Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS & Macam Komponennya

2 min read

Skema regulator tv LCD Sharp AQUOS

Power supply atau biasa disebut sebagai regulator TV merupakan bagian yang paling krusial dari sebuah TV. Jika diibaratkan pada makhluk hidup, power supply berfungsi layaknya jantung yang akan menyalurkan energi ke seluruh tubuh. Karena itu, jika ingin memperbaikinya maka kalian harus memahami dulu tentang skema regulator TV LCD Sharp AQUOS.

Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS

Regulator TV berperan penting dalam memberikan tegangan listrik ke semua komponen TV mulai dari layar, speaker, IC komponen, flyback, vertikal, horizontal, tuner, dan komponen lainnya. Lalu seperti apakah skema regulator pada TV? Jika penasaran simak informasinya di bawah ini.

Skema Regulator TV TV LCD Sharp AQUOS

Beberapa merk TV memiliki sumber  tegangan utama dari supply flyback (FBT), namun kebanyakan seri TV LCD Sharp AQUOS sumbernya tegangannya utamanya berasal dari regulator. Karena itu, bila terjadi kerusakan seperti TV mati standby atau mati total, maka yang perlu dilihat pertama kali ialah skema regulatornya.

Berikut kami berikan beberapa tipe skema regulator TV seperti kebanyakan TV Sharp yang beredar di Indonesia:

a) Skema Regulator TV Sharp STR w6553

Kebanyakan tipe TV Sharp yang dipasarkan di Indonesia menggunakan model skema regulator berupa STR w6553a. Berikut rangkaian-rangkaian skemanya yang perlu kalian ketahui:

Skema Regulator TV Sharp STR w6553

Baca Juga :

b) Skema Regulator TV Sharp STR g5653

Skema tipe satu ini memiliki rangkaian yang lebih komplit namun tidak banyak seri TV Sharp yang menggunakan rangkaian skema ini dibandingkan dengan tipe w6553 di atas. Inilah gambar rangkaian skemanya:

Skema Regulator TV Sharp STR g5653

judul gambar

c) Skema Regulator TV Sharp TEA2261

Kebanyakan TV Sharp menggunakan tipe STR yang kapasitornya terpasang langsung di dalam power supply. Namun ada juga skema regulator yang tidak menggunakan STR layaknya tipe TEA2261satu ini. Berikut gambar skemanya:

Skema Regulator TV Sharp TEA2261

Komponen Regulator TV yang Perlu Kalian Ketahui

Untuk mengetahui solusi kerusakan TV LCD Sharp AQUOS yang diakibatkan karena kerusakan regulator, kalian perlu mengetahui komponen-komponen yang terdapat di dalamnya terlebih dahulu. Berikut kami berikan rincian detailnya.

a. Komponen Utama Regulator TV

Komponen ini merupakan sekumpulan komponen yang berada di bagian primer yang memiliki fungsi paling krusial dari regulator tersebut. Berikut rinciannya:

  • Kapasitor: tipe kapasitor yang memiliki tegangan 250 volt yang menjadi filter utama pada rangkaian catu daya TV LCD Sharp AQUOS.
  • Elco 450 volt: elco merupakan komponen utama dalam regulator TV LCD Sharp AQUOS yang berguna dalam menyimpan arus listrik. Elco memiliki nilai antara 100 uf – 200 uf yang telah disearahkan oleh komponen dioda penyearah.
  • Dioda penyearah: komponen yang berfungsi untuk menyerahkan tegangan listrik dengan cara mengubah arus AC yang dihasilkan oleh listrik PLN menjadi arus DC.
  • PTC: salah satu komponen yang berfungsi untuk mengelola magnet tabung yang terdapat dalam catu daya TV LCD Sharp AQUOS.

b. Komponen Pendukung Regulator TV

Selain komponen utama, ada juga komponen pendukung yang terdiri atas beberapa komponen berikut ini:

  • Panel regulator: jenis panel yang fungsi utamanya untuk memperkuat regulator TV LCD Sharp AQUOS agar dapat berfungsi secara optimal dalam berbagai kondisi.
  • Filter: salah satu komponen yang terdapat pada skema regulator TV LCD Sharp AQUOS yang fungsi utamanya untuk menyaring arus listrik agar arus yang masuk lebih stabil.
  • Saklar regulator: komponen yang fungsi utamanya untuk menyambung dan memutuskan arus listrik 220 volt yang dihasilkan dari sumber listrik utama / PLN.
  • Slow start: berfungsi untuk mengamankan MCB listrik agar tidak turun akibat dari pengisian kapasitor yang terlalu cepat.

Baca Juga :

Itu dia skema regulator TV LCD Sharp AQUOS beserta dengan rincian komponen-komponen yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.