Panduan Cara Benar Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 dan 2 Pintu

2 min read

cara mengatur suhu kulkas aqua 1 pintu

Panduan pengaturan suhu kulkasKulkas yang dapat menyimpan bahan makanan agar lebih awet, membuatnya menjadi salah satu perabot elektronik rumah tangga yang begitu penting. Dalam hal ini, merek Aqua Japan bisa menjadi pilihannya. Namun sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, pilih kulkas 1 pintu atau 2 pintu. Dan bagaimana cara mengatur suhu kulkas Aqua 1 pintu atau 2 pintu ini ? Simak selengkapnya berikut.

Mengenal Kulkas 1 dan 2 Pintu

Dalam kehidupan sehari hari, mungkin memahami pengertian lebih dalam mengenai kulkas dan pintu kulkas ini bukan termasuk hal yang begitu penting. Namun dalam keperluan jual beli kulkas, lebih baik untuk mengetahuinya agar mendapatkan produk terbaik. Sebab terkadang orang juga memiliki pendapat berbeda mengenai pengertian terkait apa itu kulkas.

cara mengatur suhu kulkas aqua 1 pintu

Ada sebagian yang beranggapan bahwa freezer (kompartemen pembeku) merupakan bagian dari kulkas itu sendiri, sementara sebagian lainnya menganggap bahwa kulkas adalah bagian cooler (pendingin) saja. Dimana freezer tersebut adalah bagian kulkas yang memiliki suhu lebih dingin dan digunakan untuk penyimpanan bahan lebih lama, sementara cooler suhunya cenderung lebih tidak dingin.

Tidak hanya dua bagian kulkas itu saja yang dipandang dalam berbeda arti. Terkait dengan jumlah pintu kulkas hingga cara mengatur suhu kulkas Aqua 1 pintu atau 2 pintu pun juga terdapat perbedaan. Sebab ada juga orang yang tidak menganggap bahwa pintu freezer adalah pintu tersendiri.

Baca: Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung Digital Inverter

Jadi jika terdapat kulkas dengan 1 pintu atas dan 1 pintu bawah yang salah satunya merupakan freezer, maka ini dikelompokkan sebagai kulkas 1 pintu. Sehingga jika membicarakan kulkas 2 pintu, maka merujuk pada model lemari es dengan 3 pintu yang mana 2 pintunya untuk kompartemen pendingin dan 1 lagi untuk kompartemen pembeku.

Di masyarakat Indonesia sendiri, kulkas 2 pintu sepakat digunakan sebagai penyebutan pada lemari pendingin dengan model freezer atas atau freezer bawah. Sedangkan untuk lemari es yang memiliki 2 pintu pendinginan saling berdampingan, lebih sering disebut dengan nama kulkas side by side alih alih kulkas 2 pintu.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

tombol pengatur suhu kulkas aqua 1 pintu
Tombol pengatur suhu kulkas Aqua 1 pintu

Kulkas 1 pintu bisa dibilang sebagai model lemari pendingin yang sangat populer di kalangan masyarakat karena kepraktisannya. Dimana kulkas 1 pintu ini mempunyai bagian pembeku dan pendingin yang menyatu di dalam kulkas dengan sekat pemisah. Jadi cukup membukanya sekali saja, maka anda dapat mengakses kedua bagian tersebut secara bersamaan.

Baca Juga: Pengatur Suhu Kulkas Polytron 2 Pintu

Cara mengatur suhu kulkas Aqua 1 pintu sangatlah mudah. Karena ketika satu satunya pintu yang ada pada lemari pendingin, anda langsung dapat menemukan tombol pengatur suhu kulkas Aqua 1 pintu tersebut. Di sini, anda dapat mengatur suhu kulkas min atau max dimana min berada pada angka 1 dan max berada pada angka 7.

Tombol pengaturan suhu pada kulkas Aqua memang dituliskan dalam angka 1 hingga 7, dengan model yang dapat diputar. Untuk penggunaan biasa atau normal, sebaiknya atur tombol pada posisi 3. Sedangkan suhu posisi min atau max hanya digunakan ketika anda butuh untuk menyimpan makanan pada suhu lebih rendah atau lebih tinggi.

Baca Dulu: Harga Kompresor Kulkas

Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 2 Pintu

Cara menggunakan kulkas baru merk Aqua dengan model 2 pintu sejatinya tidak begitu jauh berbeda dengan kulkas 1 pintu, hanya saja pada lemari pendingin model ini mempunyai bagian pendingin dan bagian pembeku yang terpisah. Sehingga bagian freezernya pun lebih luas bila dibandingkan kulkas 1 pintu.

pengaturan suhu kulkas 2 pintu
Pengaturan suhu kulkas 2 pintu Aqua

Namun secara fungsi, penggunaan dari kulkas 2 pintu dan 1 pintu terbilang sangat mirip. Cara mengatur suhu kulkas Aqua 2 pintu bisa dilakukan pada tombol pengaturan suhunya. Dimana tombol pengaturan suhu kulkas 2 pintu ini ada di masing masing pintu, sehingga jumlahnya ada 2.

Baca Dulu: Tombol Pengatur Suhu Kulkas Sharp 2 Pintu

Untuk bagian pendinginnya, sama persis dengan tombol pengaturan suhu yang ada pada kulkas 1 pintu. Anda dapat menemukan tombol pengatur suhu dengan rentang angka 1 hingga 7 yang dapat diputar. Atur pada posisi 3 untuk mendapatkan suhu normal, dan atur pada posisi min atau max sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk bagian pembekuan atau freezer, pengatur suhu lazimnya memiliki bentuk yang bisa digeser dengan rentang angka 1 hingga 7 pula. Untuk penggunaan biasa, maka atur knob udara di posisi 4. Sedangkan cara mengatur suhu kulkas Aqua 2 pintu untuk pendinginan dalam waktu singkat, bisa diletakkan pada posisi max. Lebih jelasnya, lihat pada buku panduan kulkas Aqua 2 pintu.

Baca Juga:

Jadi, baik kulkas 1 pintu maupun 2 pintu sebenarnya sama bagusnya karena fungsi dari kedua barang ini adalah sama. Hanya saja, kulkas 2 pintu tentu memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih besar. Sedangkan kulkas 1 pintu unggul karena kepraktisannya dan harganya lebih terjangkau. Oleh karena itu, anda bisa memilih kulkas Aqua yang hendak dibeli berdasarkan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *