Bagaimana Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako Kst 18 RC Tidak Berputar?

1 min read

cara memperbaiki kipas angin miyako kst 18 rc

Penggunaan kipas angin memang membuat nyaman terutama ketika cuaca sedang panas. Namun, seringkali ditemukan kipas angin yang rusak karena faktor tertentu. Bagi Anda yang memiliki kipas angin Miyako yang rusak, berikut merupakan cara memperbaiki kipas angin Miyako kst 18rc.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet

Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako KST 18 RC

Kipas angin merek Miyako yang Anda miliki mungkin pernah atau sedang mengalami kerusakan. Bisa jadi salah satu komponennya yang menyebabkan kenapa kipas angin berdengung tapi tidak berputar,  Mungkin faktor penyebabnya di dinamo kipas angin Miyako kst 18 rc.

Untuk itu, Anda harus mengetahui cara memperbaikinya agar kipas angin dapat berfungsi kembali. Lalu, bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar? Berikut merupakan pemaparan lebih lengkapnya.

1. Periksa Kabel

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kabel. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan tidak ada sobekan atau kondisi yang konslet. Sebab, seiring bertambahnya waktu, getaran dari mesin kipas angin itu rupanya dapat melonggarkan steker dari stop kontak.

Apabila stop kontak lepas, maka Anda harus menggantinya agar kondisinya pas dan kencang kembali. Apabila terdengar suara berdengung tapi kipas tidak berputar, maka tanda penyebabnya adalah kipas terkena aliran listrik.

2. Periksa Pemutus Sirkuit

Cara memperbaiki kipas angin Miyako kst 18 rc selanjutnya adalah memeriksa pemutus sirkuit. Periksa apakah ada aliran listrik ke stop kontak atar tidak. Anda dapat membuka panel pemutus dan lihat apakah pemutus sirkuit telah tersambung atau belum.

Apabila kipas angin Miyako ini mengalami kerusakan, Anda bisa menarik listrik berlebih dan menyebabkan pemutus sirkuit. Namun, jika masih belum berfungsi ketika sudah diperbaiki, sebaiknya Anda ganti kipas angin yang baru.

3. Periksa Skring Kipas

Skring dirancang untuk memutus sambungan listrik, saat listrik terlalu banyak dan menyebabkan kipas terlalu panas. Ketika skring meleleh, maka sambungan akan putus dan aliran listrik menuju kipas pun turut terputus.

Silakan periksa kabel dan juga bagian dalam kipas untuk mengetahui skring kipasnya. Jika rupanya skring terputus, maka Anda harus membeli skring yang baru dan menggantinya agar kipas angin Anda dapat berfungsi kembali.

judul gambar

Artikel Lainnya :

4. Mengganti Kabel Dalam

Mengganti kabel Dalam

Mengganti kabel dalam adalah salah satu cara memperbaiki kipas angin Miyako kst 18 rc berikutnya. Apabila kipas Anda masih tidak berfungsi setelah mencoba di stop kontak lain, silakan periksa kembali kabel dalam dengan cermat. Periksa apakah kondisinya sudah usang, atau bagian cabangnya yang bengkok dan terlalu longgar.

Jika terdeteksi ada masalah pada bagian kabelnya, sebaiknya menggantinya saja dengan yang baru. Belilah kabel yang cocok denganm jenis steker yang sama dan kabel pengukur yang sama. Lalu, bawalah kipas angin ke tempat untuk mencarikan kabel yang cocok.

5. Membersihkan Kipas Angin

Terakhir, yaitu membersihkan kipas angin. Terkadang bisa saja bilah kipas mengalami macet apabila tersangkut dengan kotoran yang menumpuk. Gunakan kompresor atau alat penyedot debu untuk membersihkannya. Lakukan pembersihan kipas angin secara hati hati.

Setelah kipas angin dibersihkan, lepaskan penutup logam atau plastik dari bilah kipas dan bersihkan debunya. Berikan perhatian khusus di tempat bilah terhubung ke bantalan belakang dan juga mesin.

Baca Juga :

Itu dia cara memperbaiki kipas angin Miyako kst 18 rc dengan mudah. Lakukan langkah langkah di atas untuk melakukan perbaikan pada kipas angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *