Bagian Rice Cooker & Fungsinya, Sistem Kontrol, Lengkap dengan Gambar

2 min read

Apa itu rice cooker? Apa saja apa itu rice cooker? Bagaimana sistem kontrol pada rice cooker bekerja? Yuk simak artikel kali ini mengenai rice cooker lengkap dengan gambar bagian-bagiannya! Cekidot!


bagian bagian rice cooker dan fungsinya

Anda tentu cukup familiar dengan rice cooker bukan? Salah satu alat dapur otomatis yang didesain untuk memudahkan penggunanya ini memiliki fungsi layaknya kompor. Meski demikian, nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui komponen alat ini secara pasti. Untuk itu, berikut jabaran informasi terkait apa itu rice cooker hingga bagian bagian rice cooker dan fungsinya.

Apa Itu Rice Cooker

Pemahaman tentang rice cooker seringkali dikenal dengan sebuah alat yang digunakan untuk memasak nasi. Padahal alat ini memiliki perangkat elektronik yang cukup rumit guna menghasilkan suhu panas yang pas untuk memasak. Bagian bagian rice cooker dan fungsinya pun lebih banyak diabaikan dibandingkan dengan fungsi utama alat ini untuk memasak.

Menariknya, rice cooker yang dianggap sebagai bagian dari perkembangan teknologi masa kini ternyata memiliki sejarah kuno terkait. Istilah rice cooker yang digunakan untuk alat dapur ini bahkan sempat digunakan untuk perangkat uap keramik pada tahun 1250 SM yang saat ini masih dipamerkan di British Museum. Tentu saja, bagian rice cooker juga disematkan pada alat yang satu ini.

Meski demikian, istilah rice cooker yang digunakan untuk saat ini diberikan pada sebuah alat dapur yang dikembangkan di Jepang. Rice cooker atau kompor nasi listrik ini lebih sering dikenal dengan nama ‘Pressure Cookers Suihanki’ di Jepang. Disini, sistem kerjanya lebih mengedepankan bagian bagian rice cooker dan fungsinya untuk menghasilkan nasi.

Gambar Bagian Bagian Rice Cooker

Rice cooker sebagai alat memasak otomatis memiliki tak hanya terdiri dari satu komponen. Namun, komponen lengkap yang terdapat pada bagian rice cooker ini ternyata memiliki fungsi penting yang jarang disadari. Anda bahkan dapat mengamati gambaran bagian umum berikut untuk mengetahui fungsi penting dari setiap komponennya.

bagian bagian rice cooker dan fungsinya
Bagian bagian rice cooker dan fungsinya
  1. Steam Release

Steam release merupakan bagian komponen yang terdapat pada bagian tutup atas. Hal ini memiliki fungsi penting untuk mengeluarkan uap air hasil pemasakan yang dapat mencapai suhu 100 derajat celcius ketika mendidih.

  1. Float Valve

Float valve juga berada tak jauh dari steam release karena berfungsi untuk mengatur buka tutupnya steam release. Katup ini bahkan dapat berfungsi secara otomatis untuk mengatur pengeluaran uap air sesuai dengan suhu yang terdapat di dalam rice cooker.

  1. Lid Fin

Komponen ini juga tak kalah penting karena berfungsi sebagai kunci kedua pada bagian kiri dan kanan kompor nasi otomatis.

  1. Inner Pot

Selanjutnya, inner pot adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut panci. Inner pot memiliki fungsi penting untuk menampung nasi dan air yang hendak dimasak.

judul gambar
  1. Heating Element

Heating element menjadi komponen paling utama. Lazimnya, heating element inilah yang berfungsi untuk memberikan energi panas dalam proses pemasakan.

  1. Exterior Pot

Adapun komponen exterior pot adalah komponen yang berfungsi untuk menerima panas dari heating element. Sehingga akan disalurkan ke bagian inner pot.

  1. Cooker Handle

Cooker handle termasuk salah satu bagian rice cooker yang berfungsi untuk pemindahan alat ini sendiri.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Yongma Digital

  1. Lid Fin Slot

Kemudian, lid fin slot berada pada posisi yang menyatu dengan cooker handle sebagai tempat masuknya lid fin.

  1. Cooker Housing

Komponen cooker housing sendiri merupakan sebuah rumah yang digunakan untuk melekatkan semua bagian penting dari rice cooker.

  1. Spoon Shelf

Untuk spoon shelf berfungsi sebagai tempat penyimpanan spoon/centong pada bagian pinggir.

  1. Base And Heating Unit

Base and heating unit juga tak kalah penting sebagai rumah komponen heating element.

  1. Control Panel

Adapun control panen adalah sebuah tombol yang digunakan untuk mengatur suhu rice cooker ketika memasak atau menghangatkan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Rice Cooker Nasi Cepat Basi

  1. Control Box

Untuk control box berfungsi sebagai rumah dari control panel.

   14.  Lid

Lid sendiri merupakan penutup dari inner pot.

  1. Lid Open/Close Mark

Disini lid open/close mark memberi pertanda apakah tutup lid dalam kondisi terbuka atau tertutup.

  1. Lid Handle

Selanjutnya, lid handle berfungsi sebagai pegangan yang dapat membantu anda untuk membuka atau menutup rice cooker.

  1. Power Cable

Power cable adalah kabel yang berfungsi sebagai penyalur daya listrik untuk memasak.

  1. Condensation Collector

Berikutnya, condensation collector juga tak kalah penting karena menjadi bagian rice cooker untuk mengumpulkan uap agar tidak menetes ke nasi.

Sistem Kontrol Pada Rice Cooker

sistem kontrol pada rice cooker
Sistem kontrol pada rice cooker

Meskipun bagian bagian rice cooker dan fungsinya sangat menguntungkan, alat ini cukup berbahaya jika tidak hati-hati. Untuk itu, sistem kontrol rice cooker dihadirkan dengan mengaitkan semua komponen agar dapat menjamin keselamatan pengguna. Terlebih lagi alat ini dapat mencapai suhu 100 derajat celcius ketika memasak dan 65 derajat celcius ketika menghangatkan nasi.

Baca Dulu:

Hampir setiap orang seringkali menyepelekan pemahaman fungsi pada setiap komponen rice cooker. Yang terpenting alat ini bisa digunakan untuk memasak nasi dengan praktis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal, komponen ini memiliki keterkaitan satu sama lain dan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan apabila ada komponen yang rusak.

Demikian ulasan Hometronik kali ini , semoga bermanfaat, bye-bye …!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.