Cara Jumper Fuse Kipas Angin & Cara Cek Thermofuse Kipas Angin

1 min read

Cara jumper fuse kipas angin

Penggunaan kipas angin terus menerus mungkin berpotensi mengalami kerusakan, jika tidak dirawat dengan baik. Salah satu kerusakan bisa jadi terletak pada bagian fuse yang putus, sehingga mengharuskan Anda membawanya ke tukang servis peralatan elektronik. Di bawah ini ada cara jumper fuse kipas angin dan penjelasan lebih lengkapnya.

Cara Jumper Fuse Kipas Angin

Baca Dulu : Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Thermofuse

Cara Jumper Fuse Kipas Angin

Kipas angin yang rusak atau mati total saat beli baru, mungkin disebabkan oleh putusnya sekring panas yang terletak di dalam lilitan dinamo kipas angin. Bagi Anda yang masih awam dengan perbaikan peralatan elektronik, penggantian sekring mungkin tidak akan Anda lakukan.

Anda harus mencari pengganti sekring kipas angin dengan orang yang mengerti perbaikan alat elektronik. Sebaiknya Anda tidak melakukannya sendiri jika belum memahaminya, sebab apabila mengalami kesalahan sedikit, bisa menyebabkan kawat lilitan menjadi putus tanpa diketahui tempat menyambungnya kembali.

Pada pembahasan cara jumper fuse kipas angin ini, Anda tidak perlu membongkar dinamo kipas angin, melainkan hanya membongkar kipas dan penutup belakang dinamonya saja.

Silakan Anda siapkan alat obeng plus dan tang potong, sehelai kabel panjang 20 cm, minyak pelumas mesin jahit, lakban, kuas atau kain laip.

  • Pertama, bongkar kipas dengan menggunakan obeng
  • Bersihkan debu yang menempel pada kipas dengan kuas atau kain lap
  • Lalu, putar rotor kipas dengan tangan dan beri minyak pelumas pada as bagian depan dan as belakang.
  • Kupas sedikit pembungkus kabel yang ada dari dinamo ke leher kipas
  • Cari kabel berwarna putih dengan strip hitam, atau putih saja. Ini adalah kabel arus masuk ke dinamo.
  • Ambil sehelai kabel 20 cm, lalu kupas sedikit ujungnya dan satu ujungnya yang lain sambungkan ke kabel berwarna putih strip hitam tadi dan isolasi dengan lakban.
  • Cari 2 kabel yang terhubung ke kapasitor, buka isolasi pembungkus sambungannya dan hubungkan salah satu dari 2 kabel ke sehelai kabel yang telah terhubung ke kabel putih strip hitam
  • Lakukan tes sebentar dan pastikan cara jumper fuse kipas angin yang dilakukan benar.

Artikel Terkait :

judul gambar

Cara Cek Fuse Pada Kipas Angin

Cara Cek Thermofuse Kipas Angin

Kipas angin yang tidak berfungsi atau berputar, atau bahkan tidak berdengung ketika dihubungkan ke arus listrik, mungkin terjadi kerusakan pada bagian fuse. Sebaiknya, anda segera mengganti fuse baru dengan memperbaikinya tanpa membongkar dinamo.

Saat akan mengganti fuse, Anda harus mengeceknya terlebih dahulu untuk melihat kondisinya. Di bawah ini merupakan cara cek thermofuse kipas angin.

  • Pertama, silakan pilih selektor OHM pada multimeter
  • Lalu, lakukan kalibrasi nol pada jarum multimeter
  • Jika sudah, hubungkan probe pada multimeter ke kaki kaki komponen thermofuse. Thermofuse ini tidak ada polaritas pada kaki komponennya
  • Apabila jarum pada multimeter bergerak menunjukkan angka, maka thermofuse tersebut masih bagus dan kondisinya tidak putus. Namun, jika jarum multimeter tidak bergerak, berarti thermofuse tersebut putus.

Perlu Anda ketahui bahwa fuse kipas angin memiliki warna kabelnya tersendiri. Warna kabel fuse kipas angin Cosmos, memiliki warna biru yang telah tersambung pada kabel penghubung ke arus listrik.

Mengetahui warna kabel fuse tentu akan mempermudah Anda untuk membedakan komponen atau kabel yang akan diperbaiki atau diganti. Dengan begitu, saat melakukan perbaikan, Anda tidak akan salah memperbaikinya.

Ketahui :

Itu dia penjelasan mengenai cara jumper fuse kipas angin dan memperbaiki kipas angin mati total. Anda dapat meminta bantuan teknisi apabila merasa kesulitan dalam memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *