Penyebab Mesin Cuci Tidak Mau Berputar Hanya Suara Berdengung Dari Dinamo

2 min read

Mesin cuci 1 atau 2 tabung Anda tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo saja? Mungkin artikel ini bisa membantu Anda. Kami coba mengidentifikasi penyebab dari pengering mesin cuci 1 tabung tidak berputar dan hanya mendengung.  Dan kami coba berikan solusi untuk mengatasinya yang semoga bisa membantu Anda semua! Mari simak artikelnya!


mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat penting, karena dapat memudahkan pekerjaan rumah anda seperti mencuci pakaian dan mengeringkannya dalam waktu singkat. Namun bagaimana jika mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo ? Berikut ketahui penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar atau Berputar Pelan

  1. Ada Kabel yang Putus

Salah satu penyebab mesin cuci tidak mau berputar yang paling sering terjadi adalah adanya sambungan kabel yang putus. Putusnya kabel sendiri memang bisa terjadi, misalnya karena gigitan tikus. Jika kabelnya putus, maka sudah bisa dipastikan bahwa mesin cuci termasuk bagian pengeringnya tidak akan bisa berjalan sama sekali.

  1. Pintu Mesin Tidak Tertutup dengan Baik

Jika mesin cuci 1 tabung tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo saat mengeringkan, maka ini mungkin terjadi lantaran pintu mesin cuci yang tidak tertutup dengan baik. Meski terdengar sepele, namun beberapa model mesin cuci memang tidak dapat bekerja apabila pintunya belum tertutup rapat.

mesin cuci 1 tabung tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo
Adanya kotoran pada mesin cuci

Bahkan kotoran yang ada di sela sela pintu pengering atau material lainnya yang dibiarkan menumpuk begitu saja, juga dapat berpotensi membuat pintu mesin cuci tidak bisa tertutup dengan baik. Alhasil, mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo saja yang akan anda dapatkan.

  1. Tali Rem Pengering Putus

Rem pengering berfungsi untuk membuat dinamo pengering yang tengah berputar, dapat berhenti konstan apabila pintu pengering dibuka. Namun jika tali rem pengering ini putus, maka bisa membuat mesin cuci kadang berputar kadang tidak. Sehingga untuk mengatasinya maka anda perlu mengganti tali rem ini dengan yang baru.

  1. Dinamo Pengering Rusak
penyebab dinamo berdengung tidak berputar
Penyebab dinamo berdengung tidak berputar

Penyebab dinamo berdengung tidak berputar lainnya yaitu karena terjadinya kerusakan pada dinamo tersebut. Kerusakan ini sendiri terbilang cukup sering terjadi, sebab coil atau lilitan dinamo mengalami short atau putus. Sehingga pada akhirnya menyebabkan mesin cuci tidak bekerja dan hanya mendengung saja. Anda pun perlu mengganti dinamo dengan yang baru untuk mengatasinya.

  1. Kapasitor Rusak

Mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo juga bisa terjadi lantaran kapasitor terbakar atau mengalami kerusakan. Hal ini terjadi karena komponen kapasitor terus bekerja menyimpan serta melepaskan arus secara terus menerus ketika mesin cuci digunakan.

Kapasitor yang bekerja tanpa istirahat, membuatnya menjadi kurang kapasitas atau bahkan mengalami kebocoran. Hal ini pada akhirnya membuat mesin cuci 2 tabung tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo. Yang mana pada mesin cuci 2 tabung sendiri terdapat 2 kapasitor sebagai komponennya.

  1. Motor Dinamo Lemah

Dinamo mesin cuci tidak berputar biasanya sangat mungkin terjadi karena lemahnya tenaga yang dihasilkan dinamo motor pada pengering tersebut. Hal ini membuat rotasi yang dihasilkan pun menjadi lambat. Penyebab lemahnya dinamo ini sendiri kebanyakan karena faktor usia, sehingga wajah apabila performa mesin menjadi menurun.

  1. Beban Terlalu Banyak

Pengering mesin cuci 1 tabung tidak berputar hanya mendengung bisa terjadi karena beberapa masalah sepele seperti beban yang terlalu banyak. Kelebihan beban memang akan membuat rotasi mesin berjalan lebih lambat. Maka dari itu, anda perlu menentukan batas maksimum pakaian untuk mencegah mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo.

Related Post:

Cara mengatasi mesin cuci yang tidak mau berputar tergantung dari penyebab yang melatarbelakanginya seperti yang telah disebutkan di atas. Namun jika penyebabnya adalah kerusakan berat, maka akan lebih baik untuk membeli perangkat baru. Terlebih jika mesin cuci anda adalah keluaran lama, sebab biaya perbaikannya mungkin tidak berbeda jauh dari biaya membeli mesin cuci baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *