Penyebab & Cara Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

2 min read

tv mati total lampu indikator tidak menyala

TV mati total lampu indikator tidak menyala dapat diperbaiki dengan mudah oleh mereka yang menguasai keterampilan dasar elektronik. Cara memperbaiki TV mati total lampu indikator menyala menjadi keterampilan lainnya bagi orang-orang yang paham akan elektronik. Serupa dengan merk TV lainnya, Polytron juga dapat mengalami kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba.

tv mati total lampu indikator tidak menyala

Salah satu kerusakan yang terjadi adalah TV Polytron mati total lampu indikator tidak menyala. Untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil oleh teknisi adalah mengenal penyebab TV LED mati total lampu indikator tidak menyala. Dengan mengetahui penyebabnya, teknisi dapat menentukan langkah apa yang dapat diambil selama proses perbaikan.

Baca Dulu: Cara Program TV Parabola Matrix

Cara Memperbaiki Tv Mati Total Lampu Indikator Menyala

TV mati total lampu indikator tidak menyala merupakan kejadian yang cukup membingungan ketika pemilik TV mengalaminya secara tiba-tiba. Untuk membuat TV menyala kembali, kita biasanya memanggil jasa servis TV atau teknisi yang sangat paham tentang kondisi tersebut. Teknisi akan melakukan pembongkaran jika tidak mendapatkan reaksi yang diinginkan. Berikut ini merupakan cara yang dilakukan oleh teknisi ketika berhadapan dengan TV Polytron yang mati total dan indikator tidak menyala:

  1. Menyalakan TV dengan menggunakan remote
  2. Bila tidak mendapatkan reaksi, TV dimatikan dan melakukan pembongkaran
  3. Casing TV dibuka dan mengukur tegangan pada flyback
  4. Jika terjadi b+ drop, maka transistor dibuka dan mengukur tegangannya kembali

Apabila TV Polytron mati total namun lampu indikator tidak menyala dapat pula disebabkan oleh regulator atau power supply. Hal tersebut membuat teknisi akan fokus pada perbaikan power supply. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Mengukur tegangan berdasarkan dengan main board SMPS
  2. Tegangan yang ada pada mikrokontroler sebesar 5v. Jika kurang dari itu, power supply dipastikan mengalami kerusakan
  3. Cek tegangan pada kontrol “ ON”
  4. Melakukan cek tegangan pada SMPS jika diperlukan

Cara memperbaiki TV mati total lampu indikator menyala memiliki langkah yang berbeda dengan indikator yang tidak menyala. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek tegangan pada B+ 115v. Tegangan tersebut digunakan untuk menghantarkan sirkuit horizontaltrafo flyback. Kemudian dilanjutkan dengan mengukur tegangan pada B+ drop. Jika langkah tersebut selesai dilakukan, pin standby juga perlu untuk dicek. Dengan begitu, besaran tegangan dapat diketahui, apakah sesuai atau tidak.

judul gambar

Baca Juga :

Penyebab TV LED Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Penyebab TV LED mati total lampu indikator tidak menyala yang pertama adalah besar tegangan keluaran regulator yang tidak bekerja secara normal. Kondisi tersebut dapat terjadi karena transistor horizontal tak dapat bekerja dengan seharusnya. Besar kemungkinan jika transistor mati atau tidak memperioleh sinyal dari ic prosesor yang menyebabkan flyback tidak mampu bekerja.

TV mati total lampu indikator tidak menyala juga dapat disebabkan oleh tegangan yang drop. Tegangan pada TV dapat mengalami drop ketika tombol switch mati atau remote yang mengalami kerusakan. Penggunaan remote harus dipastikan dengan benar jika tidak ingin menemui tegangan TV yang drop. Tegangan drop pada TV dapat pula disebabkan oleh salah satu komponen yang rusak. Blok power supply yang rusak menjadi alasan lain yang menimbulkan tegangan drop.

Penyebab TV LED mati total lampu indikator tidak menyala harus benar-benar diperhatikan dengan baik sehingga masalah TV yang mati total tidak akan terjadi. Kita dapat melakukan pengecekan pada tombol switch atau remote selama berkala jika tidak ingin menemui masalah TV mati total secara tiba-tiba.

Baca Dulu:

Penyebab TV LED mati total lampu indikator tidak menyala pada TV Polytron sulit dilakukan ketika IC utama mengalami kerusakan. Kita perlu mencari pengganti IC jika ingin melakukan perbaikan pada TV yang mati total. Karena kesulitan untuk mendapatkan ic TV, kita harus berpikir berulang kali untuk melakukan perbaikan TV Polytron yang mati total. Dengan informasi akan penyebab dari TV Polytron yang mati total, kita setidaknya dapat melakukan usaha mendasar ketika berhadapan dengan TV yang mati total dan lampu indikator yang tidak menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text