Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

1 min read

Kompresor AC mati tapi kipas hidup

Salah satu tipe kerusakan pada AC (air conditioner) ialah kompresor AC mati tapi kipas hidup yang ditandai dengan tetap berputar normal. Kondisi semacam ini membuat AC tidak dingin bahkan justru akan membuat ruangan terasa panas.

Kompresor Ac Mati Tapi Kipas Hidup

Dalam sebuah AC, kompresor merupakan komponen yang berperan vital dalam proses pendinginan udara yang cara kerjanya ialah dengan mengeluarkan suhu panas yang ada dalam ruangan. Tak hanya itu, kompresor juga berperan penting dalam mengubah freon menjadi zat cair yang dingin.

Karena itu, jika kompresor mati maka AC tidak akan terasa dingin lagi walaupun kipas AC nya masih berfungsi normal. Jika kalian mengalami hal seperti demikian maka jangan khawatir, dikesempatan kali ini kami ingin berbagi beberapa tips mengatasi kompresor AC mati tapi kipas hidup.

Penyebab Kompresor AC Mati tapi Kipas Hidup

Perlu kalian tahu, ada beberapa penyebab mengapa outdoor AC nyala terus padahal kompresornya mati, berikut rinciannya:

a) Komponen Indoor dan Outdoor Tidak Kompatibel

AC rumahan rata-rata merupakan jenis AC Split yang memiliki dua komponen utama yakni komponen indoor yang berada di dalam ruangan dan komponen outdoor yang berada di lular ruangan.

Jika keduanya tidak kompatibel, maka bisa dipastikan bahwa AC tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan komponen kompresor akan ikut berpengaruh. Apabila kompresor kalian juga mengalami hal seperti demikian, maka cobalah untuk mengecek komponen indoor dan outdoor terlebih dahulu sebelum mengganti kompresornya.

Baca Juga :

b) Kerusakan Kapasitor Starter

judul gambar

Kapasitor starter merupakan salah satu tipe kapasitor yang berfungsi untuk mengantarkan tenaga listrik dari power supply ke semua komponen komponen yang membutuhkan. Nah, apabila kapasitor starter rusak, maka bisa mengakibatkan kompresor mati karena tidak mendapatkan pasokan tenaga listrik yang mencukupi.

Selain kapasitor starter yang rusak, starter yang lemah juga dapat membuat kompresor AC tidak hidup namun kipas outdoor  tetap hidup sebagaimana mestinya. Untuk mengatasinya, silakan ganti spare part kapasitor starter dengan yang baru karena harganya bisa dibilang sangat terjangkau.

c) Kabel Komponen Indoor yang Putus

Kondisi kerusakan kabel indoor yang putus memang jarang terjadi karena umumnya kabel AC dibuat menggunakan lilitan tembaga berkualitas tinggi.

Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa terjadi, kabel indoor juga bisa putus bila AC yang kalian gunakan sudah terlalu usang. Nah, apabila komponen indoor putus maka kalian tinggal mengganti kabel tersebut sesuai dengan warna dan tipe dari kabel itu sendiri.

d) Sekring Kompresor yang Putus

Saat arus listrik yang melewati kompresor terlalu tinggi, maka sekring kompresor akan putus sehingga arus listriknya pun ikut putus.

Bila hal semacam ini terjadi, maka kompresor akan mati karena tidak bisa mendapatkan arus listrik akibat jalur yang menghubungkannya melalui sekring terputus. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya ialah dengan mengganti sekring yang baru.

e) Overheating pada Kompresor

Mungkin kalian tidak memperhatikan berapa lama outdoor AC menyala sehingga menyalakan AC seharian tanpa memikirkan risiko overheating. Padahal, overheating atau kondisi dimana kompresor terlalu panas akibat penggunaan yang terlalu over menjadi penyebab utama kompresor mati.

Jika terus dibiarkan, maka filter udara akan menjadi tersumbat dan evaporator pun akan mengalami kerusakan. Komponen-komponen lain pun akan terpengaruh akibat dari suhu panas yang diterimanya secara terus menerus tersebut.

Baca Juga :

Demikianlah beberapa penyebab kenapa kompresor AC mati tapi kipas hidup yang perlu kalian ketahui. Semoga dengan informasi di atas kerusakan pada AC kalian dapat segera diperbaiki.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.