Panduan Cara Setting TV Sharp Aquos Agar Jernih

2 min read

Cara Setting TV Sharp Aquos agar jernih

Cara setting TV Sharp Aquos agar jernih bisa Anda lihat melalui panduan TV Sharp Aquos berikut. Selain itu, juga akan dijelaskan mengenai cara memperbaiki warna TV LED Sharp.

Cara Setting TV Sharp Aquos Agar Jernih

Tentu penasaran bagaimana tutorialnya, bukan? Maka dari itu, terus simak pembahasan artikel ini sampai selesai. Dengan begitu, Anda akan benar-benar paham mengenai cara-caranya.

Baca Dulu : Kode Remot TV Sharp Tabung 21 Inch

Cara Setting TV Sharp Aquos Agar Jernih

Menonton televisi akan merasa nyaman jika tampilannya jernih dan bagus. Dalam hal ini bukan hanya tentang kecerahan saja. Akan tetapi, tampilan gambar pun memengaruhinya.

Di bawah ini juga akan membahas mengenai cara memperbaiki warna LED. Biasanya, ada televisi yang warnanya dominan terhadap warna tertentu, misalnya merah. Berikut cara setting TV Sharp Aquos agar jernih dari 3 aspek tersebut.

1. Cara Mengatur Kecerahan TV Sharp LED

Pengaturan pabrikan dari TV Sharp tentu tidak akan sesuai dengan lingkungan rumah. Jadi, bagi sebagian orang mungkin kurang cocok sehingga perlu mengaturnya ulang. Jika Anda juga demikian, maka bisa mencoba cara mengatur kecerahan berikut.

  • Hidupkan dahulu TV Sharp Aquos.
  • Tekan tombol Menu di remote control.
  • Kemudian, gunakan tombol panah kiri maupun kanan. Tombol ini berfungsi untuk memilih Pengaturan Gambar.
  • Lalu, tekan Enter.
  • Tekan tombol panah bawah untuk pemilihan Lampu latar.
  • Ubah pengaturan lampu latar tersebut menjadi 16. Secara default, biasanya ditetapkan pada angka 5.
  • Selanjutnya, pilih Kontras, lalu ubah pengaturannya menjadi 17 atau bisa juga 21. Jadi, tergantung preferensi Anda dan yang terbaik untuk TV Anda.
  • Biarkan pengaturan pada kecerahan dan ketajaman di angka nol. Namun, jika gambar terlihat terlalu terang, maka bisa mengubahnya ke angka 15.
  • Berikutnya, ubah pengaturan Temperatur Warna yang awalnya sedang ke rendah. Hal ini akan memberikan gambar keseimbangan antara putih dengan warna kemerahan.
  • Anda juga bisa mengubah pengaturan noise digital, kontras aktif, peningkatan gerakan halus dan pengaturan hemat daya.
  • Terakhir, matikan Kontrol Gambar Optik jika fiturnya ada. Pasalnya, fungsi ini akan mengatur kecerahan sesuai pencahayaan di lingkungan.

Sebenarnya dalam TV Sharp sudah ada pencahayaan secara otomatis dari fitur Super Eco. Namun, terkadang kurang cocok dengan apa yang diinginkan. Jika demikian, maka ketahui cara menghilangkan super eco pada TV Sharp.

Baca Juga : 

judul gambar

2. Cara Memperbaiki Warna TV LED Sharp

Cara Memperbaiki Warna TV LED Sharp

Pada tutorial ini, Anda harus menyesuaikan dengan faktor penyebabnya. Dengan begitu, sehingga bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Cara setting TV Sharp Aquos agar jernih dalam hal ini yaitu:

  • Jika penyebabnya karena RGB mati, maka bisa memulai dengan mengukur besar tegangan. Jika sebuah terminal katoda mempunyai tegangan lebih besar, maka blok penguat tegangan bisa mengalami kendala. Sebenarnya cara mengatasi hal ini adalah dengan menggantinya dengan yang baru.
  • Mengganti Chroma rusak sesuai dengan jenisnya. Tujuannya supaya hasilnya tidak berbeda. Anda bisa membawa produk yang pertama sebagai contoh saat pembelian. Dengan begitu, tidak akan salah menentukan.
  • Menghilangkan karat pada soket. Caranya dengan melepas materialnya dan bersihkan karatnya. Namun, jika soket sudah berkarat parah, maka bisa mengganti dengan soket baru.

3. Cara Setting Gambar TV LED Sharp Aquos

Kejernihan TV Sharp Aquos tentu juga pengaturan gambar yang baik dan benar. Dengan begitu, akan lebih optimal tampilannya. Silakan simak beberapa poin berikut dalam hal melakukan pengaturan gambar.

  • Pertama, Anda harus mengatur gambar pada mode movie atau film. Letak pengaturannya ada di Image Setting di televisi. Bisa juga pada tombol Preset Picture di remote control. Hal ini bertujuan supaya gambar lebih jernih dan tajam.
  • Mengurangi tingkat kecerahan atau brightness. Anda bisa menguranginya karena ukuran yang terlalu tinggi, hasilnya tidak akan terlihat natural. Selain itu, juga bisa menghabiskan daya listrik lebih banyak. Jadi, turunkan sampai 50% atau sesuai keinginan.
  • Menonaktifkan Dynamic Contrast. Fitur ini berfungsi sebagai penguat gambar lainnya. Misalnya untuk penajaman gambar atau bayangan. Tampilan gambar di televisi seakan-akan seperti kartun, jadi sebaiknya nonaktifkan.
  • Mengatur temperatur warna dengan cara mengatur warna hue di televisi Anda. Bagi televisi yang ada di ruang keluarga. Jadi, temperatur warna yang cocok adalah pilihan Normal atau Warm.

Ketahui :

Demikianlah pembahasan mengenai cara setting TV Sharp Aquos agar jernih. Jika TV Sharp Anda kurang cocok tampilannya, maka bisa langsung coba cara di atas. Dengan begitu, nantinya bisa menghasilkan tampilan yang nyaman dan memuaskan.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.