Kenapa AC Samsung Tiba Tiba Mati Sendiri Setelah Dinyalakan? Ini Penyebabnya!

2 min read

ac samsung mati sendiri

Kenapa AC Samsung tiba tiba mati sendiri? Ada juga kasus AC Samsung baru dinyalakan sebentar lalu mati sendiri. Kira-kira apa penyebab AC Samsung yang anda miliki sering kali mengalami mati dan menyala sendiri secara tiba tiba? Padahal tidak ada yang menggunakan remote AC.

Penyebab terbesar AC sering mati dan menyala sendiri ialah dikarenakan kerusakan atau suatu fitur yang belum diperbaiki dan di nonaktifkan. Tetapi anda tidak perlu takut itu bukan ulah makhluk halus atau sebagainya, biasanya.

ac samsung mati sendiri

Begitulah beberapa alasan yang menyebabkan AC mati dan menyala sendiri.

Kami akan rangkum di dalam artikel yang singkat ini beserta cara mengatasi atau memperbaiki kerusakan yang terjadi dalam AC Samsung.

Penyebab AC Samsung sering mati sendiri

AC yang tiba tiba mati sendiri pastinya akan bikin panik karena takutnya rusak tidak bisa hidup lagi. Ini tentu tidak heran apalagi bagi mereka yang baru saja membeli AC baru.

Berikut beberapa alasan mengapa AC Samsung atau merk AC lainnya mati dan menyala sendiri tanpa diketahui sebabnya:

1. Thermistor yang sudah rusak atau tidak berfungsi kembali

Mati dan menyala sendiri pada AC bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah dikarenakan coil ataupun thermistor evaporator pada AC rusak yang dapat menyebabkan AC mati.

Hal ini berhubungan erat dengan modul ketika thermistor rusak atau tidak berfungsi secara normal maka modul akan mematikan diri agar kerusakan tidak merambah lebih jauh ke dalam AC.

Cara yang paling tepat untuk digunakan adalah mencabut stop kontak yang terhubung dengan AC selama kurang lebih 5 menit, agar thermistor beristirahat sejenak.

Setelah itu sambungkan kabel yang terhubung dengan AC ke stop kontak, jika AC masih dalam keadaan yang sama sebelum melakukan cara ini maka sebaiknya anda mengganti thermistor anda.

2. Ketidaknormalan Yang Terjadi Pada Switch On Off Pada PCB Unit

Biasanya hal yang satu ini terjadi pada AC – AC yang sudah lama alias berumur, hal yang satu ini bisa diatasi dengan cara melangsungkan switch On Off pada PCB tetapi dengan menggunakan cara ini AC tidak bisa dimatikan atau dinyalakan dari modul.

Ketahui: 

3. Kerusakan Pada Modul AC Atau PCB

Tegangan rendah dan tinggi sangat mempengaruhi masa hidup dari modul, apabila modul mengalami kerusakan maka akan terjadi masalah yang sudah diterangkan di dalam judul.

Tidak ada cara untuk memperbaiki modul agar kembali seperti semula kecuali dengan cara menggantikan modul dengan yang baru. Sebaiknya sebelum terjadi kerusakan pada modul kita jaga agar arus listrik yang mengalir ke AC sebesar 220 volt.

4. Timer Indoor Pada AC Lupa Dimatikan

Kebiasaan buruk bagi pengguna AC adalah lupa untuk mematikan AC sehabis pakai atau juga lupa untuk mematikan timer agar waktu untuk mematikan lebih panjang. Dan inilah salah satu penyebab mati dan menyala sendirinya AC.

Kadang – kadang pengguna AC yang lupa untuk mematikan timer ketika ingin memakai lebih menganggap bahwa AC melakukan tindakan yang tidak normal atau bahkan terlihat seperti rusak.

Padahal anda tinggal mematikan timer atau mereset remote dan AC dengan cara ini AC akan kembali ke keadaan semula yang normal dan tidak ada kesalahan yang terjadi pada AC.

Baca Dulu:

5. Macet Dan Tidak Berputarnya Motor Fan Indoor Atau Blower Indoor

Sama halnya dengan kerusakan pada thermistor apabila fan atau blower tidak bekerja dengan baik maka modul atau PCB akan mematikan AC secara otomatis, maka hal yang harus kita lakukan adalah mencabut stop kontak seperti di atas. Atau mengganti modul.

6. Unit Outdoor AC Rusak

Beberapa unit AC yang berada di luar atau outdoor biasanya mengalami kerusakan yang lebih sering, dikarenakan masalah yang terjadi pada unit outdoor membuat modul AC atau bisa juga disebut dengan PCB akan melakukan protect.

AC Samsung mati sendiri bisa coba diatasi dengan pergi atau memanggil tukang reparasi untuk memperbaiki kerusakan. Jika Anda sedikit tahu elektronik lebih baik cek terlebih dahulu apa yang rusak.

Anda bisa cek beberapa komponen seperti tekanan freon nya apakah normal? Apakah Ampare kompresor apakah masih normal? Apakah kompresor overheat atau blower kipas hidup atau tidak dll.

Artikel Terkait:

Sekian saja di artikel kali ini semoga bermanfaat bagi yang mengalami kesulitan dikarenakan matinya AC yang biasa anda paka membuat anda kegerahan, mudah – mudahan artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Privacy | Contact Us | Disclaimer | Sitemap | About
2021 © Copyright by Hometronik.web.id