Penyebab & Cara Perbaiki Kerusakan TV Polytron MX Gagal Start

2 min read

Kerusakan TV Polytron gagal start merupakan gejala yang umum terjadi pada jenis TV tabung atau TV Polytron tipe U slim. Cara perbaiki TV Polytron gagal start semacam ini sebenarnya sangat mudah apabila sudah diketahui akar masalahnya.

Banyak yang menyebut TV Polytron gagal start sebagai TV protek dikarenakan kerusakannya terjadi pada pin protek yang terletak pada jalur vertikal blok. Karena itu TV yang awalnya dapat di start namun beberapa detik kemudian mati lagi karena tidak mendapatkan daya yang mencukupi.

tv polytron gagal start

Lalu, bagaimana cara memperbaiki kerusakan TV Polytron gagal start semacam ini? Untuk mengetahuinya, simak terus pembahasannya di bawah ini!

Penyebab TV Polytron Gagal Start

TV Polytron gagal start bukanlah sebuah kerusakan yang serius. Jadi tidak ada yang perlu kalian khawatirkan karena TV kalian bisa dengan mudah diperbaiki oleh jasa service yang berpengalaman.

Namun jika kalian ingin mencoba memperbaikinya sendiri, pastikan untuk mengetahui penyebab TV Polytron gagal start baik pada TV Polytron U Slim maupun pada TV Polytron MX agar nantinya bisa memperbaikinya sesuai jenis kerusakan yang terjadi.

Ketahui: Bagusan TV Sharp atau Polytron?

a)     Pin Protek Bermasalah

Penyebab utama TV Polytron gagal start ialah karena pin protek pada TV Polytron yang berada di vertikal blok bermasalah.

Jika terus dibiarkan, hal ini akan menyebabkan gangguan pasokan daya pada supply flyback sehingga TV tidak dapat di start atau bahkan menyebabkan TV mati total dengan kondisi lampu indikator yang tetap menyala.

b)     Komponen Elco Lemah

judul gambar

Elco merupakan komponen atau modul TV yang berfungsi untuk mencukupi kebutuhan supply daya  osilator horizontal.

Seri elco yang sering bermasalah biasanya berupa c507 dan c402 dengan ukuran 1uF / 50 volt, 10uF / 63 volt, 100uF / 35 volt, atau 43uF / 63 volt sesuai dengan seri mesin TV yang dipakai. Untuk mengukur lemah tidaknya elco kalian bisa menggunakan alat bernama multitester.

c)     Kerusakan IC Vertikal

Kerusakan IC vertikal 78141 seringkali jadi masalah utama yang menyebabkan TV tidak dapat di start dan tidak dapat dihidupkan.

Apabila IC vertikal mengalami kerusakan, maka tegangan pada salah satu kakinya akan menjadi tidak seimbang sehingga supply daya menjadi tidak dapat tersalurkan.

Baca Dulu:

Cara Perbaiki TV Polytron Gagal Start

Berikut langkah-langkah yang perlu kalian ikuti untuk mengatasi kerusakan TV Polytron gagal start atau biasa disebut TV protek:

  1. Siapkan komponen dan modul TV yang dibutuhkan seperti elco 1uF50v, elco 10uF63v, elco 470uF35v, elco 100uF35v, elco 43uF63v, IC vertikal 78141 atau seri lain sesuai dengan tipe TV.
  2. Buka casing TV lalu bersihkan board dari semua kotoran terutama di area vertikal blok atau area utama yang akan diperbaiki.
  3. Cek kaki IC vertikal apakah mengalami masalah seperti patah, retak, terlepas, ataupun berkarat. Umumnya penggunaan timah mentah menyebabkan IC vertikal mudah patah sehingga aruh tidak dapat masuk ke dalam IC dengan semestinya.
  4. Bila memang terjadi masalah, maka solderlah bagian kaki IC vertikal yang mengalami masalah tersebut lalu lakukan test apakah TV sudah normal atau belum.
  5. Jika belum, silakan ganti modul elco 1uF50v yang terletak pada bagian IC vertikal yang biasanya tertulis dengna kode IC401, IC402, atau ICxxx sesuai seri board pada masing-msing TV.
  6. Apabila masih belum berfungsi, cobalah ukur tegangan pada supply IC vertikal apakah berada pada rentang daya 12v dan -12v atau tidak. Jika terjadi drop, silakan ganti dengan elco 470uf35v. Jika sudah silakan coba cek kembali apakah sudah normal kembali atau belum.

Artikel Terkait:

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara perbaiki TV Polytron gagal start dan rincian penyebab masalahnya. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.