Cara Memperbaiki Kipas Angin Gantung yang Putarannya Lambat, Terbalik & Bunyi Krek-Krek

2 min read

cara memperbaiki kipas angin gantung yang putarannya lambat

Apakah Anda sedang mencari cara memperbaiki kipas angin gantung yang putarannya lambat? Jika iya, maka artikel ini adalah jawaban tepat. Kipas gantung memang cukup membantu untuk membuat ruangan lebih sejuk secara menyeluruh. Akan tetapi, beberapa masalah kerap muncul, salah satunya adalah putaran lambat sehingga tidak akan terasa sejuk. Tetapi, jangan khawatir karena semua akan dibahas lengkap di sini.

cara memperbaiki kipas angin gantung yang putarannya lambat

Penyebab Masalah Kipas Angin Gantung Putarannya Lambat

Sebelum membahas mengenai cara memperbaikinya, akan lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab masalah tersebut. Putaran kipas lambat biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti as kasar, bearing aus, kapasitor lemah, dan sebagainya. Untuk lebih jelas, silakan simak penjabaran berikut ini.

1. As kipas kasar

Kipas angin mempunyai as yang berfungsi untuk tempat mengikat baling-baling. Artinya, saat komponen ini berputar, baling-baling juga turut berputar. Jadi, apabila as kasar karena terdapat goresan maupun kotor, maka akan timbul gesekan berlebihan dan membuat kecepatan baling-baling menurun secara signifikan.

Baca Juga :

2. Gearbox rusak

Kerusakan yang terjadi pada gearbox juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Gearbox terletak di bagian belakang benda ini. Fungsinya adalah melakukan sinkronisasi kepala kipas dengan putarannya. Apabila komponen ini mengalami kerusakan maka akan mempengaruhi kecepatan putar baling-baling.

3. Kapasitor lemah

Kapasitor merupakan komponen yang tidak kalah penting. Apabila terjadi kerusakan pada kapasitor, maka putaran baling-baling bisa menjadi sangat lambat dan tidak bisa menghasilkan udara sejuk. Pasalnya, kapasitor berperan memberikan arus dari sumber tegangan menuju bagian dinamo atau kumparan.

4. Bearing aus

Di peralatan elektronik ini juga terdapat bearing, baik itu model stand maupun gantung. Bearing biasanya terdapat di bagian as dan mempunyai konstruksi sederhana. Fungsinya adalah untuk mengurangi gaya gesek yang terjadi. Ketika bearing mulai aus, maka hal tersebut akan mempengaruhi kecepatan putar baling-baling.

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Lambat dan Pelan

1. Ganti gearbox

Mengganti Gearbox Kipas Angin

Apabila masalah terdapat pada gearbox, maka sebaiknya lakukan penggantian pada komponen ini. Anda bisa mendapatkannya di toko spare part listrik di daerah masing-masing. Pastikan untuk membeli yang benar-benar berkualitas agar usianya lebih awet sehingga tidak cepat mengalami masalah serupa.

2. Mengganti as

Mengganti as kipas angin

judul gambar

Jika kasus yang dialami adalah as sudah mulai kasar, sebenarnya hal tersebut sangat sulit diperbaiki. Oleh karena itu, satu-satunya cara terbaik mengatasinya adalah dengan mengganti baru. Sama seperti sebelumnya, komponen ini bisa ditemui secara mudah di toko spare part elektronik.

3. Mengganti bearing

Mengganti Bearing Kipas Angin

Bearing yang mengalami masalah juga cenderung sulit diperbaiki. Dengan begitu, apabila penyebab putaran lambat adalah pada bearing, sebaiknya ganti baru komponen tersebut. Cara ini akan membuat performa kipas menjadi kembali normal.

4. Mengganti baru kapasitor

Mengganti Kapasitor

Sama seperti beberapa komponen lainnya, apabila terdapat masalah pada bagian kapasitor, alangkah lebih baik jika langsung mengganti dengan yang baru. Memperbaiki mungkin masih bisa dilakukan. Akan tetapi, mungkin usia serta performanya tidak akan sebaik jika dibandingkan mengganti baru.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Gantung yang Berputar Terbalik

1. Memperbaiki kumparan dinamo

Pertama, Anda bisa mencoba membalik kumparan dinamo. Biasanya kasus berputar terbalik terjadi karena terjadi kesalahan ketika membongkar kumparan sebelumnya. Dengan mengubah kumparan, maka putaran baling-baling bisa kembali normal.

2. Memasang fasa ke kapasitor

Cara lain yang bisa digunakan adalah memasang langsung fasa ke kapasitor. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari tutorial di YouTube karena panduan berupa video akan lebih mudah diikuti.

Mengatasi Kipas Angin Gantung Bunyi Krek Krek

kipas angin gantung bunyi krek krek
Kipas angin gantung bunyi krek krek diatasi dengan diberi pelumas

1. Mengencangkan baling-baling

Bunyi krek krek yang dihasilkan bisa jadi disebabkan karena baling-baling longgar. Oleh karena itu, cobalah untuk mengencangkan bagian tersebut menggunakan pengikat atau sekrup.

2. Mengencangkan penutup motor

Selain penyebab di atas, bagian motor juga mungkin menyebabkan timbulnya bunyi. Hal tersebut akan membuat terjadi gesekan karena braket menyeret penutup motor. Jadi, silakan kencangkan penutup motor tersebut.

3. Memberikan pelumas

Suara kipas angin yang berisik bisa karena perputarannya yang terganggu sehingga bisa Anda coba kasih pelumas agar perputaran motor tidak terganggu.

Baca Juga :

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki kipas angin gantung yang putarannya lambat, berputar terbalik, atau mengeluarkan bunyi. Jika tidak bisa melakukan cara di atas, maka satu-satunya langkah terakhir adalah membawanya ke tempat servis.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.