Ciri Thermostat Magic Com Rusak, Apa Fungsi & Dimana Letaknya?

2 min read

Ciri thermostat magic com rusak

Sebagai salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang sering digunakan untuk memasak nasi ataupun menghangatkan nasi yang sudah dimasak, Magic Com banyak digunakan di setiap rumah hunian, khususnya bagi para ibu rumah tangga. Bahkan ketika kita membongkar pada casing Magic Com, tentunya didapati komponen thermostat Magic Com Miyako atau berbagai merek Magic lainnya.

Mengenai hal ini, tahukah Anda apa sebenarnya fungsi thermostat dan apa saja ciri – ciri thermostat Magic Com rusak yang sering menjadi kendala?

Ciri Thermostat Magic Com Rusak

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Rice Cooker  Nasi Cepat Basi 

Apa Fungsi Thermostat Pada Magic Com?

Secara umum, thermostat pada Magic Com sendiri memiliki fungsi utama sebagai saklar otomatis untuk mengatur suhu di dalamnya agar tetap stabil. Dalam hal ini, thermostat akan memutuskan aliran listrik ketika suhu di dalam Magic Com sudah terlalu panas. Sementara itu, ketika suhu Magic Com sudah terlalu dingin, maka alat ini akan mengaliri suhu kembali agar Magic Com tetap hangat.

Dimana Letak Thermostat Magic Com Cosmos?

Letak Thermostat Magic Com Cosmos

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai apa saja ciri thermostat Magic Com rusak, ada baiknya bagi Anda untuk tahu mengenai letak dari thermostat ini sendiri. Umumnya, letak thermostat Magic Com ini sering kali menempel pada samping tabung Magic Com itu sendiri dengan bentuknya berbentuk bulat kecil. Ini tidak hanya berlaku pada Magic Com merek Cosmos saja, tetapi hampir semua Magic Com letak thermostatnya berada disini.

Artikel Terkait :

Ciri – Ciri Thermostat Magic Com Rusak

Ciri – Ciri Thermostat Magic Com Rusak

judul gambar

Baik pada thermostat Magic Com Miyako maupun Magic Com merek lainnya sering kali mengalami kerusakan karena berbagai faktor penyebab. Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai alasan yang melatarbelakangi penyebab kerusakan tersebut. Dalam membantu Anda untuk mengetahui apa saja ciri – ciri dari thermostat Magic Com sudah rusak, bisa mengetahui ciri – cirinya berikut ini :

1. Nasi yang Lebih Cepat Basi

Salah satu ciri paling utama mengenai kerusakan komponen thermostat yakni bisa dilihat dari nasi yang disimpan di Magic Com lebih cepat basi. Hal ini tentu menjadi kondisi yang sangat wajar dikarenakan ketika komponen thermostat Magic rusak, maka akan menjadikan komponen tersebut tidak bisa lagi menghangatkan nasi yang sudah matang.

Sehingga, nasi yang sudah matang di Magic Com akan membuat switch berpindah dari cook menjadi warm. Nah, di posisi warm inilah nasi Magic Com tidak bisa panas lantaran komponen thermostat sudah terputus. Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi ciri thermostat Magic Com rusak yakni dengan menggantinya dengan thermostat Magic Com yang baru.

2. Tekstur Nasi yang Mudah Kering

Bagi Anda di rumah tentu sering kali menjumpai nasi pada Magic Com yang mudah kering, bukan? Hal ini biasanya terjadi karena pada saat nasi matang, biasanya sistem pemanasnya tidak bisa bekerja secara terus menerus lantaran komponen thermostatnya yang sudah rusak sehingga tidak bisa memutus arus ketika terjadi panas.

Kondisi inilah yang menjadikan nasi yang dimasak menjadi lebih cepat kering karena kerusakan dari thermostat itu sendiri. Selain itu, komponen thermostat yang tidak bisa memutus arus saat panas juga terjadi karena perubahan dari suhu derajat yang diberikan. Pada dasarnya, setiap merek Magic memiliki suhu derajat yang berbeda – beda. Seperti halnya ketika Anda bertanya mengenai berapa derajat thermostat Magic Com Miyako?, maka jawabannya yakni 81 derajat celcius.

3. Menurunnya Fitur Pada Magic Com

Untuk ciri thermostat Magic Com rusak yang terakhir yakni karena fitur pada Magic Com yang tidak bisa bekerja secara maksimal atau istilahnya mengalami penurunan. Dalam kondisi thermostat yang baru, biasanya akan menghasilkan hasil menanak nasi yang pulen sempurna. Sementara jika thermostat sudah mengalami kerusakan, maka hal ini akan menjadikan kualitas nasi tidak baik.

Agar hal ini tidak membuat kualitas nasi yang dimakan buruk, maka sebagai gantinya Anda perlu segera melakukan penggantian thermostat Magic Com agar sistem pemanasannya bisa bekerja secara maksimal. Di samping itu, memperbaiki komponen ini sesegera mungkin juga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen lain.

Ketahui :

Demikianlah informasi yang bisa Anda pahami seputar ciri – ciri thermostat Magic Com rusak agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah ke depannya nanti.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.