakan ini dalam satu hari ternyata juga bisa berpengaruh pada kinerja kulkas ?

Pasalnya, saat kulkas terlampau sering dibuka tutup maka dapat menyebabkan karet pintunya menjadi kehilangan kemampuan untuk melindungi dengan optimal. Sehingga pintu kulkas menjadi tertutup kurang maksimal, dan alhasil membuat udara di dalamnya menjadi keluar dan udara dingin di dalam kulkas pun akan menurun.

Mengatur Suhu Kulkas Samsung Digital Inverter 2 Pintu

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang membuat kulkas Samsung menjadi tidak dingin, maka anda perlu mengatasi masalah tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan cara reset kulkas Samsung digital inverter. Berikut cara mengatur suhunya pada kulkas Samsung 2 pintu, yang terbagi dalam pintu atas dan pintu bawah.

  1. Mengatur Suhu Pintu Atas

Untuk mengatur suhu pada pintu atas, buka pintu kulkas terlebih dahulu. Selanjutnya anda akan menemukan tombol pengatur suhu kulkas Samsung 2 pintu di sana. Apabila anda ingin freezer, maka geser tombol ke arah kanan yang akan membuat kulkas bagian atas nantinya akan full dingin. Namun jika ingin dinginnya normal bisa digeser ke tengah atau bahkan ke arah kiri.

  1. Mengatur Suhu Pintu Bawah

Cara mengatur suhu kulkas Samsung digital inverter pada pintu bawah menggunakan tombol pengatur suhu yang bentuknya diputar. Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, anda bisa memutarnya ke arah kanan jika ingin suhu maksimal. Lalu putar ke arah kiri jika ingin kulkas pintu bawah tidak terlalu dingin.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatur suhu kulkas Samsung digital inverter. Sebenarnya cara pengaturan suhu ini sudah tertera dengan sangat jelas di buku panduan. Jadi anda bisa membaca buku panduan terlebih dahulu jika masih merasa kurang yakin. Namun kurang lebih cara pengaturannya cukup mudah seperti yang telah dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *