Penyebab LED TV Tiba-Tiba Mati Standby & Cara Memperbaikinya

2 min read

tv tiba tiba mati standby

Saat Anda mempunyai perangkat elektronik seperti televisi, pastinya akan mengalami beberapa masalah setelah penggunaan dalam jangka waktu lama. Salah satu yang cukup sering terjadi adalah TV tiba-tiba mati standby. Kondisi seperti ini tentu sangat mengesalkan, apalagi jika Anda dan keluarga ingin menikmati waktu kebersamaan dengan menonton acara TV kesukaan.

tv tiba tiba mati standby

Untuk mengatasi masalah tersebut, pastinya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang hal apa saja yang menjadi penyebabnya. Barulah setelah semua itu diketahui, Anda dapat mulai melakukan perbaikan sendiri ataupun menggunakan bantuan teknisi elektronika. Bagi Anda yang ingin mengetahui penyebab serta cara mengatasi masalah TV standby ini, berikut adalah informasi selengkapnya.

Baca Dulu : TV Tiba-tiba Mati lampu Power Hidup

Penyebab TV LED / Tabung Mati Standby

Penyebab TV Mati Standby

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan TV mati atau dalam keadaan standby. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum pada masalah ini:

1. Regulator Fly Back Mati

Masalah pertama yang bisa membuat televisi mati atau standby adalah regulator mati. Hal ini bisa terjadi karena transistor horizontal tidak dapat berfungsi seperti biasanya. Kemungkinan terbesar transistor horizontal-nya tidak dapat menangkap sinyal dari IC prosesor. Kondisi tersebut menyebabkan fly back menjadi tidak berfungsi maksimal sehingga TV menjadi rusak.

2. Tegangan Mengalami Drop

Berikutnya, masalahnya TV Panasonic, TV, Hitachi, ataupun TV sharp tiba-tiba mati standby adalah karena tegangan mengalami drop. Namun, sebelum memutuskannya, terlebih dahulu harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu pada remote dan juga tombol switch televisi. Hal itu karena masalah ini juga kerap terjadi karena remote rusak.

Setelah memastikan bahwa remote dan switch button masih berfungsi dengan baik, berarti bisa disimpulkan bahwa kerusakan terjadi di mesin. Turunnya tegangan ini biasa terjadi karena ada komponen yang mengalami short. Selain itu, rusaknya blok power supply juga bisa menjadi penyebab tegangan TV menjadi drop.

Baca Dulu :

judul gambar

Cara Memperbaiki TV Mati Standby

Cara Memperbaiki TV Mati Standby

Setelah berhasil menemukan sumber masalahnya, berikutnya Anda sudah dapat mulai untuk mencoba mencari solusi untuk memperbaiki TV LED ataupun TV tabung tiba-tiba mati standby. Nah, berikut ini adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

  • Pertama, hidupkanlah televisi menggunakan remote ataupun langsung dengan Power button.
  • Apabila tidak menunjukkan reaksi ataupun lampu menjadi kedap-kedip, maka matikanlah saja televisi. Hal ini dilakukan karena kondisi tersebut jika dibiarkan cukup berbahaya.
  • Setelah itu, bukalah case TV secara perlahan agar tidak terkena jaringan listrik
  • Selanjutnya, lakukanlah pengukuran tegangan di b+ 115 pada bagian Fly Back.
  • Kemudian, cek juga komponen lainnya.
  • Jika di b+ drop, maka lakukan pencopotan transistor horizontal.
  • Setelah itu, lakukanlah pengukuran ulang tegangan. Apabila setelah transistor dicopot tegangan di B+ jadi normal, maka lakukan pemeriksaan pada horizontal transistor. Umumnya, adanya short yang menyebabkan tegangan turun.
  • Sebaliknya, jika di B+ kondisinya masih drop meskipun telah dilakukan pencopotan transistor, maka masalah bisa jadi ada di power supply. Akan tetapi, untuk memastikannya, diperlukan pengecekan B+ dalam kondisi tidak ada beban. Apabila hasilnya menunjukkan normal, berarti Fly Back mengalami Short.
  • Jika sudah ditemukan masalahnya, segera lakukan penggantian komponen atau perbaiki jika masih mungkin untuk mengatasi TV tabung atau TV LED mati standby.

Pada umumnya, TV Sharp, Panasonic, Itachi, Toshiba, ataupun TV cina mati standby dapat diatasi dengan langkah-langkah di atas, Namun, jika memang ditemukan kerusakan lebih parah, maka mau tidak mau Anda harus membawanya ke teknisi elektronik terdekat.

Ketahui :

Itulah tadi pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi TV tiba-tiba mati standby. Dengan berbekal informasi tersebut, Anda dapat melakukan perbaikan ringan sendiri sebelum memutuskan membawa televisi ke jasa service elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text