Skema Power Supply TV LED Polytron 24 Inch dan Harga PSU Terkini

1 min read

skema power supply tv led polytron 24 inch

Bagaimana skema power supply TV LED Polytron 24 inch? Barang elektronik seperti komputer hingga televisi dipasangi alat bernama power supply atau catu daya. Perangkat tersebut memainkan peran penting bagi televisi, karena menjadi alat penyedia energi listrik untuk barang elektronik dan kerap disebut dengan istilah Electric Power Converter.

skema power supply tv led polytron 24 inch

Namun rupanya catu daya pada TV LED Polytron berbeda dari perangkat elektronik lainnya, seperti radio, audio amplifier, dan lain-lain. Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca Juga : TV Tiba-tiba Mati Standby

1. Apa Itu Power Supply?

skema psu tv led polytron 32

Merupakan suatu alat elektronik dimana berfungsi memberikan tegangan serta arus listrik pada komponen lainnya. Pada dasarnya alat ini membutuhkan sumber listrik yang nantinya diubah menjadi sumber daya yang diperlukan oleh beragam perangkat elektronik.

Arus listrik yang disalurkan adalah arus bolak-balik atau AC. Meskipun begitu, catu daya ini juga dapat mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi searah atau DC.

Sederhananya, alat ini dibutuhkan untuk mengolah sumber listrik dari stop kontak. Pasalnya pada barang elektronika yang kompleks memerlukan arus DC dengan tegangan berbeda-beda, sedangkan sumber listrik dari stop kontak adalah AC 220V. Sehingga fungsi alat ini adalah untuk mengubah arus AC 220V menjadi arus listrik dengan tegangan yang sesuai dalam suatu perangkat elektronika.

2. Skema Power Supply Polytron 24 Inch

Pada catu daya TV LED Polytron, tegangan keluarnya dipergunakan untuk mensuplai rangkaian pada televisi sebut saja rangkaian vertikal, output horizontal, rangkaian audio, rangkaian digital untuk pemograman channel, hingga rangkaian output video.

Dalam teknologi televisi, teknis gambaran lengkapnya terdapat pada skema rangkaian. Sehingga dengan adanya skema rangkaian tersebut, apabila terjadi kerusakan semudah atau serumit apapun dapat teratasi dengan mudah. Contohnya ketika ingin mengetahui spesifikasi komponen tidak umum atau komponen apa yang terbakar.

Berikut gambar regulator untuk Polytron LED 24 inch.

regulator untuk Polytron LED 24 inch

judul gambar

Baca Dulu :

3. Harga Power Supply TV LED Polytron 24 Inch

Rangkaian catu daya ini harus mampu memberikan supply tegangan ke seluruh rangkaian sesuai dengan yang dibutuhkan oleh setiap rangkaian. Apabila rangkaian catu daya atau regulator TV tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan terjadi ketidakwajaran sehingga menghasilkan kerusakan perangkat TV.

Apabila terjadi kerusakan pada blok regulator, umumnya dapat dilihat dari lampu indikator yang mati. Namun tidak semua lampu indikator mati berarti terjadi kerusakan pada bagian catu daya. Beberapa hal di bawah ini dapat terjadi akibat dari kerusakan power supply.

  • TV hidup namun setelah beberapa waktu mati dengan sendirinya, lampu indikator ikut mati
  • TV mati total sekring tidak putus, namun tegangan output tidak ada
  • TV mati total sekring putus atau tidak putus, namun MCB turun.

Berdasarkan laman e-commerce, harga regulator Polytron LED 24 inch dijual mulai dari harga Rp 170 ribu hingga Rp 250 ribu.

4. Skema PSU TV LED Polytron 32

Selain skema PSU 24 inch, berikut skema PSU untuk ukuran 32 inch.

Skema PSU TV LED Polytron 32

5. Harga Power Supply TV LED Polytron PLD 24T800

Beralih ke harga catu daya untuk seri PLD 24T800. Dilansir dari laman e-commerce, terdapat beberapa seller yang menjual regulator tipe ini mulai dari harga Rp 275 ribu hingga Rp 300 ribu.

6. Komponen Penyusun

Komponen yang umumnya ada pada alat catu daya diantaranya transformator untuk memindahkan listrik antar dua rangkaian, dioda sebagai penghantar arus maju dan menghambat arus balik, kapasitor sebagai penyempurna tegangan AC ke DC, resistor, IC regulator, LED, dan lain-lain.

Ketahui :

Itulah skema regulator Polytron LED 24 inch dan 32 inch beserta harga untuk setiap perangkatnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text