Biaya Service TV LED Polytron Tidak Ada Gambar, Mati Total, Layar Gelap

3 min read

biaya service tv led polytron

Biaya service TV LED Polytron tidak ada gambar berapa yah? Atau TV LED Polytron mati total maupun layar gelap? Nah kali ini kami akan berbagi seputar harga service TV LED, termasuk jika layar TV bergaris. Yuk Lanjut baca!


biaya service tv led polytron

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna TV Polytron adalah kerusakan pada layar LED nya. Misalnya layar menjadi blank dan tidak ada gambar, layar gelap, LED bergaris, hingga kasus terparahnya ialah berupa layar mati total. Untuk memperbaikinya, tentu perlu dilakukan service dengan biaya yang berbeda-beda tergantung jenis dan tingkat kerusakannya. Berapa harga service TV LED bergaris merk Polytron? Simak terus artikel ini untuk mengetahuinya!

Biaya service TV LED berbeda jauh dengan TV LCD, apalagi dengan TV tabung. Bahkan, biaya penggantian LED nya saja bisa memakan biaya hingga setengah dari harga TV barunya. Hal ini karena layar TV LED menggunakan panel teknologi terbaru yang berbasis diode yang lebih jelas, lebih kaya warna, dan tentunya lebih hemat listrik.

 Jenis-Jenis Kerusakan TV LED Polytron

Berikut beberapa macam kerusakan yang sering menimpa layar TV LED:

a)     Layar Blank Hitam atau Putih

Apabila layar mengalami blank hitam atau putih, umumnya terjadi kerusakan pada kabel LVDS, kabel ribbon, PSU, maupun bagian kapasitor elektroli. Sebelum memperbaikinya, tentu harus dicek satu per satu tiap part tersebut.

Dalam beberapa kasus, arus listrik yang masuk berlebihan juga dapat membuat layar blank karena hal tersebut menyebabkan korslet yang berakibat sekring pico putus dan tidak ada daya listrik yang masuk ke layar. Jika ini masalahnya, maka cukup dengan mengganti sekringnya saja dengan yang baru.

b)     LED Bergaris-Garis

Umumnya, LED bergaris terjadi akibat panel diode displaynya yang bermasalah. Bila memang demikian, maka tidak ada cara lain untuk memperbaikinya kecuali dengan mengganti layar LEDnya.

Namun, sebelum memvonis kerusakan pada panelnya, coba untuk memeriksa kabel LVDS yang terdapat pada mainboard. Kabel yang telah usang, soket kabel yang longgar, serta kabel yang berjamur mampu menjadikan LED bergaris.

Baca Dulu:

c)     Warna Layar Terdistorsi

Apabila layar TV berdekatan dengan benda yang memiliki gelombang magnet kuat maka warnanya akan terdistorsi.

Selain itu, pada panel berkualitas rendah juga seringkali mengalami distorsi warna apabila terjadi overheat. Kondisi semacam ini umumnya hanya perlu dilakukan service ringan dengan biaya yang terbilang murah.

d)     Layar Gelap Namun Suara Normal

Kasus semacam ini sering terjadi jika TV baru saja mengalami goncangan yang kuat sehingga port kabel fleksibel yang menghubungkan ke layar longgar atau bahkan terlepas.

Terkadang, masalah pada PSU dan IC driver inverter pun dapat menyebabkan layar mati tapi tidak mempengaruhi bagian audionya.

Baca Juga:

Biaya Service TV LED Polytron

Harga service TV Polytron berbeda-beda tergantung kerusakannya. Berikut detailnya:

NoServiceBiaya
1Pengecekan kerusakanRp50.000 – Rp75000
2Layar 19 inchRp100.000 – Rp150.000
3Layar 24 inchRp150.000 – Rp200.000
4Layar 32 inchRp200.000 – Rp250.000
5Layar 32 – 42 inchRp250.0000 – Rp300.000
6Layar > 42 inchRp300.000 ke atas
7Layar TV tabung40% – 70% dari biaya layar LED

Biaya di atas adalah harga estimasi yang ditetapkan oleh beberapa teknisi service elektronik di perkotaan. Mungkin harga yang ditetapkan di daerah kalian akan berbeda satu sama lain.

Perlu diperhatikan! Nominal yang kami sebutkan tersebut hanya sebagai biaya jasa service nya saja. Jadi, belum termasuk biaya penggantian sparepart atau komponen yang bermasalah.

Sementara itu, untuk biaya pengecekan biasanya tidak akan diterapkan apabila kalian jadi menggunakan jasa servicenya. Jika tidak, misalnya karena pihak teknisi tidak menyanggupinya ataupun karena alasan lain maka tetap akan dikenakan biaya pengecekan walau tidak dilakukan service.

Biaya Penggantian Panel LED Polytron

Kerusakan yang serius seperti layar pecah, TV terkena petir, kerusakan panel, hingga TV yang terendam banjir tentu tidak memungkinkan dilakukan service.

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti LED tersebut dengan yang baru.

Apabila TV kalian masih masuk masa garansi, maka bisa ajukan klaim ke service center dengan membawa perangkat TV tersebut serta surat garansi.

Bila tidak, kalian bisa melakukan pembelian dan penggantian layar secara mandiri atau melalui teknisi dengan kisaran harga sebagai berikut:

NoUkuran PanelHarga
1Layar 14   inchRp300.000 –   Rp500.000
2Layar   19 inchRp550.000   – Rp750.000
3Layar 24   inchRp800.000 –   Rp1000.000
4Layar   32 inchRp1.200.000   – Rp1.750.000
5Layar 39   inchRp1.500.0000   – Rp2.000.000
6Layar   42 inchRp2.000.000   – Rp3000.000
7Layar 50-55   inchRp4.000.000   – Rp5.000.000

Note: harga tersebut hanya berupa biaya LED nya saja dan belum termasuk biaya service dan penggantian komponen lain yang mungkin diperlukan.

Artikel Terkait:

Nah, itulah informasi yang dapat kami berikan seputar biaya service TV LED Polytron. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Privacy | Contact Us | Disclaimer | Sitemap | About
2021 © Copyright by Hometronik.web.id