Bagaimana Mengatur Suhu Freezer Aqua? Berapa Lama Proses Air Menjadi Es Batu Pada Freezer?

2 min read

Bagaimana cara mengatur suhu freezer Aqua? Berapa derajat suhu freezer kulkas Aqua? Bagaimana cara mengatur suhu chest freezer Box Aqua yang benar? Serta Berapa lama proses air menjadi es batu pada freezer? Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan semua perihal kulkas Aqua dari Japan ini untuk Anda. So, tetap simak artikel ini ya!


Kulkas Aqua — Chest freezer menjadi salah satu barang elektronik yang juga banyak dibutuhkan di samping penggunaan kulkas. Barang ini diperlukan untuk penyimpanan dan pembekuan berbagai bahan makanan untuk waktu yang lama. Lantas apa beda fungsi chest freezer Aqua dengan freezer kulkas Sharp 1 pintu ? Beriku penjelasannya beserta cara mengatur suhu freezer Aqua dan tipsnya agar tetap dingin.

Perbedaan Kulkas dan Chest Freezer

cara mengatur suhu freezer aqua

  1. Tingkat Suhu Maksimal Pendingin

Kulkas maupun chest freezer merupakan alat pendingin yang bisa digunakan untuk mendinginkan serta membekukan berbagai bahan makanan. Namun kedua barang elektronik ini tidaklah sama. Hal ini bisa dilihat dari tingkat suhu maksimal keduanya. Berdasarkan tingkat suhu terendah yang mampu dicapai, chest freezer masih jauh lebih tinggi bila dibandingkan kulkas.

Berapa suhu freezer kulkas Sharp 1 pintu ? Lazimnya, pengaturan suhu di dalam kulkas untuk kulkas 2 pintu diatur pada suhu 1 hingga 4 derajat celcius untuk fridge atau bagian kulkas pintu bawah. Sementara bagian freezer atau kulkas pintu atasnya, berada pada suhu di bawah titik beku air yakni hingga mencapai -16 derajat celcius.

Sementara cara mengatur suhu freezer Aqua bisa lebih dingin dari itu. Berapa derajat suhu freezer ini ? Chest freezer dapat mencapai -10 hingga -30 derajat celcius, karena pada dasarnya barang satu ini memang didesain guna membekukan air menjadi es batu. Lantas berapa lama proses air menjadi es batu pada freezer ?

Karena suhunya bisa mencapai -10 hingga -30 derajat celcius, maka air bisa menjadi es batu hanya dalam waktu sekitar 3 jam saja setelah dimasukkan ke dalam freezer. Tentunya chest freezer ini juga bisa digunakan untuk menyimpan daging untuk waktu yang lama, atau bisa sekitar 1 hingga 3 bulan.

  1. Konsumsi Daya Listrik

Mengingat bahwa penggunaan chest freezer bertujuan untuk membekukan air menjadi es batu, serta menyimpan berbagai bahan makanan dalam waktu lama. Maka chest freezer akan lebih jarang dibuka, sehingga konsumsi daya listriknya lebih rendah. Sementara kulkas sangat mungkin dibuka setiap hari yang membuat suhu kulkas naik, dan memerlukan energi untuk mengembalikan suhu.

judul gambar
  1. Ruang Penyimpanan

Selain cara mengatur suhu freezer Aqua yang berbeda dengan kulkas Sharp, ruang penyimpanan keduanya pun berbeda. Untuk kulkas, baik itu kulkas pintu 1, pintu 2, maupun model side by side, memiliki 2 ruang penyimpanan yaitu untuk mendinginkan dan bagian freezer. Sementara chest freezer hanya memiliki 1 ruang penyimpanan untuk membekukan bahan.

Cara Mengatur Suhu dan Tipsnya Agar Tetap Dingin

Cara mengatur suhu freezer box Aqua cukup melihat pada panel dari digital temperature controlnya. Fitur ini umumnya terletak pada bagian luar, yaitu di pojok bawah freezer, sehingga bisa dengan mudah ditemukan. Cara mengatur suhu chest freezer Aqua bisa dilakukan langsung pada panel tersebut, dan bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca: Tombol Pengatur Suhu Sharp 2 Pintu

Meski secara umum cara menggunakan Freezer Aqua ini tergantung dari jenis makanan yang akan disimpan, namun suhu yang disarankan untuk menyimpan makanan beku dalam jangka cukup panjang adalah kurang dari -18 derajat celcius atau lebih rendah dari itu. Cara mengatur suhu freezer Aqua yang benar dengan perawatan perangkat yang tepat, dijamin membuat freezer tetap dingin.

Di samping itu, pengaturan suhu dari chest freezer ini juga perlu mempertimbangkan dari segi jenis jenis freezernya itu sendiri yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bahkan Aqua Japan sendiri mempunyai cukup banyak model ukuran freezer yang bisa anda pilih. Sehingga mengenali jenisnya akan membuat anda dapat menggunakan freezer tersebut secara optimal.

Baca juga: 

Chest freezer dan kulkas memang sama sama berguna untuk mendinginkan makanan. Namun lebih dari itu, chest freezer dapat membekukan makanan agar dapat disimpan hingga sampai 3 bulan lamanya. Anda bisa menyimpan berbagai bahan seperti daging, es krim, asi, maupun obat obatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.