Cara Memperbaiki Tombol Rice Cooker Miyako, Philips, Magic Com Tidak Bisa Jeglek

2 min read

cara memperbaiki tombol rice cooker

Cara memperbaiki tombol rice cooker bagi orang awam pastinya akan begitu sulit. Seperti memperbaiki rice cooker Miyako, Philips atau magic com tidak bisa jeglek. Namun sebagai pengetahuan sebagai orang awam mungkin perlu tahu sedikit ya. Sedangkan bagi teknisi, pastinya sudah cukup menguasai penyebab dan cara memperbaiki rice cooker atau magic com yang bermasalah.


cara memperbaiki tombol rice cooker

Hometronik.web.id — Rice cooker atau magic com yang begitu memudahkan dalam menanak nasi bisa dibilang seperti sahabat baik bagi para ibu bekerja yang tidak punya banyak waktu. Pasalnya piranti ini dapat menyiapkan nasi dengan cepat dan selalu menjaganya tetap hangat. Namun bagaimana jika tombol rice cooker rusak ? Berikut simak cara memperbaiki tombol rice cooker rusak dan beberapa masalah lainnya.

Cara Memperbaiki Tombol Rice Cooker Miyako Philips

Pentingnya Menutup Rapat Rice Cooker

Cara membuka tutup rice cooker Philips memang sama mudahnya dengan cara menutupnya. Namun anda perlu memastikan bahwa rice cooker tidak dibiarkan terbuka dalam waktu lama tanpa pengawasan. Pasalnya rice cooker yang tidak tertutup rapat bisa mengakibatkan berbagai permasalahan.

Contohnya berpotensi mengundang berbagai hewan kecil hinggap dan masuk ke dalam rice cooker, seperti lalat, cicak, kecoa, atau serangga kecil lain. Selain itu, rice cooker yang tidak tertutup rapat juga rentan membuat nasi menjadi lebih mudah basi. Karena celah yang ada akan menjadi jalan keluar masuknya udara dari luar, yang akan mengganggu suhu di dalam magic com.

Padahal rice cooker seharusnya menjaga suhu uap di dalamnya agar dapat menjaga daya tahan nasi. Sehingga apabila cara memperbaiki tombol rice cooker tidak segera dilakukan, maka nasi akan cepat berair dan basi lantaran suhu di dalam magic com yang terganggu. Tentu hal seperti ini akan sangat merepotkan.

Baca Dulu: Perbedaan Rice Cooker Philips 3128 & 3132

judul gambar

Cara Memperbaiki Magic Com Tidak Bisa Jeglek

Sebagai cara memperbaiki magic com tidak bisa jeglek, pertama tama:

  • Anda perlu membuka tutup magic com terlebih dahulu dengan melepas baut ulir yang terletak di bagian bawah tutup.
  • Lepas juga baut yang ada di penutup engsel bagian belakang.
  • Setelah itu, congkel tersebut dengan menggunakan obeng minus.
  • Lakukan pencongkelan secara perlahan agar tidak ada goresan atau lecet yang tercipta pada bagian tutup rice cookernya anda.
  • Biasanya masalah yang terjadi ketika tombol tidak bisa jeglek adalah karena tombol pengunci tersebut patah.
  • Jika demikian, maka ambil dan lepas sisanya yang masih menempel pada bagian engsel pengunci.

Kemudian untuk langkah berikutnya:

  • Coba sambungkan kembali tombol yang patah tersebut agar dapat digunakan kembali. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit lem A di bagian permukaan yang patah. Satukan kedua bagian tersebut menggunakan lem A dan tunggu sampai lem kering.
  • Apabila lem dirasa masih kurang, cara memperbaiki tombol rice cooker bisa ditambah dengan melapisinya menggunakan tisu yang digulung membentuk stik.
  • Tempel tisu tersebut dan lem pada tombol rice cooker.
  • Tunggu kembali sampai lem menjadi kering, baru tombol pengunci bisa anda pasang kembali pada rice cooker.

Baca Juga: Harga Magic Com Philips HD 3119, 3132, 3115

Masalah Lain pada Rice Cooker

Selain masalah tombol rice cooker yang patah dan tidak bisa jeglek, ada berbagai permasalahan lain yang seringkali dialami oleh para pengguna. Dimana permasalahan tersebut membuat bisa berdampak pada nasi yang dihasilkan. Mulai dari nasi gosong atau justru tidak matang, nasi berair dan cepat basi, sampai nasi yang menjadi kuning dan bau.

Nasi Gosong, Berair Dan Cepat Basi

Untuk nasi yang menjadi gosong atau malah tidak matang, biasanya terjadi diakibatkan oleh kerusakan pada bagian pembatas suhu atau temperature limiter. Kerusakan tersebut membuat elemen pemanas tidak teraliri oleh listrik, sehingga nasi tidak bisa matang. Hal sebaliknya juga dapat terjadi ketika temperature limiter rusak.

Ketahui: Kelebihan & Kekurangan Magic Com Yongma Digital

Dimana pembatas suhu tersebut membuat kontak mikro switch tidak terputus, padahal nasi sudah matang, alhasil nasi pun menjadi gosong. Sedangkan nasi berair dan cepat basi selain diakibatkan oleh magic com yang tidak tertutup rapat, juga bisa terjadi karena elemen pemanasnya yang rusak.

Memperbaiki Masalah Lain pada Rice Cooker Miyako, Philips

Selain cara memperbaiki tombol rice cooker, cara memperbaiki rice cooker Miyako yang mengalami masalah lain seperti elemen pemanas rusak dan lain sebagainya sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Anda hanya perlu membongkar magic com dan mengganti bagian komponen yang rusak. Hanya saja, diperlukan ketelitian dan perlakuan yang ekstra hati hati ketika melakukannya.

Baca Juga: Perbedaan Yong Ma SMC 8027 & 8017

Masalah pada rice cooker mungkin sedikit kompleks bagi orang awam. Karena masalahnya sudah tentu ada di dalam body piranti tersebut, sehingga memperbaikinya pun diperlukan pembongkaran. Apabila dirasa terlalu sulit, anda bisa langsung membawanya ke ahli untuk perbaikan. Tentunya perawatan yang memadai juga harus diterapkan untuk mencegah berbagai kerusakan.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.