Cara Setting USB di TV Sharp Aquos Agar Terbaca

2 min read

cara setting usb di tv sharp aquos

Cara setting USB di TV Sharp Aquos berguna untuk melihat film, musik, maupun foto yang tersimpan di flashdisk. Namun, kadang muncul masalah, misalnya tidak tahu cara memutar video di TV Sharp Aquos atau USB tidak bisa menyambung ke TV.

Cara Setting USB di TV Sharp Aquos

Ada beberapa hal kenapa video di USB tidak terbaca di TV? Penyebabnya bisa jadi karena adanya kotoran, port USB yang rusak, dan sebagainya. Agar tidak penasaran, berikut beberapa cara mengatasi permasalahan USB tersebut.

Baca Dulu : Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS

Apakah Sharp Aquos Bisa Pake USB?

Teknologi Smart TV membuat fungsi televisi di masa kini bukan cuma menampilkan gambar siaran saja, namun bisa jadi perangkat multimedia. Bagaimana tidak, perangkat tersebut sudah dilengkapi fitur-fitur canggih, seperti HDMI, USB, dan sebagainya.

TV Sharp Aquos termasuk Smart TV yang telah dilengkapi oleh fitur built-in port USB. Fungsi USB di TV Sharp Aquos ialah memanfaatkannya untuk menonton video/film, mendengarkan musik, juga melihat foto yang tersimpan di flashdisk.

Televisi ini mampu membaca berbagai format video untuk TV LED Sharp Aquos, seperti MPEG2-PS, VOB, MP4, MOV, MKV. TV Sharp Aquos juga mengenali format audio MP3, WMA, AAC, WAV serta format image JPEG.

Sayangnya, penggunaan port USB pada unit TV Sharp terkadang tidak berjalan lancar. Hal yang paling sering terjadi adalah USB tidak terdeteksi oleh televisi. Apa yang menyebabkan hal ini?

Penyebab USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Penyebab USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa USB tidak terbaca, akan tetapi hal yang paling sering terjadi adalah:

  • Port USB bermasalah.
  • Ada kotoran yang menyebabkan tidak bisa tersambungnya USB dengan televisi.
  • Flashdisk yang digunakan bermasalah
  • Terdapat malfungsi pada perangkat lunak televisi misalnya karena lama tidak diperbarui.
  • Perangkat televisi tidak bisa mendeteksi flashdisk, mouse, dan sebagainya. Jika ini yang terjadi, maka simak cara mengatasinya berikut ini.

Cara Setting USB di TV Sharp Aquos

Cara Setting USB di TV Sharp Aquos

Untuk mengetahui penyebab gagalnya televisi membaca USB, maka pemilik harus melakukan beberapa pemeriksaan. Hal-hal yang harus dilakukan antara lain adalah:

judul gambar

1. Memeriksa Kondisi Port USB

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi fisik port USB. Pada beberapa kasus, USB yang tidak bisa terbaca ternyata berasal dari hal sepele.  Penyebabnya, karena port USB tidak bersih sehingga tersumbat oleh debu, karat dan kotoran lainnya.

Jika hal ini yang terjadi, maka bersihkan port USB menggunakan sikat gigi. Apabila terdapat karat di dalamnya, berikan sedikit cairan thinner untuk merontokkannya.

Baca Juga :

2. Periksa Format Flashdisk

Umumnya, TV Sharp hanya mendukung USB dengan tipe FAT32/exFAT. Padahal, kebanyakan flashdisk menggunakan tipe NTFS. Inilah yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca di USB TV Sharp.

Maka, cara cara mengatasinya adalah dengan mengubah format flashdisk. Namun, sebelum mengubah format, backup dulu semua data, karena jika formatting telah dilakukan, semua data yang ada di dalam flashdisk akan hilang.

Langkah-langkah melakukan format ulang flashdisk adalah sebagai berikut:

  • Pasang flashdisk ke laptop/komputer. Pastikan flashdisk terbaca dengan melihat bagian “File Manager” dan “This PC
  • Klik kanan pada bagian “Flashdisk” dan lanjutkan dengan “Format
  • Pada “File System” ubahlah menjadi FAT32 (Default), kemudian mulailah proses formatting dengan mengklik “Start
  • Setelah proses format selesai, cobalah pasang flashdisk ke port USB TV Sharp untuk memastikan apakah cara setting USB di TV Sharp Aquos

3. Cara Setting USB di TV Sharp Aquos, Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan perangkat lunak TV Sharp telah mengalami pembaruan. Pengguna bisa mengeceknya melalui pengaturan televisi, caranya adalah:

  • Tekan tombol “Setting” pada remot TV Sharp Aquos.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan menu “About” Untuk navigasi, pakailah tombol panah ke atas dan ke bawah.
  • Tekan menu “System Update,” tujuannya adalah untuk melakukan proses pembaruan perangkat lunak. Tunggulah beberapa saat sampai proses selesai.
  • Televisi akan mati dan kemudian menyala kembali secara otomatis. Hal ini menandakan proses pembaruan telah berhasil.
  • Cobalah dengan mencolokkan flashdisk ke port USB untuk mengetahui apakah bisa dibaca atau belum.

Ketahui :

Cara setting USB di TV Sharp Aquos berhasil ketika folder file langsung terbuka ketika flashdisk dicolokkan. Namun, pada beberapa tipe, pengguna harus menggunakan remot dan menekan menu “Source” terlebih dahulu hingga muncul tulisan USB/Media.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.