Kenapa TV Tiba Tiba Mati Lampu Power Hidup?

1 min read

tv tiba tiba mati lampu power hidup

Masalah pada televisi memang ada banyak sekali jenisnya. Salah satu yang paling sering dialami adalah TV tiba-tiba mati lampu power hidup. Jika sudah seperti ini, tentu Anda tidak dapat menikmati menonton TV seperti biasanya. Diperlukan tindakan perbaikan secepat mungkin agar masalah yang terjadi tidak bertambah parah.

tv tiba tiba mati lampu power hidup

Pastinya Anda tidak ingin bukan jika televisi kesayangan rusak? Selain harga beli baru mahal, tentu Anda juga akan kehilangan hiburan dalam beberapa waktu ke depan. Lantas, sebenarnya apakah hal yang menyebabkan kerusakan semacam ini terjadi? Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab dari masalah TV tersebut, Anda dapat langsung menyimak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Dulu : TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Kenapa TV Tiba-Tiba Mati?

Kenapa TV Tiba-Tiba Mati?

Seperti halnya berbagai macam kerusakan lainnya, TV mati secara tiba-tiba, namun indikator power masih hidup pastinya juga ada penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut, barulah Anda bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan berikutnya. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya masalah ini.

1. Horizontal Fly Back Tidak Berfungsi

Pertama, kerusakan ini dapat disebabkan oleh terjadinya kerusakan sirkuit horizontal. Hal tersebut membuat sirkuit tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik karena kondisi transistor short atau mati. Selain itu, kerusakan ini bisa disebabkan juga karena transistor horizontal tidak mendapatkan kiriman sinyal input dari driver. Kondisi tersebut pastinya dapat membuat sirkuit menjadi tidak aktif.

Kondisi tegangan yang tidak muncul juga menjadi salah satu penyebab kerusakan pada driver horizontal. Jika sudah seperti ini, pemeriksaan secara menyeluruh terhadap komponen di sirkuit harus dilakukan. Barulah setelah itu Anda bisa menemukan sebenarnya apa yang membuat sirkuit tersebut mengalami masalah sampai menjadi tidak berfungsi seperti sedia kala.

Ketahui :

judul gambar

2. Terjadi Drop Tegangan Pada Regulator

Terjadi Drop Tegangan Pada Regulator

Pada saat TV tiba-tiba mati dan hidup lagi biasanya juga dikarenakan adanya masalah pada regulator. Kondisi tegangan drop menjadi alasan kuat mengapa ada masalah pada bagian regulator. Untuk melakukan pengecekan pada TV terkait tegangan drop ini, terlebih dahulu pastikan bahwa remote TV masih dapat berfungsi secara optimal. Hal itu karena ada kasus TV mati disebabkan remote yang rusak.

Untuk itulah, sebelum melakukan pengecekan, pastikanlah bahwa semua tombol remote televisi Anda masih berfungsi baik. Selain itu, periksa juga tombol switch program yang berada di bagian panel TV depan. Langkah ini dilakukan agar dapat dipastikan bahwa televisi Anda benar-benar mengalami kerusakan pada bagian mesinnya, bukan remote.

Jika sudah dipastikan, maka sudah pasti penyebab kerusakan TV Anda adalah masalah tegangan drop. Kerusakan ini memang dapat membuat televisi langsung tidak dapat dinyalakan kembali. Pada umumnya, masalah drop tegangan ini hanya terjadi di level tinggi tegangan saja. Sementara untuk tegangan 5 Volt yang biasa bertugas menyuplai IC program tidak akan mengalami masalah.

Hal inilah yang membuat akhirnya TV tidak bisa dinyalakan, tetapi lampu power sebenarnya masih hidup. Jika sudah seperti ini, maka lebih baik segera lakukan service. Anda bisa melakukannya sendiri ataupun menggunakan jasa dari bengkel elektronik terdekat dari rumah. Namun, jika Anda mempunyai skill dasar dalam elektronika, bisa saja melakukan perbaikan sendiri setelah mengetahui penyebab kerusakan.

Baca Juga :

Seperti itulah tadi beberapa penyebab TV tiba-tiba mati lampu power hidup. Jika sudah mengetahui kerusakannya, akan lebih baik jika segera dilakukan tindakan perbaikan. Dengan begitu, televisi dapat segera mendapatkan penanganan sehingga Anda dapat segera kembali menikmati menonton TV bersama keluarga tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text