Cara Memprogram TV Parabola Matrix Yang Tidak Ada Sinyal Trans7 & SCTV 2022

2 min read

Cara program TV Parabola Matrix

Parabola Matrix menjadi salah satu pilihan bagi banyak keluarga Indonesia untuk menikmati acara TV berlangganan di berbagai channel dengan harga yang terjangkau. Masalah umum yang terjadi adalah sinyal matrix parabola hilang. Berikut cara program Matrix tv yang bisa dilakukan ketika kehilangan atau tidak ada sinyal beberapa chanel TV seperti Trans7 ataupun SCTV.

Cara Memprogram TV Parabola Matrix yang Tidak Ada Sinyal

  1. Periksa Indikator Sinyal pada Layar TV

Indikator sinyal adalah salah satu fitur penting yang harus diingat saat memilih receiver. Indikator ini memungkinkan audiens Anda untuk terus memantau kinerja alat yang digunakan. Secara umum, anda tidak menemukan sinyal atau TV kosong dan hanya melihat layar biru ketika menemukan bahwa matriks penerima rusak yang terjadi pada televisi.

Cara program TV Parabola Matrix

Layar TV menunjukkan bahwa tidak ada sinyal, yang merupakan tanda masalah yang lebih spesifik. Cara pertama memperbaiki penerima radio satelit tanpa sinyal adalah dengan memeriksa indikator sinyal di layar TV. Anda dapat memeriksa tampilan sinyal TV menggunakan tombol informasi pada remote control yang dimiliki televisi.

Kemudian kualitas dan sinyal ditampilkan di samping dengan dua garis atau bar. Jika kedua nol (0) atau hanya satu yang ada, penerima satelit tidak akan dapat menerima sinyal satelit. Inilah yang menjadi penyebab dari kenapa saluran TV yang ada menjadi hilang. Jika sudah diketahui permasalahannya, anda bisa mencoba memperbaiki

Ketahui: Biaya Service TV LED Polytron

  1. Memeriksa setting Parameter dan Receiver

Cara program parabola matrix tidak ada sinyal atau memodifikasi matrix receiver satelit selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengecek parameter dan setting receiver. Pada titik ini yang perlu anda lakukan hanyalah memeriksa apakah lampu indikator pada penerima menyala. Caranya adalah restart receiver dengan mencabut kabel power dan tunggu 5 menit lalu hidupkan.

Selain itu, Anda perlu memeriksa parameter satelit pada penerima TV dengan mengklik Instal di menu dan memilih satelit. Selanjutnya, periksa pengaturan transponder, pengaturan motor, pengaturan LNB, aktuator, dan pengaturan diseqc 1.0 dan diseqc 1.1. periksa secara lengkap untuk mengetahui titik permasalahan yang terjadi

  1. Memeriksa Sambungan Connector Kabel Coaxial

TV mungkin tidak menampilkan sinyal karena alasan sepele, seperti kabel. Kabel adalah alat untuk menghubungkan penerima matriks ke TV Anda. Jika kabel ditemukan rusak, koneksi yang diterima pemirsa akan terputus. Banyak orang salah mengira bahwa perangkat yang rusak pada akhirnya padahal masalah terjadi pada kabel.

Cara selanjutnya untuk mengamankan matriks penerima tanpa sinyal adalah dengan memeriksa koneksi kabel koaksial. Penerima memiliki kabel antena yang dapat dilepas terlebih dahulu. Kemudian konektor diperiksa untuk melihat apakah pemasangannya sudah benar. Selanjutnya, pastikan kabel tembaga baik-baik saja.

judul gambar

Misalnya, untuk kabel berkarat hindari konslet ke serat atau arde dan kencangkan lubang sambungan penerima untuk karat atau konektor yang kendor. Setelah semua dicentang, langkah selanjutnya adalah memeriksa koneksi diseq dan steker lnb. Saat memeriksa lnb, pastikan posisi parabola tidak berubah sehingga tidak perlu untuk mengubah arah dan posisi fokus antena

Ketahui:

  1. Periksa Fokus Parabola

Pada pembahasan sebelumnya telah disebutkan bahwa kehilangan sinyal pada matriks penerima dapat disebabkan oleh berbagai penyebab termasuk pemutusan, karat, lmb mati, dan konektor longgar. Setelah Anda memahami penyebab sinyal penerima matriks, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaikinya.

Sinyal penerima matriks mungkin tidak ditampilkan karena kalibrasi parabola yang tidak tepat. Sedikit kerusakan fisik atau tidak fokus pada perangkat sebenarnya dapat menyebabkan masalah di atas. Untuk memperbaiki kekurangan sinyal pada penerima satelit, langkah selanjutnya adalah memeriksa fokus siaran satelit.

Untuk kategori C-band Parabola sebaiknya perhatikan dulu fokus antena sebelum melakukan pengecekan koneksi Diseqc dan lnb. Penyok atau sesuatu mengenai antena. Ini juga berlaku untuk parabola mini Ku Band. Hal ini juga bisa dilihat pada bagian belakang antena, atau lebih tepatnya pada baut pemasangan sebelumnya.

  1. Memeriksa LNB

Tidak ada sinyal tentang cara memodifikasi penerima satelit Matrix. Langkah selanjutnya adalah memeriksa LNB. Posisi LNB antena C-band harus mengarah ke barat dan posisi LNB antena Ku-band harus mengarah ke selatan atau utara. Jika antena pada posisi yang benar, pastikan LNB terpasang dengan aman dan benar agar parabola mendapatkan sinyal

  1. Salah Program

Jika tidak ada sinyal pada parabola itu karena kesalahan program. Kemudian hanya memprogram ulang parabola untuk mengembalikannya ke normal. Memprogram ulang semua saluran yang ada adalah solusi paling bijaksana sebagai cara program parabola matrix tidak ada sinyal. Pemrograman parabola di bagian instalasi membutuhkan pengetahuan dasar masalah khusus.

Baca Juga:

Cara diatas bisa anda terapkan untuk memprogram parabola matrix. Sebelum melakukan perbaikan, usahakan anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Cari tahu jenis kesalahan yang terjadi sesuai dengan pembahasan diatas sebelum mengotak atik program agar tidak semakin memperburuk kondisi parabola.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.