Rangkaian Lampu TL LED Tanpa Ballast & Starter

1 min read

lampu tl tanpa ballast dan starter

Terdapat banyak jenis dan macam rangkaian lampu. Salah satu rangkaian lampu yang banyak sekali digunakan yaitu rangkaian lampu TL. Beberapa dari Kamu pastinya masih belum mengetahui apa sebenarnya lampu TL tersebut. Untuk mengetahui mengenai apa itu lampu TL serta lampu TL tanpa ballast dan starter, maka kamu perlu membaca uraian yang akan diberikan di bawah ini.

Lampu TL Tanpa Ballast dan Starter

Baca Dulu : Rangkaian Lampu TL 36 Watt 

Lampu TL Tanpa Stater dan Ballast

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya memang saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai lampu TL. Mayoritas orang menganggap bahwasanya lampu TL tersebut merupakan lampu neon. Namun sebenarnya anggapan tersebut kurang begitu benar, tapi tidak juga salah. Terdapat beberapa arti yang kurang tepat terkait dengan pengertian dari lampu TL tersebut.

Lampu TL merupakan singkatan dari Tube Luminescent yang di sini termasuk sebuah lampu yang mempunyai bentuk tabung hampa. Di mana untuk tiap ujungnya terdapat dua pasang kawat pijar atau yang umum disebut dengan coil. Prinsip kerja dari lampu TL ini memang tidak berbeda jauh dari lampu pijar pada umumnya.

Lampu TL juga umum dikenal dengan sebutan lampu Fluorescent atau disebut juga dengan Tube Lamp. Di dalam tabung lampu tersebut terdapat zat merkuri dan juga gas argon yang mempunyai tekanan tidak terlalu tinggi.

Saat arus listrik mengalir ke bagian dalamnya, maka nantinya elektron akan mulai berpindah dari bagian ujung yang satu ke ujung-ujung lain. Setelah nantinya elektron tersebut bertabrakan dengan zat tersebut dan elektron kembali normal, maka saat itulah akan mulai muncul pijaran cahaya.

Baca Juga :

Bisakah lampu TL tanpa ballast?

Biasanya di sini sebuah lampu TL akan membutuhkan adanya starter dan juga ballast agar di sini lampu dapat menyala dengan lebih baik. Tapi terdapat juga cara yang sederhana bisa dilakukan supaya lampu TL tersebut bisa bekerja dengan lebih optimal tanpa menggunakan starter dan juga ballast.

judul gambar

Apakah fungsi starter pada lampu TL?

Fungsi starter pada lampu TL

Fungsi dari starter itu sendiri memang untuk menyalakan lampu TL. Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana menggunakan lampu TL tanpa harus adanya starter dan balas, maka berikut akan dijelaskan secara singkat.

Komponen yang Diperlukan untuk Membuat Rangkaian Lampu TL Tanpa Starter dan Ballast

lampu tl tanpa ballast dan starter

Adapun cara yang dapat kamu praktekkan supaya lampu TL nantinya bisa menyala tanpa starter dan ballast, maka diperlukan sebuah rangkaian elektronika yang sederhana. Rangkaian tersebutlah yang nantinya akan memiliki fungsi sebagai pemanas elektron agar lampu TL bisa berpijar. Berikut ini adalah skema rangkaian lampu TL led tanpa ballast.

rangkaian lampu tl led tanpa ballast

Daftar komponen-komponen yang akan Kamu perlukan antara lain yaitu:

  • 1 Resistor 680 K / 1 Watt
  • 1 Kapasitor 330 nF / 400 Volt
  • 1 Resistor 100 K / 1 Watt
  • 1 Resistor 100 ohm / 5 Watt
  • 1 Resistor 56 K / 1 Watt

Itulah tadi komponen-komponen yang kamu butuhkan untuk membuat rangkaian lampu TL tanpa menggunakan ballast dan juga trafo. Pastikan kamu menyiapkan semua komponen yang dibutuhkan tersebut agar nantinya rangkaian bisa bekerja dengan sempurna.

Ketahui :

Demikianlah informasi singkat mengenai rangkaian lampu TL tanpa starter dan juga ballast yang penting untuk diketahui. Perlu untuk kamu perhatikan bahwasanya di sini kamu perlu menjauhkan rangkaian lampu TL tersebut dari grounding. Kamu perlu membuat rangkaian serapi mungkin supaya di sini tidak terjadi konsleting. Semoga informasi tentang lampu TL tanpa ballast dan starter yang telah diberikan di atas bisa berguna untuk kamu sekalian.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.