Tabel Ukuran Pipa Kapiler AC 1 PK

1 min read

Tabel ukuran pipa kapiler

AC memiliki banyak komponen di dalam mesinnya, salah satunya adalah pipa kapiler. Pipa ini merupakan komponen elektronik penting di dalam AC karena memiliki fungsi sebagai penurun tekanan refrigan. Fungsi lainnya adalah mengalirkan refrigan yang dimiliki kulkas menuju evaporator. Ada berbagai macam ukuran pipa ini, berikut adalah tabel ukuran pipa kapiler yang banyak dipakai.

Fungsi Pipa Kapiler

Tabel ukuran pipa kapiler

Pipa kapiler memiliki beberapa fungsi untuk kulkas, diantaranya adalah:

1. Menghubungkan Dua Bagian Komponen

Di dalam kulkas terdapat dua komponen yang bekerja secara bersamaan, yakni komponen dengan tekanan tinggi dan komponen yang memiliki tekanan rendah. Pipa kapiler ini memiliki fungsi untuk menghubungkan dua komponen tersebut. Cara kerjanya adalah komponen dengan tekanan tinggi akan diubah tekanannya.

Pengubahan tekanan ini dilakukan sebelum melewati pipa kapiler, setelah melewati pipa tersebut, maka komponen akan memiliki tekanan yang rendah. Jika suhu dan tekanan menurun, maka penurunan suhu bisa dilakukan, bahkan sampai fase liquid. Ketika ini terjadi, kulkas akan berada di suhu terendah.

2. Mengalirkan Refrigan

Ukuran pipa kapiler ac 1 pk memang berbeda-beda, namun fungsinya tetap sama, yakni mengalirkan refrigan. Refrigan merupakan komponen yang memiliki bentuk cair di dalam kulkas, sehingga proses perpindahannya harus menggunakan pipa kapiler. Tidak jarang, ketika refrigan mengalir, Anda akan mendengar bunyi seperti air yang mengalir.

Sebagai pengalir refrigan, ukuran pipa kapiler harus disesuaikan dengan baik. Umumnya pihak pembuat kulkas sudah menyediakan ukuran standar untuk pipa kapiler yang mereka gunakan. Apabila hendak diganti, maka harus berpatokan dengan ukuran tersebut atau pada hubungan diamer dan panjang dari pipa kapiler.

Baca Dulu: Kode Error LG Inverter

Ukuran Pipa Kapiler

Ada berbagai macam jenis pipa kapiler dan ukurannya, untuk melihat ukuran pipa kapiler, Anda bisa melihat diameter pada bagian dalam pipa. Ini tentu berbeda dengan pipa tembaga, pipa tembaga diukur dari bagian luar pipa. Rincian dari komponen pipa kapiler adalah sebagai berikut:

  • Pipa kapiler menghubungkan saringan dengan evaporator, yang menyebabkan kulkas berfungsi secara ideal dengan memberikan batasan tekanan pada komponen bertekanan tinggi dan rendah.
  • Di bagian tengah terdapat saluran hisap, yang dipasang dengan cara disolder. Fungsinya sebagai penukar kalor di dalam kulkas.

Untuk memudahkan Anda mengetahui ukuran pipa kapiler kulkas 1 pintu, berikut adalah rincian tabel yang sebaiknya Anda ketahui.

Tabel ukuran pipa kapiler
Tabel ukuran pipa kapiler

Dari tabel berikut, dapat diambil rincian bahwa semua ukuran ID atau inside diameter dikalikan dengan panjang pipa kapiler, sehingga diketahui ukuran pipa yang sesuai dengan jenis kulkas dan kebutuhan. Cara ini sering digunakan apabila Anda tidak mengetahui ukuran pasti dari pipa kapiler di dalam kulkas dan hendak menggantinya.

Baca Dulu:

Terdapat tabel ukuran pipa kapiler yang bisa digunakan sebagai rincian lebih lanjut, apabila hendak diubah sesuai dengan kebutuhan kulkas yang dipakai, tabel tersebut adalah:

tabel ukuran pipa kapiler ac

Cara Membaca Panjang Pipa Kapiler

Berikut adalah cara membaca panjang pada pipa kapiler, yakni:

  • Letakkan ukuran inside diameter di lajur bagian kiri.
  • Tarik garis mendatar ke kanan, nantinya Anda akan mendapatkan faktor penggali.
  • Kalikan panjang pipa dengan faktor yang didapatkan dari hasil pencarian faktor penggali.
  • Hasilnya Anda akan mendapatkan ukuran pipa kapiler yang baru dengan ukuran yang sesuai jenis kulkas.

Artikel Terkait:

Tabel ukuran pipa kapiler AC dengan kulkas memang berbeda, namun mereka memiliki fungsi dan ukuran yang kurang lebih sama. Anda bisa mendapatkan pipa kapiler dengan melakukan pembelian di toko atau gerai yang menyediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Privacy | Contact Us | Disclaimer | Sitemap | About
2021 © Copyright by Hometronik.web.id