Penyebab TV Polytron Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup + Estimasi Biaya Perbaikan

2 min read

Apakah saat ini kalian sedang mengalami masalah berupa TV Polytron tidak bisa nyala tapi lampu power hidup? Sebenarnya, apa sih penyebab kerusakan semacam ini dan bagaimana berapa biaya servicenya?

Penyebab TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup atau biasa disebut juga sebagia “TV mati standby” umumnya disebabkan karena kerusakan total pada komponen TV seperti pada komponen power supply maupun pada modul IC micro controler.

TV Polytron tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Untuk memperbaikinya, kalian perlu memahami setiap komponen yang ada sehingga dapat menyimpulkan jenis kerusakan yang terjadi. Nah, untuk lebih jelasnya, silakan simak terus artikel berikut ini.

Penyebab TV LED Polytron Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Sejauh pengamatan kami, ada beberapa hal yang menyebabkan TV mati tapi lampu power hidup. Berikut diantaranya:

A.     Rangkaian Protektor Tidak Bekerja

Rangkaian protektor seperti halnya pin protec IC jungle merupakan salah satu bagian penting yang membuat TV bisa hidup. Jika sampai retak, patah, ataupun berkarat akibat pernah terendam air, maka akan membuatnya menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik.

Banyak yang mencoba cara reset TV LED Polytron standby dengan cara melumpuhkan sistem proteksi secara total agar rangkaian protektor bekerja normal kembali. Namun kami tidak menyarankannya karena ini merupakan cara radikal yang dapat berdampak fatal terhadap TV kalian masing-masing.

B.     Beralih ke Mode TV/AV

Mungkin kalian tidak sengaja menekan tombol TV/AV pada remote atau pada tombol manual di TV sehingga layar TV tampak blank namun lampu power hidup karena sejatinya TV masih nyala seutuhnya.

Bila TV tidak menemukan sumber AV maka layar hanya akan menjadi blank hitam layaknya TV yang mati. Hal ini tentu akan membuat banyak orang mengganggapnya sebagai kerusakan. Padahal kondisi ini sangat mudah diatasi, yakni hanya dengan mengembalikan saluran TV/AV ke saluran analog.

Masalah Terkait: TV Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

C.     Kerusakan LED

LED memang memiliki kualitas tampilan yang lebih baik dan lebih jernih jika dibandingkan LCD maupun tipe layar yang digunakan pada TV tabung. Walau begitu, LED juga lebih sering terjadi kasus kerusakan bila terjadi overheat pada mesin ataupun korsleting listrik.

Kerusakan pada LED umumnya susah diperbaiki, jika diperbaiki sekalipun harganya cukup mahal bahkan sampai 60% dari harga TV itu sendiri. Karena itu kalian perlu mengecek terlebih dahulu apakah terjadi kerusakan pada LED atau tidak.

D.     IC Vertical Rusak

IC vertical pada kebanyakan TV memiliki 2 sistem tegangan yakni tegangan single sebesar 16 volt dan tegangan simetris (tegangan plus minus) sebesar 12 – 16 volt.

judul gambar

Apabila IC vertical tidak mendapatkan supply tegangan yang mencukupi akibat kerusakan pada komponen IC mikro kontroller, maka TV tidak dapat menampilkan gambar apapun pada layarnya akibat kekurangan daya.

Ketahui:

Biaya Service TV Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Perbaikan TV tabung Polytron tidak bisa nyala tapi lampu power hidup tentu berbeda dengan TV LED karena keduanya menggunakan komponen / modul-modul yang berlainan. Namun secara umum biaya service TV Polytron berada pada rentang harga berikut:

No. Jenis Service Biaya
1. Pengecekan kerusakan Rp50.000 – Rp75000
2. Kerusakan TV Tabung Tipe Ringan Rp100.000 – Rp150.000
3. Kerusakan TV Tabung Tipe Sedang Rp150.000 – Rp200.000
4. Kerusakan TV Tabung Tipe Berat Rp200.000 – Rp250.000
5. Kerusakan TV LED Tipe Ringan Rp150.000 – Rp200.000
6. Kerusakan TV LED Tipe Sedang Rp200.000 – Rp250.000
7. Kerusakan TV LED Tipe Berat Rp250.000 – Rp300.000
8. Penggantian Part / Komponen Rp100.0000 – Rp2000.000

Penjelasan:

  1. Biaya pengecekan kerusakan merupakan nominal biaya yang harus dibayarkan jika kalian tidak jadi service ataupun pihak jasa service yang tidak menyanggupi perbaikan kerusakan. Karena mereka butuh waktu dan usaha untuk melakukannya, maka merekapun umumnya akan menarik biaya walaupun tidak jadi memperbaikinya.
  2. Sebagian besar biaya yang kami cantumkan di atas adalah harga yang digunakan untuk TV Polytron tipe di bawah 30 inch. Semakin besar TV nya tentu akan membutuhkan biaya perbaikan yang lebih besar karena komponen yang harus diganti juga semakin besar.
  3. Selain ukuran TV, perbedaan tipe TV Polytron yang diservice juga kadang berpengaruh terhadap biaya servicenya. Hal ini dikarenakan beberapa TV Polytron tipe lama akan sulit untuk mendapatkan komponen penggantinya.

Baca Juga:

Demikianlah beragam penyebab TV Polytron tidak bisa nyala tapi lampu power hidup serta rincian biaya servicenya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya yang akan datang!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.