Cara Memperbaiki Magic Com yang Konslet Tidak Mau Menyala

2 min read

Cara memperbaiki Magic Com yang konslet

Magic com atau dikenal juga dengan nama rice cooker merupakan salah satu alat elektronik yang dibutuhkan untuk memasak nasi. Beberapa dari Anda tentunya pernah mengalami ketika magic com tiba-tiba konslet atau tidak bisa digunakan. Anda tentunya bertanya-tanya apa penyebab magic com rusak? serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Untuk mengetahui hal tersebut Anda perlu membaca ulasan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Magic Com yang Konslet

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Rice Cooker Nasi Tidak Cepat Basi 

Cara Memperbaiki Magic Com Yang Konslet

Magic com telah menjadi salah satu perabot rumah tangga yang memang paling dibutuhkan. Hal itu wajar saja, karena memang tiap hari kita memerlukan alat tersebut untuk memasak nasi serta menghangatkan makanan.

Bahkan banyak anak kos yang saat ini sudah mulai memanfaatkan magic com untuk membuat roti bakar. Mengingat betapa pentingnya magic com tentu akan jadi masalah jika alat yang satu ini tiba-tiba tidak bisa bekerja. Jika rusak, maka mau tidak mau di sini Anda tidak akan dapat memasak nasi di rumah.

Tapi sebelum Anda membawa magic com tersebut ke tempat service, sebaiknya di sini Anda mencoba memperbaiki lebih dahulu. Serta Anda coba cari tahu sendiri kenapa rice cooker tidak mau menyala.

Baca Juga :

Cara memperbaiki magic com yang konslet sebenarnya cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Umumnya kerusakan magic com atau rice cooker ini bisa terjadi pada bagian sekring termal. Tapi sebelum Anda menyimpulkan kerusakan tersebut, maka pastikan lebih dahulu Anda sudah memeriksa bagian-bagian lain.

judul gambar

Berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kerusakan pada magic com dan cari tahu kenapa rice cooker tidak mau menyala.

  • Anda periksa komponen saklar, konektor listrik, kabel sambungan serta thermostat
  • Bersihkan karat yang menempel di bagian baut sambungan kabel memakai minyak tanah
  • Pastikan pegas dan tuas termostat bekerja secara baik. Thermostat adalah bagian penting karena berfungsi untuk memindahkan mode dari memasak ke memanaskan ketika nasi di sini sudah matang
  • Periksa elemen penanak nasi memakai multimeter. Jika elemen tersebut putus atau saat jarum multimeter diam pada posisi X1 saat dites, itu artinya magic com Anda sudah tidak bisa lagi di pakai.

Anda buka cover dari magic com dan cobalah cek daya atau arus listrik pada perangkat magic com tersebut. Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah elemen kelistrikan yang terdapat pada rice cooker masih berfungsi atau tidak. Caranya yaitu Anda hanya tinggal menempelkan ujung probe tester pada bagian elemen negatif yang terdapat pada magic com.

Jika di sini ohmmeter tidak bergerak, artinya magic com tersebut tak lagi mempunyai daya listrik. Setelah Anda memastikan bahwasanya tak ada arus listrik di dalam magic com tersebut, maka saatnya Anda membongkar sekring thermal.

Sekring thermal yaitu berupa kawat yang dibalut dengan karet kabel yang berwarna putih. Letak dari sekring termal ini berada di antara elemen negatif dan juga tuas. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara yang bisa dilakukan untuk Anda membongkar sekring termal pada rice cooker. Caranya yaitu antara lain:

  • Anda ambil obeng kemudian gunakan obeng tersebut untuk membuka salah satu ujung sekring termal
  • Jika sudah maka berikutnya Anda ambil ohmmeter kemudian Anda tempelkan ujung probe meter pada bagian kawat sekring termal
  • Jika jarum pada ohm meter tersebut tidak bereaksi, itu artinya sakering termal benar-benar sudah rusak
  • Solusi dan cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan Anda mengganti sekring termal dengan sekring termal yang baru.

Ketahui :

Itu ulasan mengenai cara memakai Magic Com yang konslet. Semoga bermanfaat ya!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.