Cara Membuat Rangkaian 1 Lampu LED Berkedip Tanpa IC

1 min read

cara membuat 1 lampu led berkedip

Rangkaian lampu LED yang berkedip merupakan sebuah rangkaian yang simpel sebagai cara untuk membuat satu lampu LED tersebut berkedip atau lebih. Rangkaian ini memang seringkali dipakai untuk layar digital yang menyuguhkan sebuah tulisan atau gambar sebagai sarana informasi elektronik atau sebagai perangkat elektronik dekorasi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membuat 1 lampu LED berkedip.

Cara Membuat 1 Lampu LED Berkedip

Baca Dulu : Cara Membuat Lampu LED Strip Mengikuti Musik 

Membuat Satu Lampu LED Berkedip

Untuk membuat satu lampu LED berkedip bisa dilakukan dengan cukup mudah. Tapi sebelum itu Anda harus mengetahui lebih dahulu apa itu LED. LED itu sendiri merupakan sebuah singkatan dari Light Emitting Diode. Yaitu merupakan salah satu dari banyaknya jenis dioda dielektronika daya.

LED bisa bekerja seperti halnya dioda di dalam melakukan penghambatan arus yang mengalir dari arah berlawanan serta melewatkan arus yang mengalir melalui arah yang benar-benar diinginkan. Tak seperti dioda umumnya, LED di sini bisa memancarkan cahaya saat arus bias maju mengalir melaluinya hingga tak ada lagi arus yang mengalir.

Cara Membuat Lampu LED Berkedip Tanpa IC

Tadi dioda mempunyai arus minimum untuk bisa dipakai bergantung terhadap ukuran serta mempunyai batas halus yang bisa dilewatkan sebelum rusak jika di sini terlalu tinggi. Terdapat beragam cara untuk membuat satu lampu LED berkedip. Anda bisa menggunakan cara membuat lampu LED berkedip tanpa IC, atau Anda juga bisa menggunakan cara-cara lain.

Untuk lebih mengetahui bagaimana cara membuat lampu LED berkedip, maka Anda perlu membaca uraian yang akan diberikan di bawah ini hingga tuntas. Anda bisa mencoba metode dengan memakai relay sederhana. Di bawah ini akan diberikan cara untuk membuat satu lampu LED berkedip dengan metode yang dirasa paling efektif, yaitu dengan memakai relay.

Relay itu sendiri adalah sebuah perangkat elektromagnetik dasar yang sering dipakai untuk pensaklaran elektrik. Relay nantinya dapat mematikan ataupun menghidupkan arus yang besar hanya dengan memerlukan arus yang kecil. Bagian utamanya sendiri terdiri atas bagian elektromagnetik, yaitu berupa lilitan koil sebagai magnet sementara dan juga sebuah kontak yang terhubung di dalam sebuah pegas.

Baca Juga :

judul gambar

Penjelasan paling mudahnya yaitu saat koil teraliri oleh sebuah arus maka koil akan jadi magnet dan menarik kontak mendekatinya. Saat arus di sini tak lagi mengaliri koil, maka medan magnetik nantinya akan menghilang dan kontak pun akan tertarik oleh sebuah pegas serta kembali ke posisi asalnya.

Pemanfaatan sederhana bisa Anda lihat pada gambar, dimana nantinya Anda akan memakai sebuah relay, LED resistor dan sumber tegangan DC.

Cara Membuat Lampu LED Berkedip Tanpa IC

Rangkaian di atas itu termasuk dalam fase awal di mana koil belum teraliri oleh arus listrik dari sebuah baterai. Sedangkan untuk rangkaian yang akan diberikan pada gambar di bawah ini menunjukkan fase kedua, di mana nantinya koil sudah dialiri oleh sebuah arus serta menarik kontak, kemudian akan mengalirkan arus ke lampu LED.

Rangkaian Koil Sudah Dialiri Arus

Setelah itu kontak akan kembali menuju ke posisi awal setelah akhirnya ditarik oleh pegas ketika koil tidak teraliri arus. Dan rangkaian kembali seperti pada gambar tersebut. Dua fase ini akan berulang terus. Jika transisi LED terjadi terlalu cepat, maka di sini Anda bisa memanfaatkan penunda waktu dari sebuah kapasitor dan resistor dengan menggunakan prinsip pengisian kapasitor.

Ketahui :

Itulah tadi penjelasan mengenai bagaimana cara membuat rangkaian lampu LED berkedip. Di sini Anda bisa mempraktekkan sendiri untuk rangkaian lampu LED berkedip 12 volt di rumah.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.