Skema Rangkaian & Arti Warna Kabel Kipas Angin Maspion Kotak

3 min read

rangkaian kabel kipas angin maspion kotak

Alat elektronik tentu memiliki rangkaian kabelnya masing-masing. Rangkaian kabel kipas angin Maspion kotak juga memiliki skemanya tersendiri. Tidak hanya itu, warna kabel yang ada di kipas merk tersebut juga memiliki arti sendiri. Arti warna pada kabel kipas angin merk Maspion penting untuk diketahui, agar paham mengenai fungsinya masing-masing. Selain itu, skema warna kabel kipas angin maspion juga mudah untuk dipelajari.

rangkaian kabel kipas angin maspion kotak

Belajar Skema Warna Kabel Kipas Angin Maspion

Skema warna kabel kipas angin Maspion hampir serupa dengan kipas angin pada umumnya. Namun, karena merk kipas angin kotak yang populer dibeli oleh konsumen adalah Maspion model kotak ini penting untuk mengetahui arti kabelnya. Berikut beberapa rangkaian warna kabel pada kipas angin Maspion.

Baca Dulu : Jumlah Lilitan Dinamo Kipas Angin Tornado

1. Motor listrik (dinamo)

Motor listrik (dinamo)

Rangkaian ini merupakan bagian inti yang ada pada kipas angin. Kabel ini terhubung pada bagian saklar. Di bagian ini juga terdapat kapasitor dan komponen lainnya yang terdiri dari sejumlah jenis kabel. Bagian dinamo saja terdapat 3 hingga 6 jenis kabel.

Kabel pertama berfungsi sebagai kontrol kecepatan, dua lainnya berfungsi sebagai kapasitor. Sedangkan, kabel satunya berfungsi untuk menetralkan. Bagian dinamo atau motor listrik terdiri dari 4 buah kumparan. Kumparan inti yang ada memiliki 1 komponen dengan banyak lilitan. Tiga lainnya jika disatukan akan membentuk jumlah lilitan dan volume yang sama dengan komponen inti.

2. Saklar speed

Saklar speed kipas angin

Rangkaian ini memiliki 4 tombol utama yang fungsinya berbeda-beda. Tombol 0 berfungsi untuk menghentikan kipas angin. Tombol 1 berfungsi untuk menghidupkan kipas angin. Tombol 2 untuk menyalakan kipas dengan kecepatan sedang. Sedangkan, tombol 3 untuk menyalakan kipas dengan kecepatan tinggi.

3. Sumber dari stop kontak

Rangkaian ini terdiri dari kabel dan colokan untuk menghubungkan. Fungsi dari stop kontak adalah untuk menghubungkan kipas angin ke sumber listrik. Anda harus menjaga bagian ini agar tidak putus sehingga kipas angin terhindar dari kerusakan (mati total) atau konslet.

4. Kapasitor 1,5 mikro farad

Kapasitor 1,5 mikro farad

Kabel ini berfungsi untuk menyeimbangkan dengan cara kerja kipas angin agar alat elektronik tersebut tidak mengalami kerusakan dengan cepat.

Baca Juga :

Arti Warna Kabel pada Kipas Angin Merk Maspion

Arti warna kabel pada kipas angin, salah satunya pada merk Maspion memang penting untuk diketahui. Ketika Anda mengetahui fungsi dari masing-masing kabel, Anda juga akan paham tentang fungsi dan kegunaanya. Berikut arti dari warna masing-masing kabel.

skema warna kabel kipas angin maspion

  1. Kabel hitam berfungsi untuk menyambungkan secara langsung ke sumber listrik.
  2. Kabel putih terhubung langsung ke sumber listrik dan kapasitor.
  3. Kabel merah berfungsi untuk terhubung ke bagian kapasitor saja.

Skema warna kabel kipas angin Maspion harus diketahui. Selain itu, Anda harus tahu tentang cara perawatan kipas angin. Tips ini akan berguna agar kipas angin di rumah tetap awet untuk jangka waktu yang lama. Berikut beberapa tips perawatan kipas angin yang baik dan benar.

  1. Membersihkan kipas angin secara teratur dapat membuat kinerjanya tidak terlalu berat. Kinerja kipas angin yang terlalu berat akan membuat kipas cepat rusak.
  2. Menjaga kebersihan dinamo kipas angin secara teratur.
  3. Menghindari kipas angin dari cipratan air atau tumpahan air.
  4. Matikan kipas angin ketika tidak digunakan, agar kipas beristirahat sehingga tidak cepat rusak.
  5. Memeriksa kondisi kipas angin secara berkala.

