Kenapa TV LG Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

2 min read

Tv LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Zaman sekarang, TV LED seperti halnya TV LG, TV Samsung dan berbagai merek TV LED slim lainnya sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat dalam menggantikan TV tabung. Dengan menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode), jenis TV ini mampu memancarkan cahaya saat diberikan tegangan listrik. Terlepas dari keunggulan yang ditawarkan TV LED, pernahkah Anda mengalami masalah TV LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup? Jika iya, lantas bagaimanakah solusi untuk mengatasinya?

TV LG Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Baca Dulu : TV Tiba-Tiba Mati Standby

Kenapa TV Tidak Bisa Nyala Padahal Lampu Power Hidup?

Masalah TV LED Tidak Menyala

Perlu Anda ketahui, bahwa kondisi TV LED yang mati akan teapi lampu power hidup biasanya disebut dengan istilah standby. Ya, pemciu kondisi ini tentu saja karena memang ada salah satu atau lebih komponen pada TV yang bekerja secara tidak normal / maksimal sehingga menyebabkan kondisi demikian. Beberapa penyebab yang menjadikan TV tidak menyala namun lampu power hidup yang sebagai berikut :

1. Terjadi Masalah Pada Komponen Elco

Salah satu penyebab utama mengapa TV LG slim tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yakni karena terjadi masalah pada komponen elco. Apabila kondisi ini bermasalah, maka dipastikan perangkat TV yang Anda miliki akan masuk ke dalam situasi mati standby. Dimana, TV yang Anda gunakan secara otomatis tidak akan menyala.

Meskipun TV tersebut terlihat dalam kondisi mati, akan tetapi seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa komponen elco yang mengalami kerusakan akan menyebabkan tombol power TV akan tetap menyala setelah Anda menghidupkannya. Jadi, kenali setiap tanda kerusakan ini agar TV LED Anda tidak semakin bermasalah.

2. Tidak Berfungsinya Komponen Horizontal Flyback

Penyebab lain dari TV LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yakni karena terjadinya penurunan fungsi pada komponen horizontal flyback atau istilah lainnya kerusakan di dalamnya. Umumnya, kondisi ini bisa saja terjadi karena komponen transistor horizontal short tidak dapat menerima sinyal input dari perangkat driver. Akibatnya, komponen inilah yang menjadikan tidak aktif dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Pemicu driver horizontal tidak mampu mengirimkan sinyal yakni karena teganganggan yang tidak ada atau bahkan bisa juga dikarenakan adanya masalah transistor drivernya yang sudah mati dan perlu dilakukan penggantian sesegera mungkin.

3. Kurang Memadainya Tegangan Regulator

Alasan lain kenapa lampu indikator TV tidak menyala yakni karena masalah tegangan regulator yang dinilai kurang memadai. Hal ini bisa saja disebabkan karena masalah komponen regulator TV itu sendiri. Bukan hanya mengakibatkan TV mati standby, akan tetapi juga bisa berdampak pada masalah suara TV yang tidak muncul.

judul gambar

Biasanya, masalah ini terjadi pada beberapa level tegangan tinggi saja. Sehingga hal ini tidak akan terjadi pada tegangan sebesar 5 volt untuk mensuplai IC Program. Dengan demikian, maka lampu power akan tetap hidup meskipun kondisi televisinya mati.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Mengatasi TV Samsung LED Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup?

Cara Mengatasi TV Samsung LED Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Solusi Atasi TV LG Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Setelah mengetahui beberapa penyebab TV LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup di atas, kini saatnya bagi Anda tahu mengenai beberapa cara mengatasinya berikut ini :

1. Membuka Kerangka TV LED

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi permasalah TV LED tidak bisa nyala namun lampu power hidup yakni dengan membuka kerangka TV tersebut. Disini, Anda pastikan dulu semua kabel yang terhubung sudah terlepas dari arus listrik. Setelah itu, Anda bisa mengukur tegangan pada bagian B+115 TV tersebut. Namun jika Anda tidak tahu mengenai komponen TV, maka bisa memanggil teknisi.

2. Menggunakan Tombol Switch Channel

Cara lain mengatasi TV LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yakni dengan menggunakan tombol switch channel dan volume. Jika setelah Anda menggunakan tombol ini namun tidak juga ada perubahan, maka bisa jadi penyebab utamanya karena komponen elco bermasalah. Disini, Anda bisa menggantinya dengan yang baru agar TV bisa menyala seperti semula.

Ketahui :

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi TV LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup maupun di berbagai merek TV LED lainnya.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.