Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG Turbo Drum Tidak Berputar

2 min read

Hometronik.web.id — Bagaimana cara memperbaiki mesin cuci LG Turbo Drum tidak berputar atau tidak bisa spin? Nah disini kita coba ketahui terlebih dahulu penyebab mesin cuci LG tersebut tidak bisa berputar.

Cara memperbaiki mesin cuci LG Turbo Drum tidak berputar

Sebelumnya kita telah membahas mengenai topic yang sama dan terkait yakni Skema Modul mesin cuci LG Turbo drum. Anda bisa membacanya lagi jika mesin cuci LG dirumah mengalami rusak mati total.

Penyebab mesin cuci LG Turbo Drum tidak berputar

Berikut ini beberapa penyebab drum mesin cuci LG tidak mau berputar:

  • Kapasitor rusak
  • Belt putus atau terlepas
  • Motor atau dynamo rusak
  • Mainboard rusak

Dari beberapa penyebab tersebut, Anda bisa cek satu persatu. Jika menemui masalah diantaranya maka bisa diperbaiki atau jika rusak salah satu komponen, maka bisa Anda ganti.

Cara memperbaiki mesin cuci LG Turbo Drum tidak berputar

Untuk kasus mesin cuci yang turbo drum LG yang tidak mau berputar padahal lampu indikator normal disini masalahnya adalah kapasitornya. Kapasitor disini rusak, mati atau lemah.

kapasitor rusak
Kapasitor rusak

Jadi untuk memperbaikinya maka kita ganti kapasitornya. Harga kapasitor mesin cuci turbo drum merk LG sekitar 400ribuan di service center LG.

Setelah Anda membeli kemudian mengganti kapasitor pada mesin cuci tersebut maka drum pada mesin cuci dipastikan akan mau berputar normal kembali.

Jika drum mesin cuci tidak mau berputar, maka cek sambungan kabel dari kapasitor ke board mesin cuci. Atau cek kabel kapasitor ke motor.

Harga kapasitor mesin cuci LG

Di toko online, banyak dijual komponen elektronik mesin cuci termasuk kapasitor mesin cuci LG turbo drum. Anda bisa membeli secara online, ada yang baru ada juga yang bekas.

Untuk membeli komponen kapasitor ini, yang perlu diperhatikan adalah nilai tegangan (V), kapasitansi (uF), induktansi (H) yang harus sama.

Harga kapasitor mesin cuci LG untuk semua tipe di toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak sekitar Rp.55.000 – Rp.80.000.

Mesin cuci LG Turbo Drum

Mesin cuci LG turbo Drum adalah mesin cuci 1 tabung yang tergolong mesin cuci top loading.

Pada mesin cuci ada istilah top loading dan front loading.

Top loading adalah tipe mesin cuci yang bukaannya ada di bagian atas. Sedangkan front loading adalah mesin cuci yang bukaanya ada di bagian depan. Sesuai istilah bahasa inggrisnya ya, top itu atas, dan front itu depan.

Mesin cuci LG turbo Drum ini memiliki performa mencuci yang kuat. Makanya disebut turbo.

Lalu, mesin cuci ini juga merupakan mesin cuci digital. Jadi, tombol dan layar pada bagian atas untuk petunjuk sudah menggunakan teknologi digital. Ini akan terlihat lebih modern dan canggih. Pastinya lebih memudahkan dalam pengoperasiannya serta terlihat mewah.

judul gambar

Tentunya ini adalah kemajuan dibidang teknologi elektronik. Karena sebelumnya kita mengenal mesin cuci manual.

Mesin cuci LG turbo Drum dibekali teknologi smart inverter. Tidak hanya kulkas saja yang memiliki smart inverter. Kesamaannya adalah teknologi smart inverter pada kulkas dan mesin cuci adalah sama-sama hemat listrik.

Baca Dulu:

Mesin cuci LG Turbo Drum 1 tabung

mesin cuci lg turbo drum tidak bisa spin

Mesin cuci LG Turbo Drum 1 tabung ini memiliki fitur:

  • Smart Inverter
  • Smart motion
  • TurboDrum™ with Punch+3
  • Smart Diagnosis™
  • Pre Wash

Untuk kaca bagian atas atau penutup memiliki dimensi yang lebar dan anti guncangan.

Mesin cuci ini sudah teruji dapat mencuci dengan beban muatan 8,4 kg pada tingkat pencucian normal dengan kebisingan yang lebih rendah.

Harga: Rp.3000.000 – 4.900.000

Mesin cuci LG 2 tabung

cara memperbaiki mesin cuci lg 2 tabung tidak berputar

Salah satu keluaran LG dengan mesin cuci 2 tabungnya adalah mesin cuci LG P1600RT yang bisa Anda pilih.

Dimensi mesin cuci ini adalah 964 x 540 x 1043 mm untuk kapasitas 16 kg yang mana kapasitas ini sangat besar atau 2x lebih besar dari ukuran standar mesin cuci 1 tabung. Karena pada umumnya mesin cuci memiliki ukuran kapasitas 7 – 8 kg jika itu 1 tabung.

Aliran air akan kuat karena fitur Punch + 3 dimana akan melakukan kolaborasi yang menghasilkan 3 aliran air.

Harga: Rp. 3.180.000-4.145.000

Related Posts:

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki mesin cuci LG Turbo Drum tidak berputar yang disebabkan kerusakan salah satu komponennya. Dengan informasi ini semoga bermanfaat buat Anda semua!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.