Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Cuci Muter Satu Arah

2 min read

mesin cuci muter satu arah

Mesin cuci menjadi salah satu barang elektronik yang kehadirannya dianggap sangat penting bagi sebagian besar orang. Pasalnya alat tersebut sangat membantu pekerjaan sehari hari dalam mencuci pakaian. Namun bagaimana jadinya apabila mesin cuci muter satu arah saja atau bahkan mengalami kerusakan yang lebih parah ? Yuk simak penyebab dan cara mengatasinya pada ulasan berikut.

Penyebab Mesin Cuci Berputar Satu Arah

mesin cuci muter satu arah

Penyebab mesin cuci 2 tabung berputar satu arah atau mesin cuci 1 tabung yang tidak bisa berputar bolak balik perlu anda ketahui terlebih dahulu. Mengetahuinya akan membantu anda menemukan solusi terbaik sebagai cara mengatasi permasalahan tersebut. Adapun penyebab mesin cuci berputar satu arah yaitu sebagai berikut.

  1. Timer yang Rusak

Penyebab utama mesin cuci satu tabung tidak berputar bolak balik adalah karena timernya yang sudah rusak. Elemen timer ini menjadi biang kerok lantaran memiliki fungsi yang begitu penting pada sebuah mesin cuci. Fungsinya sendiri yaitu untuk membatasi berapa lama dinamo motor di dalamnya akan berputar.

Dimana timer tersebut juga mengatur hubungan arus listrik yang masuk, sekaligus mengatur arah putaran dinamo motor mesin cuci yang berputar ke kiri dan ke kanan. Sehingga kerusakan pada timer acap kali membuat mesin cuci menjadi berputar satu arah, entah itu ke kanan saja atau sebaliknya ke kiri saja.

Dan untuk penyebab kerusakan pada timer tersebut bisa beragam, tapi yang paling sering terjadi adalah karena putusnya kabel. Anda bisa melihatnya pada switch selector untuk mengetahui apakah ada kabel yang putus atau tidak. Untuk mesin cuci semi otomatis atau model otomatis, timer sendiri ada dua buah yakni untuk mengatur waktu mencuci dan juga untuk pengering.

Baca Dulu;

  1. Karet Vanbelt yang Sudah Longgar dan Usang

Mesin cuci muter satu arah atau bahkan tidak berputar juga bisa disebabkan oleh karet vanbelt yang longgar dan sudah usang. Untuk mengetahuinya, anda bisa langsung memeriksa karet vanbelt tersebut pada bagian mesin. Dan cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung berputar satu arah dalam masalah ini adalah dengan menggeser dinamo untuk penyetelan ulang.

Akan tetapi, apabila anda menemukan karet vanbelt yang sudah terlalu longgar, maka akan lebih baik untuk segera menggantinya saja dengan komponen baru. Sebab akan cukup sulit untuk menyetelnya kembali menjadi kencang apabila sudah dalam kondisi tersebut. Anda tidak perlu khawatir perihal harga, sebab karet vanbelt dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

judul gambar

Selain itu, perlu diketahui bahwa penyetelan ulang karet vanbelt ini juga tidak boleh terlampau kencang. Sebab bukannya mengatasi masalah mesin cuci muter satu arah, kondisi tersebut justru dapat membuat rusaknya gearbox lantaran karet vanbelt yang terlalu kencang. Jadi usahakan untuk membuatnya pas, tidak terlalu longgar maupun tidak terlalu kencang.

  1. As yang Macet

Penyebab lainnya mesin cuci tidak bisa berputar bolak balik yaitu as yang macet. As ini sendiri merupakan salah satu komponen yang kehadirannya begitu penting pada sebuah mesin cuci. Biasanya mesin cuci bahkan tidak akan berputar sama sekali apabila mengalami kerusakan pada dinamo.

Yang mana kerusakan ringan paling sering dialami pada dinamo yaitu tersumbat atau kotor. Sehingga untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membersihkan komponen tersebut secepatnya. Apabila sudah melakukan hal tersebut, namun ditemukan mesin cuci tetap berputar satu arah atau tidak berputar. Ada kemungkinan kapasitor putus sehingga perlu disambung terlebih dahulu.

Baca Dulu:

Mengganti Timer Mesin Cuci

Karena masalah utama mesin cuci muter satu arah terletak pada timernya, maka kali ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai cara mengganti timer tersebut. Dimana untuk melakukannya anda memerlukan obeng kembang dan obeng pipih. Kemudian pertama tama buka bagian cover penutup atas pada mesin cuci.

Kemudian lepaskan tombol wash timer dan juga tombol yang berfungsi untuk mengeluarkan air dari mesin cuci. Buka cover penutup wash timer yang berbentuk kotak berwarna hitam. Di sini, jangan lupa ingat ingat warna kabel yang terpasang pada bagian wash timer tersebut. Lalu lanjutkan dengan melepas ketiga kabel tombol wash timer dan beli tombol wash timer baru di toko.

Supaya lebih mudah, bawa saja tombol wash timer yang rusak agar mendapatkan komponen yang memang dibutuhkan. Apabila sudah ketemu, pasang tombol wash timer yang baru tersebut pada tempatnya. Seperti yang anda ingat tadi, jangan sampai salah pasang kabel yang ada di sana. Selanjutnya tutup cover atas sebagai langkah terakhir mengatasi mesin cuci muter satu arah.

Baca Juga:

Mengetahui permasalahan mesin cuci dan mengatasinya memang bisa dibilang susah susah gampang. Karena anda terlebih dahulu harus memahami komponen komponen yang ada di dalamnya agar tidak salah mengambil langkah. Apabila ingin lebih cepat dan praktis, tentunya anda bisa memilih untuk memanggil teknisi agar mesin cuci dapat ditangani oleh ahlinya.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.