Penyebab Fuse Power Supply Sering Putus / Konslet

2 min read

penyebab fuse power supply putus

Penyebab fuse power supply putus pada motor harus segera diketahui, pasalnya fuse atau sekring yang rusak dapat mengganggu kinerja motor. Bahkan tak jarang kejadian ini terjadi meskipun sekring motor baru saja diganti. Korsleting pada motor tentu menjadi momok mengerikan bagi para pemilik motor, sehingga meskipun sepele permasalahan ini harus cepat ditangani.

penyebab fuse power supply putus

Namun apa sebenarnya penyebab sekring motor putus? Rupanya terdapat beberapa penyebab yang jarang diketahui para pemilik motor.

Baca Juga : Skema Power Supply TV LED Polytron 24 Inch

Apa Itu Fuse?

Fuse atau kerap disebut dengan sekring, adalah komponen yang memiliki fungsi besar bagi sepeda motor yakni untuk memutus arus listrik berlebih. Pada beberapa kasus sekring putus, dapat menyebabkan kebakaran di rangkaian kelistrikan motor. Jenis sekring yang digunakan pada motor umumnya ada dua jenis, yakni sekring tabung (tube) dan tancap (blade).

  • Jenis Tabung (Tube)

Fuse Tabung

Jenis ini kerap digunakan pada kendaraan model lawas, dan dapat memudahkan mekanik maupun pengendara ketika ingin melihat kondisinya putus atau tidak. Pasalnya kawat pengamannya dilindungi oleh tabung kaca bening sehingga dapat dilihat dengan mudah.

  • Jenis Tancap (Blade)

Fuse Tancap

Jika jenis tabung digunakan pada model lawas, jenis tancap satu ini kerap digunakan pada kendaraan modern. Mengapa dinamai fuse tancap? Karena cara pemasangannya yang ditancapkan dengan berbagai pilihan warna berbeda sesuai kapasitasnya diantaranya hijau 30A, ungu atau bening 25A, kuning 20A, biru 15A, merah 10A, dan oranye 5A.

Baca Juga :

Penyebab Fuse Putus

Tanda-tanda dari sekring yang putus adalah klakson dan lampu tidak dapat menyala meskipun dalam keadaan hidup, selain itu mesin juga dapat mati apabila sekring utama terputus. Berikut ini beberapa penyebab yang kerap terjadi:

judul gambar

1. Korsleting Listrik

Korsleting listrik juga bisa menyebabkan sekring motor putus, karena dapat menimbulkan percikan api sehingga komponen terbakar. Penyebab umunya terjadi akibat arus listrik masuk tidak stabil. Cara mudah mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin. Apabila terjadi korslet, segera cari bagian yang korslet agar nantinya tidak merembet ke komponen lainnya.

2. Beban Berlebih

Kelebihan beban listrik juga bisa menyebabkan sekring putus, bahkan hingga terbakar lalu meleleh. Beban listrik ini dapat terjadi karena voltase terlalu kecil, sehingga ada baiknya selalu menggunakan kabel dengan voltase lebih besar serta sesuai dengan kapasitas kelistrikan kendaraan. Apabila hal tersebut terjadi, maka solusinya adalah segera mengganti dengan yang baru.

3. Kualitas Fuse Kurang Bagus

Kualitas Fuse Kurang Bagus

Penyebab power supply konslet selanjutnya karena kualitas serta ketebalan sekring kurang bagus. Pasalnya kualitas dari fuse juga dapat menentukan kinerja kendaraan, sehingga apabila kondisinya terlalu tipis maka terasa lebih longgar ketika dipasangkan pada box-nya.

Fuse yang terlalu tipis dapat berpengaruh pada arus aliran listrik, sehingga apabila kurang kuat maka dapat menyebabkan komponen motor terbakar. Solusinya adalah selalu berhati-hati dan pintar dalam memilih fuse.

4. Gigitan Hewan

Meskipun terdengar sepele, namun gigitan hewan seperti tikus juga bisa menyebabkan sekring motor terputus. Sehingga area kabel pada box harus selalu dilakukan pengecekan. Ketika kondisi box sudah tidak rapi dan kawat putus, maka besar kemungkinan sekring terputus karena digigit tikus.

Guna meminimalisir risiko kerusakan, pemilik harus rutin melakukan pengecekan. Jika perlu Anda juga dapat menandai kapan waktu terakhir pemasangan fuse.

5. Pemasangan Kurang Tepat

Pemasangan Fuse Kurang Tepat

Pemasangan sekring harus dilakukan dengan tepat, artinya harus benar-benar tepat, rapat, dan bagian sekring holder tidak longgar. Sehingga ketika terdapat bagian dudukan fuse yang longgar, ada baiknya terlebih dahulu dirapatkan agar bisa menjepit secara sempurna.

Ketahui :

Itulah penyebab fuse motor sering putus dan harus diketahui setiap pemilik motor. Semoga informasi di atas bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.