Cara Setting Remote AC Aqua Biar Cepat Dingin Maksimal

2 min read

Bagaimana cara setting AC Aqua biar dingin? Kenapa sih kita perlu tahu cara mengatur tombol remote AC Aqua ini? Bukankah untuk mendinginkan ruangan cukup pencet tombol On/Off remote AC, selesai?!!

Sebagai orang awam mungkin tidak akan terbayang jika menyalakan AC ada cara tersendiri agar cepat dingin. Orang biasanya hanya menyalakan AC saja, lalu ditinggal tanpa mengatur apapun melalui remote.

 

cara setting ac aqua biar dingin

Namun beberapa saat setelah menyalakan AC lalu tidak dingin juga, barulah mau mengutak-atik tombol remote.

Nah jika Anda ingin AC rumah Anda cepat dingin dan stabil maka bisa baca artikel Hometronik kali ini. Karena, cara ini bisa menghemat listrik dirumah Anda juga lho, yuk lanjut baca!

Cara setting AC Aqua biar dingin

Cara setting remote AC Aqua biar dingin maksimal:

  • Tekan tombol Power (On/Off) pada remot kontrol AC Aqua.
  • Tunggu sampai muncul indikator suhu pada display remot.
  • Atur suhu kamar bersisar 22 derajat hingga 24 derajat celcius.
  • Biarkan Ac menyala pada suhu tersebut kurang lebih 1 menit agar terjadi penyesuaian pada kompresor AC.
  • Langkah selanjutnya dengan memilih mode Cool. Maka unit AC akan bekerja melakukan pendinginan secara efektif serta efisien.
  • Selanjutnya, turunkan suhu udara dengan bertahap setiap 1 menit 1 derajat hingga Anda nyaman dengan tempteratur ruangan tersebut.

Agar lebih nyaman lagi, silahkan atur kecepatan perputaran kipas dengan menekan timbol fan di remote.

Jika Anda ingin mengatur arah aliran udara maka bisa menekan tombol Swing pada remote. Ini dimaksudkan agar arah angin AC tidak langsung mengenai tubuh.

Hal yang perlu dihindari saat setting AC

Pertama, jangan langsung menurunkan temperatur secara langsung ke posisi rendah atau posisi yang Anda inginkan. Ini akan membuat kompresor AC mendadak akan terus bekerja penuh. Dalam jangka panjang, maka ini akan membuat AC cepat mengalami kerusakan.

Kedua, tutup semua ventilasi termasuk lubang roaster. Ini dimaksudkan agar suhu ruangan cepat dingin sehingga AC bisa bekerja efektif dan efisien. Selain itu, hal ini bisa mengurangi sedikit daya listrik, lebih irit dan tidak memberatkan kinerja AC.

Baca Dulu: Kode Error AC LG Inverter

Cara setting remote AC Aqua biar dingin sekali pencet

Jika Anda malas melakukan tahap demi tahap seperti cara setting diatas, maka bisa langsung menggunakan tombol mode Auto.

cara setting remote ac aqua biar dingin
Cara setting remote AC Aqua biar dingin

Tombol ini sudah terkonfigurasi secara otomatis untuk mendinginkan ruangan secara efektif dan efisien.

judul gambar

Cara ini terbilang simple dan khusus bagi orang awam pastinya akan sangat membantu.

Mempercepat proses pendinginan

Jika Anda menginginkan proses dingin lebih cepat ada fitur Powerful/Jet. Fitur ini akan bekerja mempercepat proses pendinginan suhu ruangan secara maksimal.

Baca Dulu: Cara Setting Remote AC Samsung Biar Dingin

Penyebab AC Aqua tidak dingin

Ada beberapa hal yang menyebakan AC Aqua Japan tidak dingin sesuai harapan. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Pengaturan remote kurang tepat

Jika Anda salah dalam mengatur mode pada remote AC Aqua maka bisa menyebabkan suhu ruangan tidak dingin. Selain suhu ruangan tidak dingin, tentu bisa membuat kinerja AC Aqua tidak efektif. Nah, jika begitu maka seperti yang kami singgung diatas, Anda tidak usah repot-repot, langsung aja tekan tombol mode Auto.

2. Kapasitas ruangan tidak sesuai kapasitas AC

cara setting remote ac aqua biar dingin

Setiap ruangan memiliki kapasitas kemampuan AC sendiri-sendiri untuk mendinginkannya. Jika tidak maka ruangan tidak akan dingin maksimal. Misal, ruangan 6 x 6 m2 dipasang AC daya 1/2 PK. Maka ruangan tidak akan dingin maksimal karena 1/2 PK diperuntukan untuk ruangan 3×3 m2. Untuk ruangan 6 x 6 m2 sebaiknya memakai AC yang mempunyai daya 2 PK.

Baca Juga: Fungsi Tombol Remote AC Samsung

3. Tekanan freon AC kurang

Freon ini berperan dalam pendinginan. Jika freon habis maka dingin yang dihasilkan AC juga akan berkurang. Pengisian freon AC ini biasanya dilakukan hanya 4 – 5 tahun sekali. Dalam kasus tertentu jika mengharuskan sering mengisi freon maka kemungkinan ada yang tidak beres. Bisa karena freon patah, bengkok atau bocor. Tentu butuh teknisi perbaikan AC untuk mengatasinya.

Mungkin Anda pernah merasakan, saat membeli AC lalu dipasang dan dicoba lalu ditunggu lama tapi ruangan tidak dingin juga. Nah, bisa saja beberapa penyebab diatas mungkin adalah salah satu penyebabnya!

Baca Juga:

Setelah tahu penyebabnya, kini kita bisa tahu dan menyelesaikan masalahnya kan?

Nah semoga artikel ini bermanfaat buat Anda ya!!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.