Ketahui :

judul gambar

***

Warna kabel kipas angin Maspion terdiri dari warna merah, putih, hitam, merah tua, orange dan hijau … Setiap warna memiliki fungsi dan peranannya tersendiri. Jika ditelisik lebih jauh, kipas angin merk Maspion memiliki 6 buah kabel yang terhubung ke perangkat kelistrikan.

Warna kabel kipas angin Maspion 6 kabel yang berbeda-beda memudahkan pengguna dalam melakukan pengaturan.

warna kabel kipas angin maspion

Untuk mengetahui informasi mengenai cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel, Anda dapat mengetahui melalui uraian dalam artikel Hometronik kali ini.

Baca Dulu: Cara Menyambung Gulungan Kipas Angin Yang Putus

Arti Warna Kabel Kipas Maspion 6 Kabel

Warna kabel kipas angin Maspion 6 kabel yang berbeda-beda berkaitan dengan fungsi yang dimilikinya. Pada kipas angin Maspion, warna kabel yang ada adalah merah, putih, hitam, biru, hijau, orange dan merah tua. Untuk mengetahui arti atau peranan dari masing-masing kabel tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Kabel berwarna merah merupakan kabel yang menghubungkan stekker kipas angin dengan saklar.
  2. Kabel warna putih menghubungkan kapasitor dan sumber listrik.
  3. Kabel berwarna hitam merupakan kabel netral yang menghubungkan perangkat dengan sumber listrik secara langsung.
  4. Kabel warna merah tua menghubungkan saklar kecepatan tertinggi dengan dinamo kipas.
  5. Kabel orang menghubungkan dinamo kipas dengan saklar kecepatan sedang.
  6. Kabel berwarna hijau menghubungkan saklar kecepatan rendah ke dinamo kipas.

warna kabel kipas angin maspion

Arti warna kabel kipas angin Maspion yang berbeda membuat Anda tidak boleh melakukan kesalahan ketika memasang kabel kipas angin. Seperti kabel yang terhubung dengan saklar misalnya, ada 3 kabel berwarna yang terhubung dengan saklar. Ketiga kabel tersebut terhubung dengan saklar yang memiliki kecepatan berbeda. Jika terjadi kesalahan pemasangan, kipas angin Maspion tidak dapat bekerja dengan seperti pada umumnya atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

Ketahui: Cara Memperbaiki Kipas Angin Mini Tidak Berputar

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel

warna kabel kipas angin maspion 6 kabel

Cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel dapat dilakukan dengan mengetahui peranan dari kabel kipas angin itu sendiri. Kabel listrik berwarna merah misalnya, kabel tersebut dapat dihubungkan ke stop kontak melalui stekker atau colokan. Kabel berwarna merah tua, hijau dan orange dapat dihubungkan dengan dinamo kipas atau motor. Meskipun ketiga kabel tersebut terhubung dengan komponen kipas angin yang sama, pemasangan kabel dilakukan dengan cara yang berbeda berdasarkan dengan warna kabel yang dimiliki oleh kipas angin.

Warna kabel kipas angin Maspion hijau dipasang pada bagian saklar yang memiliki kecepatan terendah. Kabel warna orange dipasang pada saklar dengan kecepatan sedang dan kabel berwarna merah tua dipasang pada bagian saklar yang memiliki kecepatan paling tinggi. Sedangkan kabel berwarna putih dan hitam menjadi penghubung antara kapasitor dengan dinamo kipas. Kedua kabel tersebut memiliki jenis arus negatif dan positif.

Skema warna kabel kipas angin Maspion di atas menerangkan bahwa ada komponen penting yang ada di dalam kipas. Komponen tersebut terdiri dari kapasitor, dinamo dan saklar.

Dinamo merupakan perangkat yang dapat mengubah listrik menjadi gerak. Kabel listrik yang terhubung ke dinamo ini terdiri dari kabel dengan warna merah, merah tua, hijau dan orange. Komponen yang mampu meningkatkan cosphi adalah kapasitor. Dengan komponen ini, penggunaan energi listrik dapat dihemat. Kapasitor dapat digunakan dengan mudah karena terpisah dari saklar. Penggunaan kapasitor berbeda-beda sesuai dengan spesiikasi kipas angin.

Artikel Terkait:

Arti warna kabel pada kipas angin di atas tentu sangat bermanfaat,  bukan? Anda bisa lebih mengetahui tentang kinerja dan fungsi komponen di dalam kipas angin sehingga tidak bingung jika ada yang mengalami kerusakan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan kipas sesuai dengan tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text