Cara Membuka & Reset Kode Remote AC Samsung Baru

1 min read

Kode Reset dan Cara Membuka Kunci Remot AC Samsung – Pabrikan asal Korea Selatan, Samsung, memang memiliki banyak produk elektronik unggulan dengan kualitas mumpuni yang digemari oleh masyarakat dalam negeri. Tak terkecuali produk air conditionernya. Sayangnya, setelah penggunaan lama biasanya AC atau remote AC mengalami kendala. Jika kerusakan terjadi pada remote, berikut cara reset remote AC Samsung yang bisa dilakukan.

Solusi Remote AC Samsung yang Rusak atau Hilang

cara reset remote ac samsung

Remote control menjadi salah satu perangkat penting dari air conditioner. Karena dengan adanya remote ini, maka pengguna tidak perlu repot repot melakukan pengaturan dari badan AC. Umumnya, para produsen AC tidak menjual remote ini secara terpisah. Kalaupun ada yang dijual terpisah, maka harganya tentu bisa cukup menguras kantong.

Baca Dulu: Fungsi Tombol Remote AC Samsung

Lantas, bagaimana jika remote AC yang dimiliki rusak atau hilang ? Maka solusi termudah dan murah yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan remote AC universal, yang dapat mendukung penggunaan pada semua merek dan tipe AC. Akan tetapi, penggunaan dari remote AC universal ini membutuhkan proses setting yang benar agar bisa digunakan secara optimal.

Cara Reset Kode &  Setting Remote AC Samsung

Berbeda dengan cara setting remote AC Samsung baru yang lazimnya lebih mudah karena otomatis tersambung dengan perangkat. Pada remote AC universal, dibutuhkan kode remote untuk sinkronisasi. Dimana kode remote ini umumnya terdiri atas 3 digit angka, yang dimasukkan ketika proses setting dilakukan.

cara setting kode remote ac samsung dari fahrenheit ke celcius
Setting cara membuka kunci remot AC Samsung

Cara reset remote AC Samsung menggunakan remote universal tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya kode, karena remote tidak dapat mengenali tipe AC yang anda miliki sehingga tidak akan ada respon yang muncul. Untuk kode remote AC Samsung sendiri, kodenya antara 610 sampai 629. Berikut cara setting remote AC yang benar.

  1. Pertama tama, Anda perlu menghidupkan AC yang dimiliki. Mengingat bahwa remote AC ini hilang atau rusak, maka cara menghidupkannya yaitu melalui tombol Power yang ada pada AC indoor.
  2. Lalu para remote universal, silahkan tekan tombol Power hingga keluar angka temperature pada layarnya. Tekan dan tahan tombol SET hingga muncul tiga angka “000” di pojok kanan bagian bawah layar berkedip.
  3. Tekan tombol temp ke atas hingga angka yang sesuai dengan range kode dari merek AC yang anda miliki. Untuk kode reset remote AC Samsung seperti yang disebutkan, terletak pada range 610 sampai 629.
  4. Apabila sudah terkoneksi, maka AC indoor biasanya akan mengeluarkan bunyi bip. Berikutnya tekan OK pada remote AC untuk mengunci kode tersebut, maka remote pun sudah bisa anda gunakan.

Apabila anda ingin melakukan cara membuka kunci remot AC Samsung ini kembali, maka cukup tekan tombol plus (+) dan minus (-) secara bersamaan. Lalu jika suhu yang tertera ternyata bukan celcius, melainkan fahrenheit. Maka cara setting remote AC Samsung dari fahrenheit ke celcius bisa dengan cara menekan tombol Auto dan Off selama 3 detik atau lebih.

Baca Juga: Fungsi Tombol Remot AC Sharp

Itulah cara setting remote AC Samsung yang mudah untuk dilakukan. Bagi yang mengalami masalah seperti suhu tertera pada remote adalah fahrenheit, maka ada cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menekan tombol F to C yang ada pada remote. Tombol ini memang hanya ada pada beberapa remote AC, biasanya letaknya ada di bagian bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *