Gambar Skema Dinamo Mesin Cuci (Warna Kabel, Jumlah Lilitan)

2 min read

Pembahasan kali ini akan mengulas tentang dinamo mesin cuci. Terutama masalah skema gulungan dinamo mesin cuci. Beberapa hal terkait dengan dinamo mesin cuci ini adalah jumlah lilitan dinamo mesin cuci, warna kabel dinamo pada jenis mesin cuci front loading. Untuk lebih jelasnya, kita langsung saja ke pembahasan, yuk cekidot!


skema dinamo mesin cuci

Home Tronik — Menjadi salah satu barang elektronik yang begitu penting dalam kehidupan sehari hari, penting untuk anda juga mempelajari bagaimana skema dinamo mesin cuci. Dengan begitu, maka anda pun dapat dengan mudah mengotak atiknya apabila mesin cuca mengalami kerusakan, atau saat anda memilih membeli mesin cuci second.

Skema Dinamo Mesin Cuci

Setiap mesin cuci biasanya sudah dilengkapi dengan sebuah gambar diagram pengkabelan atau skema dari pabrik yang memproduksinya. Yang mana skema dinamo pengering mesin cuci ini digunakan untuk keperluan saat melakukan service perangkat, apabila mesin cuci tersebut mengalami kerusakan.

Lokasi dari stiker gambar perkabelan mesin cuci atau skema mesin cuci ini sendiri lazimnya diletakkan pada bagian belakang perangkat tersebut. Beberapa produsen mungkin meletakkannya di body mesin cuci bagian belakang, namun ada juga yang menempelnya di bagian dalam tutup mesin cuci area belakang.

Kegunaan / Manfaat Mengetahui Skema Mesin Cuci

  1. Manfaat Skema di Pabrik

Skema dinamo mesin cuci sangat berguna ketika proses perakitan alat elektronik tersebut di pabrik. Karena pada proses pembuatannya, tentu mesin cuci ini tidak hanya dirakit oleh satu orang saja, melainkan bisa puluhan hingga ratusan atau ribuan orang. Karena alasan tersebut, maka skema mesin cuci ini kemudian dibuat.

Tujuannya adalah agar setiap orang yang terlibat dalam pembuatan perangkat, bisa mengetahui kode kode atau jalur yang harus dipasang pada mesin cuci. Mengingat bahwa setiap orang tentu akan sulit dalam menghafal setiap bagian di dalamnya. Maka skema gulungan dinamo mesin cuci ini akan membantu dalam proses pemasangan komponen, sesuai dengan gambar diagramnya.

  1. Manfaat Saat Terjadi Kerusakan

Skema dinamo mesin cuci juga sangat berguna ketika terjadi kerusakan pada perangkat. Karena dengan adanya skema tersebut, maka seorang teknisi atau tukang service mesin cuci dapat dengan mudah menelusuri komponen atau bagian mana yang mengalami masalah. Sehingga kerusakan pun bisa diatasi dengan baik.

Menggulung / Lilitan Dinamo Mesin Cuci

Menggulung dinamo mesin cuci atau pengering, sama halnya seperti anda menggulung dinamo pada kipas. Hanya saja untuk mesin cuci, terdapat 2 tingkat tiap kutubnya dan kawat yang digunakan juga lebih tebal. Umumnya, kawat yang digunakan di sini memiliki ukuran 040, running dan starting. Lalu untuk pengering menggunakan 030 running dan 025 starting.

Daftar jumlah lilitan dinamo mesin cuci bisa berbeda beda, tergantung pada besar kecil lubang alur. Jadi yang membedakannya bukan pada merk, meski anda pun tetap dapat menyertakan merk ketika ingin membuat datanya. Oleh karena itu, mesin cuci dengan merk sama pun belum tentu membutuhkan jumlah lilitan sama.

Berikut tabel jumlah lilitan dinamo mesin cuci.

jumlah lilitan dinamo mesin cuci
Jumlah lilitan dinamo mesin cuci

Contoh Skema Gulungan Dinamo Mesin Cuci

Setiap jenis mesin cuci mempunyai tingkat kesulitan dan kerumitan skema yang berbeda beda. Sehingga tidak hanya lubang alur saja yang perlu diperhatikan, karena mempengaruhi jumlah lilitan yang diperlukan. Namun warna kabel dinamo mesin cuci juga harus diperhatikan, agar penyambungan alurnya dilakukan dengan tepat.

Dalam hal ini, jika dilihat secara berurutan maka skema yang paling sederhana dan muda adalah untuk mesin cuci dua tabung. Lalu yang kedua adalah mesin cuci top loading, sementara yang paling rumit yaitu skema dinamo mesin cuci front loading. Namun jika sudah memahami skema yang paling sederhana, maka skema yang sulit pun akan lebih mudah dipelajari.

Berikut contoh skema mesin cuci.

gambar skema gulungan dinamo mesin cuci
Contoh gambar skema mesin cuci

jumlah lilitan dinamo mesin cuci

Artikel Terkait:

Apabila dilihat secara sepintas mungkin akan sulit memahami skema mesin cuci pada contoh di atas. Namun diagram yang dihadirkan oleh produsen pada setiap perangkat yang telah didistribusikan ke pasaran ini, sangat berguna bagi teknisi untuk melakukan perbaikan apabila mesin cuci mengalami masalah. Maka dari itu, pastikan anda tidak melepas label skema tersebut dari perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *