Cara Memperbaiki Power Supply TV LCD Sharp yang Mati Standby

2 min read

cara memperbaiki power supply tv lcd sharp

Power supply merupakan bagian paling vital dari sebuah TV karena berperan sebagai penyuplai listrik ke segala komponen yang membutuhkan, seperti halnya ke layar. Karena itu, jika layar LCD TV Sharp kalian mati maka kemungkinan besar disebabkan karena power supplynya yang rusak. Cara memperbaiki power supply TV LCD Sharp tidaklah sulit, kalian pun bisa mencobanya sendiri.

Cara Memperbaiki Power Supply Tv Lcd Sharp

Dibandingkan layar LED, layar LCD memiliki tingkat efisiensi konsumsi energi yang lebih tinggi sehingga seringkali menyebabkan masalah pada power supply. Akibatnya layar TV menjadi mati standby yang mana indikator masih menyala tapi layar tidak mau hidup sama sekali.

Untuk mengatasinya, kalian bisa mulai mengecek power supply apakah ada kerusakan atau tidak. Jika memang ada, silakan ikuti langkah-langkah yang kami berikan terkait cara memperbaiki power supply di bawah ini.

Cara Memperbaiki Power Supply TV LCD Sharp

Jika dilihat berdasarkan gejala kerusakannya, perbaikan power supply TV LCD bisa dibagi ke dalam beberapa kategori, berikut diantaranya;

  • TV mati Standby: kondisi dimana layar TV mati namun indikator tetap menyala. Hal semacam ini terjadi karena tidak ada tegangan output yang bekerja pada layar.
  • TV nyala sesaat: saat TV tiba-tiba mati setelah beberapa saat dinyalakan itu bisa jadi karena power supply tidak mampu mengirimkan tegangan listrik dengan semestinya.
  • TV mati total: terjadi karena MCB yang turun serta sekring putus. Namun sekring yang tidak terputus juga seringkali menyebabkan TV mati total asalkan MCB turun.

Jika kalian sudah tahu penyebab utamanya apa, silakan ikuti langkah-langkah memperbaikinya di bawah ini:

1) TV Mati Standby

TV yang mati namun indikator tetap nyala biasa disebut juga sebagai TV mati standby. Kondisi ini juga seringkali diikuti dengan tidak berfungsinya speaker dan komponen TV lainnya.

Penyebab utamanya ialah karena tegangan output yang yang dihasilkan dari power supply tidak memadai. Selain itu, terjadi pula karena sekring putus dan resistor slow. Namun jika semuanya tidak ada problem, maka kemungkinan bisa diakibatkan dari:

  • Kerusakan control skalar on / off
  • IC program yang sudah usang
  • Osilator power supply bermasalah
  • Catu 12 volt DC pada osilator

Dari semua itu, kerusakan osilator power supply merupakan hal  yang paling umum terjadi. Osilator power supply sendiri terdiri atas transistor driver & komponen pendukung lainnya.

Kondisi normal dari osilator power supply ialah dengan menurunkan tegangan  12 v DC lalu tegangan 250 v DC yang melewati 220 kOhm yang keduanya terhubung secara seri. Jika salah satu atau keduanya rusak, maka power supply tidak akan dapat bekerja.

judul gambar

Cara memperbaiki TV LCD mati standby yang diakibatkan dari kerusakan osilator tidaklah sulit. Yang penting kalian paham dengna beberapa komponen dasar yang terdapat dalam osilator itu sendiri seperti halnya:

  • Optokopler
  • Transistor driver
  • Resistor

Baca Juga :

2) TV Nyala Sesaat

Merupakan kondisi saat tombol power ditekan maka TV akan hidup lalu setelah beberapa detik atau beberapa menit TV akan mati, begitupula dengan lampu indikatornya.

Hal semacam ini seringkali terjadi pada TV LCD Sharp yang sistem power supply-nya masih menggunakan STR. Namun jangan khawatir, kerusakan semacam ini mudah dicari tahu penyebabnya karena osilator power sudah menyatu dalam power supply itu sendiri.

Pertama-tama, kalian perlu mengukur tegangan power supply apakah tegangan listrik output masih normal atau tidak. Jadi kalian perlu mempelajari tata cara mengukur tegangan power supply tv led terlebih dahulu.

Kemudian, sebelum menentukan apakah STR nya rusak atau tidak, cobalah untuk mengecek solderan kaki STR nya apakah rusak, pecah, berkarat atau tidak. Biasanya TV Sharp sering mengalami hal demikian.

Namun jika memang kerusakannya karena STR, kalian tinggal mengganti saja dengan komponen STR terbaru. Dijamin TV nya akan pulih seperti sedia kala.

3) TV Mati Total

TV Sharp LED mati total lampu indikator tidak menyala merupakan salah satu kerusakan terparah sehingga kita perlu mencari tahu rangkaian komponen apa saja yang menyebabkan masalah tersebut.

Beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab TV mati total ialah:

  • Sekring power supply putus
  • Kelebihan beban pada power supply
  • Kerusakan pada diode penyearah
  • Kapasitor bank yang tidak berfungsi
  • NTC dan STR yang rusak
  • Kerusakan transistor penguat power supply

Baca Juga :

Nah itulah beberapa cara memperbaiki power supply TV LCD Sharp yang bermasalah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text