Penyebab & Cara Memperbaiki Lampu Indikator Rice Cooker Tidak Menyala

2 min read

Adanya rice cooker memang sangat membantu para ibu rumah tangga selama di dapur. Karena memasak nasi tidak perlu dilakukan secara manual berkat perangkat elektronik tersebut. Sayangnya beberapa kasus kerusakan cukup sering terjadi, seperti lampu indikator rice cooker tidak menyala dan tidak bisa menanak nasi. Apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya ? Simak ulasan berikut.

lampu indikator rice cooker tidak menyala

Penyebab Lampu Indikator Magic Com Tidak Menyala

  1. Kerusakan Saklar Otomatis

Lampu indikator pada magic com yang tidak menyala memang bisa mengindikasikan sebuah masalah pada perangkat tersebut. Karena lampu indikator adalah tanda bahwa rice cooker sedang bekerja, baik itu menanak nasi atau sekadar menghangatkan. Salah satu yang membuat rice cooker tidak bekerja adalah kerusakan pada saklar otomatis.

Jadi saklar tersebut berada di dalam rice cooker, yang mana fungsinya yaitu untuk memutus aliran arus listrik yang dialirkan menuju ke tungku pemanas utama. Saklar otomatis sendiri bekerja atas perintah dari thermostat, yang berperan sebagai sensor menutup dan memberi perintah pada saklar otomatis untuk memutus arus listrik apabila nasi sudah matang.

Sehingga apabila saklar otomatis ini dalam kondisi rusak, maka perintah dari thermostat juga tidak akan dilaksanakan. Alias saklar tidak akan memutus arus listrik atau sebaliknya tidak menyuplai arus listrik ke arah tungku pemanas. Alhasil rice cooker tidak bekerja dan lampu indikator juga tidak akan menyala.

  1. Putusnya Elemen Tungku Pemanas

Salah satu penyebab lainnya dari lampu indikator rice cooker tidak menyala yaitu putusnya elemen tungku pemanas. Karena pemanas rice cooker sendiri memang bertugas untuk memanaskan bagian teflon yang nantinya diisi dengan beras. Sehingga kerusakan pada pemanas ini sudah pasti akan membuat proses menanak nasi tidak terjadi.

Ketahui: Perbedaan Rice Cooker Philips 3128 dan 3132

judul gambar

Selain dua masalah tersebut, bisa juga ada kemungkinan kerusakan terjadi pada lampu indikator itu sendiri. Untuk mengetahuinya anda bisa mengecek apakah proses menanak nasi tetap bisa berlangsung atau tidak, dan pastikan nasi matang dengan sempurna. Jika demikian, itu berarti masalah ada pada lampu indikator sendiri yang mana bisa dilihat dari nilai resistor lampu indikator magic com.

Kondisi lampu indikator magic com menyala semua juga bisa terjadi karena elemen tersebut mengalami masalah. Meskipun sebenarnya bisa juga tidak berdampak secara langsung pada kinerja perangkat, namun lampu indikator rice cooker tidak menyala atau menyala semua tentunya akan sangat merepotkan pengguna.

Cara Mengatasi Permasalahan pada Rice Cooker

  1. Lampu Indikator Mati

Untuk mengatasi lampu indikator magic com yang mati, anda mengecek pada bagian pcb indikator. Temukan bagian tersebut dan cek apakah ada komponen yang rusak. Gunakan multimeter dan arahkan selector ke bagian ohm x 1k. Tapi pastikan bahwa multimeter sudah dikalibrasi.

Baca Dulu: Harga Magic Com Philips HD 3119

Jika ditemukan ada komponen yang rusak, multimeter jarum tidak menunjukkan nilai hambatan. Biasanya anda juga bisa langsung melihat komponen yang rusak tersebut melalui kondisi fisiknya. Dimana acap kali terlihat bagian yang gosong pada pcb indikator, yang menunjukkan tanda kerusakan. Untuk memperbaiki, cukup dengan mengganti resistor yang rusak dengan yang baru.

Namun pastikan bahwa nilai resistornya sama agar lampu indikator dapat menyala nantinya. Di sini, pergantian resistor dapat dilakukan dengan menggunakan solder. Dimana anda bisa menggantinya dengan komponen elektronik bekas yang sudah tidak terpakai lagi, atau dapat juga membeli baru di toko elektronik.

Baca juga: Cara Memperbaiki Rice Cooker Nasi Cepat Basi

  1. Kerusakan Lain

Cara mengatasi lampu indikator rice cooker tidak menyala yang diakibatkan oleh kerusakan lain tentunya sangat bervariasi. Misalnya cara memperbaiki magic com yang konslet seperti masalah di atas yakni kerusakan saklar otomatis atau putusnya elemen tungku. Maka diperlukan penggantian terhadap komponen yang rusak tersebut.

Karena berada di dalam rice cooker, maka anda perlu melakukan pembongkaran terlebih dahulu pada piranti tersebut. Oleh karena itu, diperlukan berbagai peralatan dan pengenalan komponen komponen rice cooker agar tidak salah dalam penanganannya. Baru kemudian anda bisa mengganti komponen yang rusak dengan komponen baru.

Baca:

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lampu indikator magic com yang tidak menyala atau mengalami masalah lainnya. Apabila ingin langkah yang lebih praktis, anda bisa menghubungi jasa perbaikan alat elektronik. Untuk kerusakan yang parah, tentunya pembelian perangkat baru lebih direkomendasikan karena biayanya mungkin bisa kurang lebih sama.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.