Kenapa TV Polytron Tiba Tiba Mati Sendiri, Apa Penyebabnya?

2 min read

Saat sedang asyik-asyiknya nonton TV namun tiba-tiba TV nya mati sendiri tentu membuat kalian jengkel bukan? sebenarnya, apa sih penyebab TV Polytron tiba tiba mati sendiri dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Banyak hal yang menjadi alasan kenapa TV LED Polytron tiba tiba mati sendiri, namun yang paling sering terjadi ialah karena power supply yang bermasalah. Kondisi semacam ini membuat TV hidup sebentar lalu mati lagi, hidup lagi lalu mati lagi begitu seterusnya karena beberapa komponen seperti layar tidak mendapatkan daya yang mencukupi.

kenapa tv polytron tiba tiba mati sendiri

Namun, penyebab TV Polytron mati sendiri tidak hanya itu saja, jika ingin mengetahui secara lebih lengkap silakan simak informasi berikut ini.

Kenapa TV Polytron Tiba-Tiba Mati Sendiri?

TV Polytron merupakan produk lokal yang memiliki kualitas hampir setara dengan produk luar negeri. Dengan harganya yang relatif lebih murah serta kualitasnya bisa dikatakan cukup bagus, maka banyak orang yang memilih untuk menggunakan produk TV Polytron..

Sayangnya, TV Polytron yang telah digunakan dalam jangka waktu lama (diatas 3 tahun) seringkali mengalami banyak problem. Misalnya tidak bisa start atau protek, tidak dapat menyala namun indikator hidup, tiba-tiba mati sendiri, hingga kasus terburuknya ialah mati total.

Nah sejauh pengamatan kami, ada beberapa alasan kenapa TV Polytron tiba tiba mati sendiri. Berikut diantaranya:

1.     Kerusakan IC Vertikal

Kerusakan IC vertikal merupakan kondisi yang paling umum sebagai penyebab TV tiba-tiba mati sendiri. Penyebabnya ialah akibat turunnya kualitas elco pendukung yang terdapat dalam rangkaian blok vertikal.

2.     Malfungsi pada Komponen Penting

Apabila komponen penting mengalami malfungsi seperti retak, patah, rusak, aus, ataupun berkarat maka akan mengakibatkan TV tiba-tiba mati sendiri. Beberapa jenis komponen penting yang perlu diperhatikan ialah:

  • Regulator
  • Tuner
  • Flyback
  • IC Horizontal
  • IC Vertikal
  • Suara

3.     TV Protek / Mati Standby

TV protek merupakan kondisi dimana TV mati namun lampu indikatornya masih nyala akibat sistem protek masih aktif. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya masalahnya bukan pada komponen protek tersebut, melainkan pada mesin TV nya.

Ketahui: Cara Menghidupkan TV Polytron

4.     Solderan Kaki Modul Retak

Kerusakan TV Polytron yang mana tiba-tiba mati sendiri juga bisa diakibatkan dari solderan kaki modul / komponan yang patah, pecah, ataupun retak. Kondisi ini dapat terjadi apabila TV pernah mendapatkan perlakukan seperti berikut:

  • Sering ditabok saat tiba-tiba mati.
  • Terkena goncangan yang keras.
  • Terkena tegangan super tinggi / korsleting.
  • Penggunaan timah mentah untuk solderan.
  • Terjatuh dari ketinggian.
  • Terkena air atau cairan kimia.

5.     Transistor Horizontal Bermasalah

judul gambar

Transistor final horizontal yang jebol atau short dapat menyebabkan tegangan listrik menjadi drop sehingga daya listrik  tidak dapat tersalurkan dengan baik. Kondisi semacam ini menyebabkan TV tiba-tiba mati dan terkadang dapat hidup lagi dengan sendirinya.

Baca Dulu: Biaya Service TV LED Polytron

Cara Mengatasi TV Polytron Tiba-Tiba Mati Sendiri

Beirkut langkah-langkah yang dapat kalian coba untuk mengatasi TV Polytron yang tiba-tiba mati sendiri:

a)     Melumpuhkan Sistem Protek

Memaksa untuk melumpuhkan sistem protek biasa dilakukan oleh seorang teknisi service TV karena dinilai dapat membuat fungsi beberapa komponen kembali normal. Walau cara ini tergolong radikal, kalian juga bisa mencobanya jika cara lain tidak ada yang berhasil. Berikut prosedurnya:

Model TV Detector Modul Prosedur
BML Chasis (MX-20323) (MX-5203MS) Pin IC701 No. 16 HBM-00-XX Vertikal Output Suntik Pin No. 16 dengan tegangan 5 volt
Diva Series Pin IC HBT-00-0X No. 62 Vertikal Output Suntik Pin No. 62 dengan tegangan 5 volt
Excel Series Pin STV223XX No. 61 Beam Current Limiter Lepaskan modul J345
Dipe Series Pin IC HBT-00-0X No. 62 Vertikal Output Suntik Pin No. 62 dengan tegangan 5 volt

b)     Memperbaiki Solderan

Jika masalahnya ada pada solderan kaki komponen yang terjadi keretakan atau patah, maka silakan solder kembali dengan timah panas sampai benar-benar tertutup sempurna.

Beberapa bagian yang perlu kalian cek untuk penyolderan ialah pada vertikal blok, horizontal blok, dan regulator blok. Bagian inilah yang seringkali membuat TV tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Baca Dulu:

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa TV Polytron tiba-tiba mati sendiri beserta cara mengatasinya. Sampai jumpa di artikel berikutnya yang akan datang!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.