Rangkaian Lampu TL 2 Trafo 36 Watt Dengan Ballast

1 min read

rangkaian lampu tl 2 trafo

Yuk, Ketahui Rangkaian Lampu TL 2 Trafo. Dari berbagai macam jenis lampu, Tube Luminescent atau disingkat juga dengan TL adalah salah satu yang memang paling banyak digemari, baik itu untuk rumah maupun perkantoran. Sering disebut dengan tube lamp karena memang bentuknya yang menyerupai tabung. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai rangkaian lampu TL 2 trafo. Maka berikut akan diolah secara lebih lengkap.

Rangkaian Lampu TL 2 Trafo

Baca Dulu : Rangkaian Lampu TL 36 Watt

Rangkaian Tube Luminescent

Lampu TL memang dianggap jauh lebih hemat energi jika dibandingkan dengan lampu lainnya. Salah satu yang paling banyak dipakai yaitu rangkaian lampu TL 36 watt. Banyak sekali yang menggunakan rangkaian lampu tersebut dan juga cara merakitnya terbilang mudah.

Rangkaian TL merupakan jenis penerangan yang memiliki bentuk tabung atau sering juga dikenal dengan nama pencahayaan pendar. Pencahayaan listrik tersebut memakai energi dari lapisan fluorescent sebagai pemancar cahaya, serta gas NEON saat di sini terjadi arus listrik.

Perangkat tersebut memang bekerja dengan diisi oleh gas. Saat elektroda menerima tegangan yang tinggi, maka gas tersebut nantinya akan mengalami ionisasi dan mengakibatkan elektron yang terdapat pada gas bergerak serta menghasilkan lapisan fluorescent di lapisan tabungnya.

Karakteristik TL

Terdapat karakteristik khusus dari jenis penerangan yang satu ini. Karakteristik tersebut yaitu di sini mampu menghasilkan cahaya output per watt daya yang jauh lebih besar jika harus dibandingkan dengan lampu biasa atau incandescent lamp. Bahkan sebuah penelitian memperoleh hasil bahwasannya sebanyak 32 watt lampu TL bisa menghasilkan cahaya sebanyak 1700 lumens.

Sedangkan hal itu berbeda untuk 75 watt lampu bohlam biasa yang di sini hanya mampu menghasilkan 120 lumen saja. Sehingga bisa disimpulkan di sini bahwasanya perbandingan tingkat efisiensi kedua jenis pencahayaan tersebut memang cukup jauh, yaitu 53 : 16.

Efisiensi itu sendiri artinya intensitas cahaya yang mampu dihasilkan kemudian dibagi dengan daya listrik yang dipakai.

Baca Juga :

Rangkaian Lampu TL 36 Watt

Mungkin beberapa dari kamu penasaran mengenai bagaimana cara merakit rangkaian lampu TL 36 watt. Untuk mengetahuinya maka simak langkah-langkah yang akan diberikan di bawah ini.

judul gambar

Rangkaian Lampu TL 36 Watt

  • Kabel AC dipasang di lampu TL bagian kanan sedangkan untuk kabel trafo di bagian kiri.
  • Untuk kabel biru kamu pasangkan di bagian starter.
  • Sedangkan untuk kabel hijau kamu masuk ke bagian kanan.
  • Untuk bagian kabel merah kamu masukkan ke jalur trafo.

Selanjutnya yaitu akan dijelaskan mengenai bagaimana merakit rangkaian lampu TL 2 ballast. Balas itu sendiri memiliki peran untuk memberikan sumber tegangan yang bisa digunakan dalam menyalakan lampu TL dari tegangan AC sebesar 220 volt.

Rangkaian Lampu TL 2 Ballast

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara merakit lampu TL memakai dua ballast, maka kamu perlu memperhatikan langkah-langkah yang akan diberikan di bawah ini.

  • Kamu install sumber tegangan dari dua kabel. Setelah itu kamu hubungkan dengan kedua ballast, kencangan baut supaya di sini tidak longgar.
  • Kamu koneksikan kabel kiri dengan ballast yang terdapat di bagian kanan, kemudian kencangkan baut secara hati-hati supaya di sini tidak pecah.
  • Koneksikan kabel yang terdapat di fitting sebelah kiri ke bagian ballast yang terdapat di bagian sebelah kanan, begitu pula sebaliknya. Jika sudah, pastikan baut tersebut telah kamu kencangkan.
  • Pasang kabel fitting yang terdapat di bagian kiri ke starter bagian kanan, begitu juga sebaliknya.
  • Jika sudah kamu gunakan kap pemantul cahaya serta pasang TL di bagian kanan dan juga bagian kiri.

Ketahui :

Demikianlah ulasan tentang rangkaian lampu TL 2 Trafo. Semoga bermanfaat ya!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.