Penyebab & Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet Terbakar

2 min read

cara memperbaiki kipas angin konslet

Apabila Anda memiliki kipas angin, mungkin Anda pernah mengalami kipas angin yang konslet. Nah, untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memperbaiki kipas angin konslet dan juga penyebab kipas angin nyetrum. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Kipas Angin Gantung yang Putarannya Lambat

Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet

Salah satu masalah konslet pada kipas angin biasanya terjadi akibat adanya kerusakan pada komponen kipas. Berikut merupakan langkah langkah cara memperbaikinya.

  • Pertama, cek kabel kipas angin terlebih dahulu, terutama di bagian steker dan stop kontak. Jika ada kerusakan, segera menggantinya dengan yang baru.
  • Kedua, cek pemutus sirkuit dan pastikan sudah terhubung dengan benar.
  • Kemudian, cek skring kipas. Apabila tidak bekerja, maka segera menggantinya dengan yang baru.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kabel bagian dalam juga.
  • Setelah itu, bersihkan kipas angin pada bagian belakang kipas agar tidak ada pengumpulan debu yang bisa memicu konslet.
  • Cara memperbaiki kipas angin konslet yang terakhir ialah dengan mengolesinya dengan pelumas pada mesin kipas agar tidak kering dan macet.

Ciri Ciri Dinamo Kipas Angin Terbakar

Ciri ciri dinamo kipas angin terbakar ialah kipas angin tidak bisa berputar dengan baik atau sama sekali tidak bisa berputar. Lalu terdengar suara mendengung yang mengganggu dan berbeda dari biasanya. Kemudian, terjadi kerusakan pada kabel power yang mengakibatkan kipas angin terbakar.

Kerusakan pada dinamo umumnya terjadi karena sudah habis masa pakai atau jarang dibersihkan. Cara memperbaiki dinamo kipas angin yang rusak lebih lengkapnya akan dijelaskan pada langkah langkah berikut ini.

  • Pertama, silakan buka kipas angin di bagian dinamonya terlebih dahulu.
  • Lalu, bersihkan poros motor dan as kipas. Anda bisa sekalian membersihkan blade kipas angin.
  • Cek sambungan panel kipas angin dan periksa skring dan termofuse kipas. Apabila ditemukan masalah, sebaiknya menggantinya dnegan yang baru.
  • Terakhir, pasang dinamo kipas seperti semula. Selesai.

Artikel Lainnya :

Penyebab Kipas Angin Nyetrum

Penyebab Kipas Angin Nyetrum

judul gambar

Setruman biasa terjadi pada banyak alat elektronik, termasuk kipas angin. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kipas angin bisa nyetrum.

1. Outlet atau Sitwch Kipas yang Salah

Salah satu penyebab utama ialah outlet atau switch kipas yang salah atau mengalami kerusakan, bahkan tidak berfungsi kembali. Apabila hal ini terjadi, maka bisa menimbulkan sengatan listrik.

Apabila ada skrup atau kabel yang longgar pada bagian kotak, maka kabel atau stop kontak akan membuat listrik menjadi tidak stabil dan meningkatkan risiko terjadinya setruman.

2.  Adanya Peralatan yang Rusak

Adanya peralatan yang rusak juga menjadi salah satu penyebab mengapa kipas angin bisa menyetrum. Peralatan rusak tidak selalu menyalurkan listrik, namun jika Anda mencolokkannya, bisa saja menerima sengatan listrik.

3.  Listrik Terkena Air

Terakhir, yaitu listrik terkena air. Adanya air pada peralatan elektronik bisa sangat berbahaya karena ion air yang konduktif dapat mengantarkan listrik dengan sangat baik, sehingga bisa menimbulkan sengatan listrik. Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara memperbaiki kipas angin konslet jika terkena air pada bagian dalamnya.

Penyebab Kipas Angin Meledak

Setelah mengetahui penyebab mengapa kipas angin bisa menyetrum, selanjutnya ada penyebab kipas angin meledak. Berikut merupakan beberapa ulasannya.

Penyebab utama yang sangat mungkin terjadi ialah adanya konsleting listrik pada bagian gulungan motor. Hal ini akan menyebabkan mesin menarik lebih banyak arus listrik dari biasanya. Lalu, akan menyebabkan mesin menjadi lebih panas dan apabila terjadi terus menerus akan bisa meledak.

Selain konslet listrik, kipas angin meledak juga mungkin kurang perawatan. Kurang perawatan disini ialah tidak memperhatikan masa pemakaian, tidak membersihkannya secara rutin, dan tidak memeriksa setiap komponen yang terdapat di dalam kipas angin.

Maka dari itu, apabila kipas angin rusak, Anda harus segera memperbaikinya dan mengetahui cara memperbaiki kipas angin konslet agar tidak meledak. Jika sudah meledak, tentu akan sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kebakaran yang serius.

Ketahui :

Itu dia penjelasan mengenai cara memperbaiki kipas angin konslet lengkap dengan beberapa penyebabnya. Sebaiknya Anda langsung memperbaikinya sebelum kipas Anda semakin bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text