Skema Gulungan Kipas Angin Merk Maspion, Miyako dan Regency

2 min read

skema gulungan kipas angin

Hometronik — Skema gulungan kipas angin menjadi salah satu hal yang perlu untuk dipahami. Akan tetapi banyak orang yang sering mengabaikannya.  Padahal, mengetahui caranya adalah ilmu yang mungkin saja akan dibutuhkan suatu saat nanti. Berbagai skema, mulai dari skema gulungan kipas angin Maspion, Miyako, skema gulungan kipas angin gantung.

Selain itu ada merek populer yakni merk Cosmos, dan kipas angin regency memiliki tipe penggulungan yang serupa. Lantas, berapa jumlah gulungan kipas angin tersebut? Jumlah gulungan kipas angin dibagi menjadi dua jenis yaitu: skema gulungan kipas angin 24 alur dan skema gulungan kipas angin kecil. Yang paling sering digunakan adalah skema gulungan kipas angin 24 alur.

skema gulungan kipas angin

Baca Dulu : Jumlah Lilitan Dinamo Kipas Angin Tornado

Ketahui Skema Gulungan Kipas Angin Maspion dan Merk Lainnya

Skema gulungan kipas angin hampir serupa untuk berbagai merk. Mengetahui tekniknya, bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai ladang usaha. Berikut tips menggulung dinamo kipas angin untuk beberapa merk.

  1. Skema gulungan kipas angin Maspion dimulai dengan memasukkan kawat email tembaganya menggunakan lilitan utama dan lilitan bantu. Anda tinggal menyesuaikan lilitan dengan ukuran tebal kern. Selanjutnya, sambungkan kawat dengan rangkaian seri. Jika Anda menggunakan model lilitan ini maka putaran dinamo akan di sebelah kiri dan posisi kabel berada di depan.
  2. Skema gulungan kipas angin Miyako hampir sama dengan merk Maspion di atas. Jika Anda tertarik untuk membeli dinamo yang sudah jadi terlilit maka Anda tinggal mengeluarkan uang sekitar 50 ribuan saja. Anda juga bisa meminta teknisi elektronik untuk membantu memasang lilitan pada dinamo kipas angin merk ini.
  3. Skema gulungan kipas angin gantung menyerupai dengan penggulungan dinamo kipas angin lainnya. Namun, sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan model yang lainnya.
  4. Skema gulungan kipas angin Cosmos sama dengan merk Maspion dan Miyako. Gulungannya tidak terlalu rumit sehingga bisa dipelajari sendiri di rumah.
  5. Skema gulungan kipas angin Regency atau tornado. Khusus untuk jumlah gulungan kipas anginnya sendiri berbeda tergantung ukuran lilitannya kecil atau besar. Jumlah lilitan untuk ukuran kecil sekitar 250 lilit, sedangkan jumlah lilitan untuk ukuran besar sekitar 400 lilit.

Baca Juga :

Ketahui Tips Menggulung Dinamo Pada Skema Kipas Angin Regency  dan Brand Lainnya

Tips Menggulung Dinamo Pada Skema Kipas Angin Regency dan Brand Lainnya

Skema gulungan kipas angin secara umum hampir serupa antara satu merk dengan merk yang lainnya. Maka dari itu, banyak orang yang  terkadang sulit untuk membedakannya. Ada tips yang bisa Anda pelajari agar paham akan caranya. Berikut tipsnya, yaitu:

judul gambar
  1. Membongkar semua  bagian kawat dinamo terlebih dahuluMembongkar kawat dinamo
  2. Melakukan pemotongan pada  semua bagian tali pengikat dan memotongnya yang terdapat  pada bagian satu sisi kawat dinamo sambil mengeluarkan kawat menggunakan tang maupun alat lainnya
  3. Melakukan pemotongan pada bagian plastik atau kertas mika sesuai dengan ukuran atau lubang kiren
  4. Melipat  kedua bagian ujung potongan mika supaya tidak bergeser satu sama lainnya
  5. Ambilah beberapa helai kawat bekas dinamo yang sudah dipotong sebelumnya

Lilitkanlah pada bagian mal di area penggulung

  1. Lilitkanlah pada   bagian mal di area penggulung sebagai patokan lilitan besar
  2. Jika tidak memiliki mesin penggulung, Anda bisa melakukan secara manual
  3. Masukkan kawat ke area  kiren secara perlahan menggunakan bambu atau kayu yang ditipiskan
  4. Jika kawat sudah bisa masuk maka selanjutnya tutup lubang kiren menggunakan potongan kertas mika atau plastik.
  5. Masukkan lilitan dengan arah yang  berlawanan dari arah lilitan sebelumnyamasukkan lilitan
  6. Satu set lilitan starter terdapat empat buah lilitan, yaitu medium, low, speed, dan starter. Berilahkan  tanda di setiap bagian ujung pangkal atau ujung kawat untuk mempermudah penyambungan nantinya
  7. Pastikan bahwa dua buah lilitan sudah masuk ke dalam kiren. Kemudian, Anda juga harus memaspatikan juga keempat  bagian lilitan starter sudah masuk disusul dengan dua lilitan medium speed.
  8. Lakukan penyambungan pada lilitan medium atau low speed dan starter menggunakan rangkaian seri yang sudah dirangkai sebelumnya
  9. Kupaslah pada  bagian ujung kawat yang sudah disambung dan bakarlah menggunakan api
  10. Ikatkan pada kawat atau kabel dinamo.cara menggulung lilitan kipas angin
  11. Kemudian lakukan penyirlakan menggunakan kuas kecil secara merata hingga meresat ke dalam lilitan kawat.
  12. Pasanglah semua lilitan yang sudah siap ke bagian rumah dinamo. Waktu yang diperlukan sekitar  kurang lebih 5 menit.skema gulungan kipas angin 24 alur
  13. Apabila suhu sudah terasa hangat pada dinamo maka sudah dipastikan dapat bekerja dengan baik.
  14. Jika pengetesan putaran dinamo cenderung lemah maka periksa kapasitor dengan benar.

Ketahui :

Skema gulungan kipas angin 24 alur yang sedikit lebih rumit. Anda harus memperhatikannya dengan benar agar kipas angin dapat berfungsi dengan baik. Jika sudah mahir Anda bisa menjadikannya ladang mencari keuntungan.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.